PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI MAN I MATARAM

Ramlah Ramlah, M. Isnaini, Ni Wayan Sri Darmayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen assessment keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian dan pengembangan Risearch and Development (R&D) sampai tahap revisi produk dengan tujuan
mendeskripsikan kelayakan instrun assessment keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika berupa soal pilihan ganda dengan memperhatikan reliabilitas, validitas, dan tingkat kesukaran. Penelitian ini menggunakan instrumen angket, instrumen validasi ahli, dan
instrumen tanggapan guru. Karakteristik instrumen assessment ini adalah instrumen assessmen yang mengukur keterampilan proses sains siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh presentase assessmen pada aspek kesesuian isi, konstruk, dan keterbacaan sebesar 100%, 80%,100%. Presentase tanggapan guru pada aspek uji kesesuaian isi, keterbacaan dan
konstruk adalah sebesar 80%, 80% dan 80%. Jadi, instrumen assesment yang dikembangkan memiliki kriteria sangat tinggi dengan rata-rata presentase sebesar 80%.

Keywords


Instrumen assesment, Keterampilan proses sains, fluida statis

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam kementrian Agama RI.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Arumsari, Tiara Lusia. 2016. Pengembangan Instrumen Assessemnt Keterampilan Proses Sains Pada Materi Teori Tumbukan. Skripsi Universitas Lampung B. Uno, Hamzah dkk. 2014. Teori Assessment Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Azwar S. 2001. Reliabilitas dan Validitas. Bandung: Remaja Rosdakarya

B. Uno, Hamzah. 2014. Assessmen Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Emzir. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ilmi, najwatul dkk. 2016. Jurnal Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Fisika SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF 2016. Volume V, Oktober 2016. P - ISSN: 2339-0654. E - ISSN: 2476-9398

Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen Dalam Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesa Press

Lan OS, Z Ismail & FS Fook. 2007. Assessing Competency in Integrated Science Process and its relation with Science Achievement. Malaysia: Pusat Pengajian IImu Pendidikan Universitas Sains Malaysia.

Monica KMM. 2005. Development and validation of a test of integrated science process skills for the further education and training learners (Disertasi). Afrika: University Of Pretoria.

Misdawati, M., Islahudin, I., Isnaini, M, (2017). Pengembangan Kartu Pintar Fisika Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Kelas XI Pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar, ORBITA : Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 3(2), 34-45.

Pinilih Wahyu Fitriah, dkk. 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian Produk Pada Pembelajaran Ipa Untuk Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Fisika (2013) Vol.1 No.2 halaman 23. ISSN: 2338-0691

Purwanto N. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ratnaningsih. 2011. Analisis Item Soal Pilihan Ganda Ujian Akhir Semester Siswa Di Universitas Terbuka Dengan Pendekatan Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh 2 (12)

Rustaman NY. 2009. Pengembangan Item Soal Keterampilan Proses Sains.

Sani, R, A. 2015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Setyosary, Punaji. 2015. Metode penelitian pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.

Subali B. 2009. Pengembangan Tes Pengukur Keterampilan Proses Sains Pola Divergen Mata Pelajaran Biologi SMA. Hasil penelitian dipresentasikan pada Prosiding Seminar Nasional Biologi, Lingkungan dan Pembelajarannya. Jurdik Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 4 Juli 2009

Sucilestari. 2017. Pengembangan Assessment Ketermapilan Proses Sains Pada Materi Gram Hidrolis. Skripsi Universitas Lampung

Sudjana N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung Alfabeta

Verawati Putu Sri, N. 2016. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Pengembangan Program Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Inkuiri. JURNAL Ilmiah Pendidikan Fisika VOL 1 NO 2 ISSN 2338-4417

Widya wati, dkk. 2016. Pengembangan Rubrik Assessment Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Ipa Smp. JURNAL Ilmiah Pendidikan Fisika ‘ Al-Birune’ 05 (1) (2016) 131-140. P-ISSN: 2303-1832: e-ISSN: 2503-023X

Zamista, Alfama dkk. 2015. Jurnal Pengembangan Tes Keterampilan Proses Sains Materi Fluida Statis Kelas X SMA/MA. Seminar nasional fisika (2015) Volume IV, Oktober 2015. p-ISSN: 2339-0654. E-ISSN: 2476-9398.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v3i2.1003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: