PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA DAN PENGUATAN EKONOMI KREATIF DI KAMPUNG BATIK JETIS, KABUPATEN SIDOARJO
Abstract
ABSTRAK
Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat memunculkan masalah pada aspek pariwisata dan ekonomi kreatif yang berimplikasi pada penurunan jumlah kunjungan. Penulisan ini bertujuan untuk menguraikan strategi dalam pengembangan potensi pariwisata lokal dan penguatan ekonomi kreatif di kawasan Kampung Batik Jetis. Metode yang digunakan meliputi persiapan, perizinan, dan pelaksanaan pengabdian masyarakat. Mitra yang terlibat adalah Dusun Jetis RT 12 RW 03, Galeri Batik Amri, dan UMKM Nazida Ecoprint. Hasil yang dicapai adalah dalam pengembangan pariwisata lokal dilakukan dengan melakukan video promosi dan seni mural, dalam penguatan ekonomi kreatif dilakukan dengan sosialisasi digital marketing dan foto produk dalam rangka peningkatan kualitas pelaku UMKM baik dari segi ilmu dalam menjalankan usaha dan produk yang dipasarkan.
Kata kunci: pariwisata lokal; ekonomi kreatif; branding
ABSTRACT
The imposition of restrictions on community activities raises problems in the tourism and creative economy aspects which have implications for decreasing the number of visits. This paper aims to describe strategies in developing local tourism potential and strengthening the creative economy in the Kampung Batik Jetis area. The methods used include preparation, licensing, and implementation of community service. The partners involved are Dusun Jetis RT 12 RW 03, Batik Amri Gallery, and UMKM Nazida Ecoprint. The results achieved are that the development of local tourism is carried out by conducting promotional videos and mural art, in strengthening the creative economy it is carried out by socializing digital marketing and product photos in order to improve the quality of UMKM actors both in terms of knowledge in running a business and the products being marketed.
Keywords: local tourism; creative economy; branding
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bramantijo. (2011). Mural sebagai Tanda dan Identitas Kontemporer Kota. Panggung, 21(1). http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=924637&val=10363&title=Mural sebagai Tanda dan Identitas Kontemporer Kota
Fairuz Mutia, Pamungkas, S. T., & Abraham M. Ridjal. (2013). Penerapan Citra Visual Batik Pada Elemen Perancangan Bentuk Dan Massa Bangunan Kampung Batik Jetis Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur, 1(1), 1–13.
Herdiana, D. (2020). Rekomendasi Kebijakan Pemulihan Pariwisata Pasca Wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Bandung. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 7, 1. https://doi.org/10.24843/jumpa.2020.v07.i01.p01
Hereyah, Y., & Kusumaningrum, R. (2019). Proses Destination Branding Dalam Membentuk Citra Tujuan Wisata Museum Indonesia. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 9(2), 15–34. https://doi.org/10.34010/jipsi.v9i2.2466
Irwandi, E., & Sabana, S. (2019). Proses Perwujudan Identitas Tempat Melalui Seni Mural. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 2, 70–76. www.merriam-webster.com.
Kurniawan, M. P. (2019). Foto Produk Untuk Meningkatkan Penjualan Online Anggota L3M (Lifelong Learning Mamas) Yogyakarta. Seminar Nasional Pengabdian Pada Masyarakat, 392–397.
Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963
Lintang Citra Christiani, Ikasari, P. N., & Nisa, F. K. (2020). Pengembangan Kemandirian Kelompok Difabel Melalui Pemanfaatan Pemasaran Digital di Kota Magelang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 276–286. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.4650
Mucholil, I Gede Oka R, Iman Iswari, Fahmi RS, Indra BP, & Linggar MS. (2021). Pengembangan Pemasaran Desa Batik Jetis Di Era Digital. Prapanca : Jurnal Abdimas, 1(1), 60–68. https://doi.org/10.37826/prapanca.v1i1.135
Rozaki, Z., Widodo, & Muhammad Fauzan. (2020). Pengembangan Objek Wisata CIMA HILL VIEW’’ di Desa Terong, Kabupaten Bantul. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 129–139. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i1.4347
Tahalea, S. (2016). Fotografi Produk sebagai Sarana Promosi Produk Lampu untuk Perajin Lampu di Nitiprayan, Yogyakarta. 40–48.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7952
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: