ANALISIS EFFECT SIZE PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN SAINS

Dwi Anggraini Harita Putri, Nurul Fauziah, Westi Widia Wati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak dari penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran IPA dan Fisika. Jenis penelitian yang digunakan merupakan meta-analisis yang menganalisis sebanyak 20 jurnal yang terdiri dari 1 jurnal internasional dan 19 jurnal nasional yang telah ada sejak lima tahun terakhir. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu dengan mencari nilai effect size untuk masing-masing jurnal. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan diketahui bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dengan nilai rerata effect size sebesar 1,3 dan pemecahan masalah memiliki rerata nilai effect size sebesar 1,16 yang keduanya termasuk kedalam kategori sangat tinggi pada pembelajaran IPA dan Fisika. Berdasarkan jenjang Pendidikan nilai dampak terbesar diperoleh pada jenjang Sekolah Dasar dengan kategori sangat tinggi untuk keterampilan berpikir kritis dan dampak terbesar untuk keterampilan pemecahan masalah dampak tertinggi diperoleh pada jenjang Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan tingkatan kelas pada jenjang Pendidikan dampak tertinggi yaitu pada kelas V Sekolah Dasar berkategori sangat tinggi dan berdasarkan mata pelajaran dampak tertinggi yaitu pada mata pelajaran IPA. Sehingga diketahui bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran IPA dan Fisika menghasilkan pengaruh dan dampak yang tinggi.

 

Kata kunci: meta analisis; pbl; berpikir kritis; pemecahan masalah.

 

ABSTRACT

This study aims to see the impact of the application of the problem based learning model on students' critical thinking and problem solving skills in learning science and physics. The type of research used is a meta-analysis that analyzes 20 journals consisting of 1 international journal and 19 national journals that have been around for the last five years. The data analysis technique in this study is to find the effect size value for each journal. Based on the research results, it is known that the problem-based learning model has an effect on critical thinking skills with an average effect size value of 1.3 and problem solving has an average effect size value of 1.16, both of which are included in the very high category in science and physics learning. Based on the level of education, the greatest impact value was obtained at the elementary school level with a very high category for critical thinking skills and the largest impact for problem-solving skills. The highest impact was obtained at the junior high school level. Based on the grade level at the Education level, the highest impact is in class V Elementary School, which is categorized as very high and based on the highest impact subject, namely in science subjects. So that it is known that the application of the problem based learning model to students' critical thinking and problem-solving skills in learning science and physics produces high influence and impact.

 

Keywords: meta-analysis; pbl; critical thinking; problem-solving.


Keywords


meta-analysis; pbl; critical thinking; problem-solving.

Full Text:

PDF

References


Asrizal, A., Amran, A., Ananda, A., & Festiyed, F. (2018). Effectiveness of Adaptive Contextual Learning Model of Integrated Science by Integrating Digital Age Literacy on Grade VIII Students. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012067

Asrizal, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Untuk Pembelajaran Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(1), 1. https://doi.org/10.24036/jep/vol1-iss1/27

Asrizal, A., Hendri, A., & Festiyed, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Mengintegrasikan Laboratorium Virtual dan Hots untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa SMA Kelas XI. Prosiding Seminar Hibah Program Penugasan Dosen Ke Sekolah (PDS), November, 49–57.

Cristanti, Murtono, Mohammad K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guidedd D D Inquiry Dan Problem Based Learning Terhadap Efektivitas Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2), 158-165.

Handayaningsih, R., & Nusantara, T. (2021). Profil multiple intelligences dalam kemampuan pemecahan masalah matematika. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 9(1), 20–32. https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.1992

Islamiah, A. F., Rahayu, S., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa SMAN 1 Lingsar Tahun Ajaran 2016/2017. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 6(1), 29-36.

Mahmudah, W., & Tanjung, R. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di MAN 3 Medan. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 6(3), 18-22.

Nafisa, D., & Wardono. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma, 2, 854–861.

Prastiwi, M. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas VII SMP. In E-Journal Pensa (Vol. 06, Issue 02, pp. 98–103).

Sarimuddin, S., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Ipa Siswa Kelas V Sd Di Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 281-288.

Sasmita, R. S., & Harjono, N. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. In Jurnal Basicedu (Vol. 5, Issue 5, pp. 3472–3481). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1313

Tabroni, T., Syukur, M., & Indrayani, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Bentuk …. Jurnal Pemikiran Dan …, 4(2), 261–266. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/409%0Ahttps://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/download/409/253

Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Aceh Berorientasi Kkni Di Sma Se- Aceh Barat. Genta Mulia, XI(1), 131–137.

Utami, L. O., Utami, I. S., & Sarumpaet, N. (2017). Penerapan Metode Problem Solving Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak. Tunas Siliwangi, 3(2), 175–180. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/649

Walid, A., Putra, E. P., & Asiyah, A. (2019). Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem Solving Disertai Diagram Tree Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kemampuan Menafsirkan Siswa. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1398




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.10295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: