PENGEMBANGAN KARTU PINTAR FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS XI PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR
Abstract
Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postets desine. Model pengembangan yang digunakkan adalah Dick & Cary yang terdiri dari 10 langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa Kartu Pintar Fisika. Data diperoleh melalui wawancara, lembar observasi, angket dan dokumentasi teknik analisis data yang digunakkan adalah deskriptif
kualitatif untuk mengukur keterampilan proses sains siswa. Media Kartu Pintar Fisika yang dikembangkan juga memiliki kriteria yang sagat baik untuk meningkatka keterampilan proses sains dengan presentase sebesar 82% bila dibandingkan sebelum menggunakkan Kartu Pintar Fisika yaitu sebesar 63%. Peningkatan keterampilan proses sains secara klasikal juga
berada pada kriteria sedang dengan normalisasi gain sebesar 0,48. Berdasarkan taraf kesalahan 5% dari jumlah 17 siswa, maka diperoleh harga Chi Kuadrat Tabel =27,587. Ternyata harga Chi Kuadrat hitung lebih besar dari Harga Chi Kuadrat tabel yaitu (649>27,587). Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kartu Pintar Fisika dapat meningkatkan keterampilan proses sains kelas XI.TSM SMK Muhammadiyah Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, Azhar, 2015. Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Azizahwati, dkk. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI. ISSN : 0853-0823
Baiq Ewik Jiniarti, dkk. Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 22 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Volume I No 3 ISSN. 2407-6902
Daryanto, 2015. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Dian Hardianti, dkk. Perbedaan Hasil Belajar Fisika Siswa Untuk Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Model Pembelajaran Langsung Pada Kelas X SMA Negeri 7 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) Vol. 4 No. 2. ISSN 2338 3240
Dedy Hamdani, dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, Vol. X No. 1. ISSN 1412-3617 E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya; Volume 5 ISSN : 2337-3253
Giancoli, 2001. Fisika Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama
Halliday David, 2003. Dasar-Dasar Fisika jilid I. Tanggerang: Binarupa Aksara Publisher.
Ramlah, R., Isnaini, M., Darmayanti, N.W.S, (2017). Pengembangan Instrumen Assessment Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Fisika Di MAN I Mataram, ORBITA : Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 3(2), 21-33.
Riduwan, 2014. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alvebeta. Cv
Sudjana, Nana, 2014. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alvabeta. Cv
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alvabeta. Cv
Suherman, dkk. IbM Perangkat Pembelajaran Berbasis Budaya Sunda Untuk Guru-Guru Mipa Smp Di Kecamatan Karangnunggal Tasikmalaya. Jurnal Siliwonsi Vol.2 No.1. ISSN 2477-6629
Yusuf, Muri, 2015. Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v3i2.1004
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: