ANALISIS ASPEK LITERASI SAINS PADA BUKU TEMATIK PEMBELAJARAN IPA KELAS VI DI SD NEGERI 2 CEMPAGA TAHUN 2022

Ni Luh Widya Antika Dewi, I Ketut Dedi Agung Susanto Putra

Abstract


ABSTRAK

Pengetahuan tentang aspek literasi sains penting bagi siswa untuk memahami isu-isu lingkungan, ekonomi dan sosial yang baru. Salah satu upaya untuk meningkatkan literasi sains adalah analisis buku teks IPA tematik. Penelitian ini menganalisis aspek literasi sains pada buku teks IPA bertema kelas VI di sekolah dasar. Aspek literasi sains yang akan dianalisis adalah sains sebagai cara berpikir dan interaksi antara sains, teknologi, dan masyarakat. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu mengumpulkan informasi dalam bentuk penelitian dokumenter. Satu buku utuh dianalisis dan representasi yang berbeda dari literasi sains  dibangun, yaitu: 0,2% (Ilmu dari Perspektif Berpikir) dan 0,7% (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Perspektif Interaksi Masyarakat). Masing-masing bab menyajikan kedua aspek tersebut secara lebih rinci.Pengamatan berikut menunjukkan bahwa buku ini tidak menekankan penguasaan dukungan materi dan  konteks.

 

Kata kunci: literasi; sains; tematik.

 

ABSTRACT

Knowledge of aspects of scientific literacy is important for students to understand new environmental, economic and social issues. One of the efforts to improve scientific literacy is the analysis of thematic science textbooks. This study analyzes aspects of scientific literacy in science textbooks with the theme of class VI in elementary schools. The aspect of scientific literacy that will be analyzed is science as a way of thinking and the interaction between science, technology, and society. The research used is descriptive, namely collecting information in the form of documentary research. One whole book was analyzed and different representations of scientific literacy were constructed, namely: 0,2% (Science from Thinking Perspective) and 0.7% (Science, Technology, and Community Interaction Perspective). Each chapter presents these two aspects in detail showing that this book does not control material and context support.

 

Keywords: literacy; sains; thematic. 


Keywords


literacy; sains; thematic.

Full Text:

PDF

References


“Artikel ANALISIS ASPEK LITERASI SAINS PADA BUKU TEMATIK PEMBELAJARAN IPA KELAS VI DI SD NEGERI 2 CEMPAGA TAHUN 2022 (6).”

Martiasari, E, and A Rosidah. (2021). “Literasi Sains Pada Buku Teks Tematik Terpadu Kurikulum 2013.” Prosiding Seminar Nasional … (20): 5–8. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/584%0Ahttps://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/download/584/473.

Nurfaidah, Siti Sholiha. (2017). “Analisis Aspek Literasi Sains Pada Buku Teks Pelajaran Ipa Kelas V Sd.” Mimbar Sekolah Dasar 4(1): 56–66. http://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar.

Cansiz & Turker. (2011). Scientific Literacy Investigation in Science Curricula: The Case of Turkey. Journal of Educational Science. ISSN 130-8971.

Faradila, S. N. (2019). Menilik Kualitas Pendidikan Indonesia Menurut PISA 3 Periode Terakhir. Retrieved from https://kumparan.com/kumparansains/menilik-kualitas- pendidikan-indonesia-menurut-pisa-3-periode-terakhir-1sO0SlXNroC/full

Chabalengula, Lorsbach, Mumba, Moore. (2008). Curriculum and Instructional Validity of Scientific Literacy Themes Covered in Zambian High School Biologi Curriculum. International Journal of Environmental & Science Education. 3, (4), 207-220.

Tarigan dan Tarigan. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Utami, A. A. (2008). Analisis Buku Ajar Biologi SMA Kelas XII di Kota Bandung Berdasarkan Literasi Sains. Skripsi: Tidak diterbitkan.

Griffin, Patrick., Barry McGaw and Esther Care. (2012). Assessment and Teaching of 21st Century Skills. New York:Springer.

Toharudin, Uus. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: humaniora.

Riadiyani, E. (2009). Analisis Buku Ajar Biologi SMA Kelas XI di Kota Bandung Berdasarkan Literasi Sains. Skripsi: Tidak diterbitkan

Atmojo, M. E., Fridayani, H. D., Kasiwi, A. N., & Pratama, M. A. (2017). Efektivitas dana desa untuk pengembangan potensi ekonomi berbasis partisipasi masyarakat di Desa Bangunjiwo. ARISTO, 5(1), 126-140.

Sudjana, Nana. (1989). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arif, Zainudin, dan w.p. napitupulu. (1997). Pedoman baru menyusun bahan ajar. Jakarta: grasindo.

Nisbah, F. (2013). Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM). [online]. Tersedia: http://faizalnizbah.blogspot.com/2013/08/pendekatan-sains-teknologi-masyarakat.html (20 Januari 2014)

Amalia, Suci. (2009). Analisis Buku Ajar Biologi SMP Kelas VIII di Kota Bandung Berdasarkan Literasi Sains. Skripsi: Tidak diterbitkan

Kirk, M., Matthews, C. & Kurtts, S. (2001). The Trouble with Textbooks. The Science Teacher, 68 (9), 42 –45.

Prasetyo, Z. (2013). Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika 2013. [online]: Tersedia: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/zuhdan-kun-prasetyo-med-dr-prof/pembelajaran-sains-berbasis-kearifan-lokal.pdf (20

Yusuf, S. (2008). Perbandingan Gender dalam Prestasi Literasi Siswa Indonesia. [online].

Tersedia:http://www.uninus.ac.id/data/data_ilmiah/Suhendra%20Yusuf%20- %20Makalah%20untuk%20Jurnal%20Unin us.pdf. (20 Agustus 2013).

Pembangunan, Tujuan, and Berkelanjutan / Sdgs. “Peran Matematika, Sains, Dan Teknologi Dalam Mencapai.”




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.11478

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: