PENGEMBANGAN MEDIA ALAT UKUR PERCEPATAN GRAVITASI BERBASIS ARDUINO NANO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa media alat ukur percepatan gravitasi berbasis Arduino Nano yang layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada konsep gerak jatuh bebas. Latar belakang dari penelitian ini adalah keterbatasan dan kurangnya media pembelajaran yang menyebabkan penguasaan konsep peserta didik rendah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Analyze, Design, Development, Implement, dan Evaluate atau ADDIE. Kelayakan media pembelajaran dilihat dari rata-rata skor penilaian validator menggunakan SBi (Standar Baku Ideal). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon peserta didik, dan soal tes penguasaan konsep. Hasil penelitian berdasarkan penilaian validator menunjukkan media pembelajaran berbasis Arduino Nano yang dihasilkan memiliki nilai kelayakan untuk keseluruhan aspek rata-rata sebesar 3,5 dengan kategori sangat baik dan berdasarkan angket respon peserta didik mendapatkan nilai rata-rata untuk seluruh aspek sebesar 3,41 dengan kategori baik, sehingga menunjukkan media alat ukur percepatan gravitasi berbasis Arduino Nano layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil uji N-Gain diperoleh peningkatan penguasaan konsep sebesar 0,78 dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan media alat ukur percepatan gravitasi berbasis Arduino Nano dalam pembelajaran efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik.
Kata kunci: Penguasaan konsep; media pembelajaran; percepatan gravitasi; arduino Nano.
ABSTRACT
This study aims to produce learning media in the form of media for measuring the acceleration of gravity based on Arduino Nano which is worth using to improve conceptual understanding of students on the free fall motion concept.The background of this research is the limitations and lack of learning media which causes low mastery of students' concepts.This research uses the Research and Development (R&D) method with the Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluate or the ADDIE model.. The feasibility of the learning media is seen from the average score of the validator assessment using the SBI (Ideal Standard). The research instruments used were validation sheets, students response questionnaires, and test questions for conceptual understanding. The results of the study based on the validator's assessment show that the Arduino Nano based learning media produced has a feasibility value for all aspects of an average of 3.5 with a very good category and and based on the questionnaire responses, students get an average score for all aspects of 3.41 with a good category, thus showing that the media for measuring the acceleration of gravity based on Arduino Nano is suitable for use in learning. Based on the results of the N-Gain test, an increase in mastery of concepts was obtained by 0.78 in the high category. So it can be concluded that the use of media for measuring the acceleration of gravity based on Arduino Nano in learning is effective to improve students' mastery of concepts.
Keywords: conceptual understanding; learning media; acceleration of gravity; arduino nano.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital. Remaja Rosdakarya.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. American Educational Reseach Assosiation, s Divisions D, Measurement and Reseach Methodology Journal, 1–4.
Hamid, S., & Wekke, I. S. (2021). Pengantar Filsafat Ilmu. Bintang Pustaka Madani.
Jhoni, M., Afiah, N., Alparesa, I., Sugiarni, A., & Shelina, P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Arduino Uno R3 pada Materi Gerak Jatuh Bebas. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1), 160–168.
Makhrus, M. (2018). Validitas Model Pembelajaran Conceptual Change Model With Cognitive Conflict Approach. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), 62–66. https://doi.org/10.29303/jipp.Vol3.Iss1.55
Mardapi, D. (2015). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Penelitian. Nuha Litera.
Maryono. (2008). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika di SMA. Universitas Negeri Yogyakarta.
Mayasari, A., Asrizal, & Festiyed. (2022). Meta Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Elektronik terhadap Hasil Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1).
Nisrina, N., & Harjono, A. (2016). Pembelajaran Kooperatif dengan Media Virtual untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi , II(2), 66–72.
Pramudyawan, M. T. S., Doyan, A., & ’Ardhuha, J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Kit Alat Percobaan Usaha dan Energi terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 40–44. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.290
Purwoko, & Fendi. (2014). Fisika 1: SMA/MA Kelas X. Yudhistira.
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Lembaga Akademic 7 Research Institute.
Sari, M. N., Daud, M., & Faradhillah. (2022). Pengembangan E-Modul Fluida untuk Pemahaman Konsep Siswa menggunakan Aplikasi Flip PDF Profesional. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1), 35–44.
Setyo, A. A., Fathurahman, M., & Anwar, Z. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Yayasan Barcode.
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika (Cetakan 2). Grasindo.
Susilawati, & Aryanto, D. (2013). Penerapan Alat Praktikum Viskometer terhadap Pencapaian Kinerja Mahasiswa Calon Guru Fisika. Seminar Nasional 2nd Lontar Physics Forum, 1–6.
Wicaksono, A., & Rifai, I. N. (2013). Pembuatan Alat Peraga Pendidikan Fisika Sub Materi Gerak Jatuh Bebas Berbasis Mikrokontroller Arduino Uno. Seminar Nasional Teknologi Terapan.
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.11441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: