PENGUATAN POLA ASUH TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA PETAK BAHANDANG

Ridha Nirmalasari, Ahmad Aldianor, Ervianie Putri Asfari, Raju Anand, Rini Septiani, Siti Nurhalisa

Abstract


ABSTRAK

Salah satu permasalahan yang ada di masyarakat Desa Petak Bahandang yaitu kurangnya pemahaman yang lebih mendalam mengenai pola asuh yang tepat dalam mengasuh anak.Sebagian besar pola asuh yang terdapat di desa Petak Bahandang ditemukan banyak orang tua yang salah menerapkan pola asuh kepada anak-anaknya. Mereka secara tidak sengaja telah melakukan kesalahan dalam pengasuhan mereka yang dapat berdampak negatif pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Metode pengabdian ini adalah PAR (Participatory Action Research) yaitu pengabdian berbasis masalah yang ditemukan lalu kemudian memberikan alternative solusi yaitu penyuluhan yang berkaitan dengan pemahaman mengenai pola asuh di depan masyarakat Desa Petak Bahandang.Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di posyandu balita dengan sasaran ibu-ibu PKK yang berjumlah 13 peserta. Metode pelaksanaan yang diterapkan dmulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, tahap evaluasi dan monitoring.Berdasarkan penelitian dan hasil observasi yang dilakukan di Desa Petak bahandang bahwa para orang tua telah menerapkan keempat pola asuh terhadap anak, baik itu pola asuh yang bersifat otoriter, permisif, cuek serta demokratis. Namun, kebanyakan dari orang tua di Desa Petak Bahandang menerapkan pola asuh otoriter. Diharapkan para orang tua khususnya masyarakat desa Petak Bahandang untuk terus meningkatkan pengetahuan dan pengalaman terkait dengan pola asuh yang baik untuk anak-anaknya.

 

Kata kunci: anak; pola asuh; orang tua.

 

ABSTRACT

One of the problems in the community of Bahandang Village is the lack of a deeper understanding of proper parenting. Most of the parenting contained in the village of Bahandang Plot found many parents who wrongly apply parenting to their children. They have inadvertently made mistakes in their upbringing that can negatively impact a child's growth and development. This method of devotion is PAR (Participatory Action Research) which is a problem-based service that is found and then provides alternative solutions, namely counseling related to understanding parenting in front of the community of Bahandang Village.This community service activity is carried out in posyandu toddlers with the target of PKK mothers numbering 13 participant. The implementation methods applied start from the stage of preparation, implementation, evaluation and monitoring stages. Based on research and observations conducted in Petak Bahandang Village that parents have applied all four parenting to children, be it parenting that is authoritarian, permissive, indifferent and democratic. However, most of the parents in Bahandang Village apply authoritarian parenting. It is expected that parents, especially the people of Petak Bahandang village to continue to increase knowledge and experience related to good parenting for their children.OriginalDiharapkan para orang tua khususnya masyarakat desa Petak Bahandang untuk terus meningkatkan pengetahuan dan pengalaman terkait dengan pola asuh yang baik untuk anak-anaknya

 

Keywords: child; parenting; parents.

 

Keywords


child; parenting; parents.

Full Text:

PDF

References


Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak (Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan). 7, 16.

Anisa, S. (2005). Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa Kelas II SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2004/2005.

Anisah, A. S. (2011). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. 05, 15.

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak. 5, 21.

Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Membangun Kepercayaan Diri Seorang Anak dari Usia Dini. 7, 8.

Handaka, I. B., Hikmy, B. J., & Musawwamah, A. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penguatan Pola Asuh Orangtua Terhadap Tumbuh Kembang Anak Dalam Pandangan Islam. 2, 6.

Padjrin. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. 5, 14.

Sari, D. A. W., Nurani, I. A., Damayanti, L., Ramadhan, M. B., & Iqbal, M. (2020). Optimalisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Bawu Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara Jawa Tengah. 18.

Sukamto, R. N., & Fauziah, P. (2021). Identifikasi Pola Asuh Orangtua Di Kota Pontianak. 5, 8.

Yuniartiningtyas, F. (2013). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Tipe Kepribadian dengan Perilaku Bullying di Sekolah pada Siswa SMP.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: