KAJIAN FISIKA DAN PEMBELAJARANNYA PADA PROSES PEMBANGUNAN RUMAH
Abstract
ABSTRAK
Fenomena fisika dalam kehidupan sehari-hari belum banyak digali sehingga berpotensi untuk dikaji yakni proses pembangunan rumah. penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara teoritis fisika yang ada dalam proses pembangunan rumah dan menganalisis kaitan materinya dengan pembelajaran fisika di SMP dan SMA. Data dikumpulkan melalui data sekunder dan data primer yang diperoleh dari observasi langsung di lapangan dan dokumentasi mengenai proses pembangunan rumah yang selanjutnya akan digunakan untuk dianalisis dalam penelitian dalam bentuk analisis data deskriptif yang mana hasil penjabarannya berupa kata-kata dan bukan angka. Hasil penelitian mendapatkan penerapan konsep fisika dengan kegiatan sehari-hari dalam proses pembangunan rumah yang berkaitan dengan pemmbelajaran fisika di kelas yakni konsep bejana berhubungan, gaya berat dan konsep pesawat sederhana penggunaan alat-alat yang digunakan oleh tukang bangunan selama proses pembangunan rumah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran berbasis kontesktual, dan memanfaatkan sumber belajar di lingkungan sekitar siswa seperti proses pembangunan rumah akan memberikan kesempatan kepada guru sebagai sumber belajar baru, pengintegrasian bahan ajar seperti lembar kerja siswa dan memperkaya soal HOTS dalam mengajar di kelas dan memberikan kesempatan siswa untuk belajar secara langsung di lingkungannya yang diharapkan dapat memberikan hasil belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran fisika.
Kata kunci: fisika; pembelajaran fisika; pembangunan rumah.
ABSTRACT
Physics phenomena in everyday life have not been explored much so that they have the potential to be studied, namely the process of building houses. This study aims to theoretically examine the physics that exist in the process of building houses and analyze the relationship between the material and physics learning in junior and senior high schools. Data is collected through secondary data and primary data obtained from direct observations in the field regarding the house construction process which will then be used to be analyzed in research in the form of descriptive data analysis where the results of the description are in the form of words and not numbers. The results of the study obtained the application of physics concepts with daily activities in the house building process related to learning physics in the classroom, namely the concept of related vessels, heavy forces and the concept of simple aircraft using tools used by builders during the house construction process. Based on the results of the study, it can be concluded that by applying contestual-based learning, and utilizing learning resources in the surrounding environment of students such as the house building process will provide opportunities for teachers as new learning resources, integrate teaching materials such as student worksheets and enrich HOTS questions in teaching in the classroom and provide opportunities for students to learn directly in their environment which is expected to provide learning outcomes according to the learning objectives of physics.
Keywords: physics; physics learning; house construction.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ady, W. N. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA terhadap Mata Pelajaran Fisika pada Materi Gerak Lurus Beraturan. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 2(1), 104.
Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 7(1).
Daus, F. (2022). Kevalidan Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Powtoon dengan Pendekatan Kontekstual Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Fisika Indonesia, 26(1).
Erlina, A. P. N., Widodo, S., & Handayani, A. D. (2021). Meta – Analisis: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Implementasi Pembelajaran Kontekstual. Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2).
Halliday, D., Resnick, R., & Walker, J. (2010). Fundamentals of Physics. John Wiley & Sons.
Harefa, E. B. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Kuliah Fisika Di Perguruan Tinggi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1).
Hartoni, H., Marliyanti, M., & Marlini, M. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Siswa SMP Negeri 4 Lemong Pesisir Barat. JMPA (Jurnal Manajemen Pendidikan Al-Multazam), 3(3).
Herowati, H., & Azizah, L. F. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbantuan Buku Petunjuk Media Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual Pesisir. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(1).
Idayati, L. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 8(1).
Irwandi, I., Winarti, A., & Zaini, M. (2019). Kepraktisan buku ilmiah populer tentang penyu untuk siswa SMA kawasan pesisir. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 4(3).
Kemba, M. Y., Nasar, A., & Ika, Y. E. (2022). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Saintifik Berbasis Inkuiri terhadap Hasil Belajar Materi Pencemaran Lingkungan Siswa SMP Kelas VII Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(2), 93–99.
Maliasih, M., & Hindarto, N. (2015). Pengembangan Alat Peraga Kit Hidrostatis Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Tekanan Zat Cair Pada Siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 4(3).
Maritoharahap, H., Siregar, N., & Nasution, N. F. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di Desa Pargarutan Julu. JURNAL EDUGENESIS, 4(2).
Naf’atuzzahrah, Taufik, M., Gunawan, & Sahidu, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT), 8, 23–30.
Nasihah, E. D., Supeno, S., & Lesmono, A. D. (2019). Model Problem Based Learning (PBL) Disertai Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. FKIP E-PROCEEDING, 3(2), 178–183.
Ningsih, F. A., Nyeneng, I. D. P., & Suyanto, E. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bermuatan Karakter Pada Materi Cahaya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(6).
Nurrahmawati, Y., Supeno, S., & Prihandono, T. (2018). Prakonsepsi Siswa SMK Tentang Rangkaian Listrik Sederhana Dalam Pembelajaran Fisika. FKIP E-PROCEEDING, 3(1), 241–246.
Pratama, J., & Angelo, M. (2022). Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Fisika Di SMA Katolik Yos Sudarso Menggunakan Metode 4d | National Conference for Community Service Project (NaCosPro). National Conference For Community Service Project (NaCosPro), 4(1), 750–756.
Rahmawati, E. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 3(1).
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta:Deepublish.
Setiyoningsih, T. (2017). Pengelolaan Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan di SMPN 1 Gabus-Grobogan. Manajemen Pendidikan, 12(1).
Siyati, R., & Kamariyah, E. I. (2022). Analisis Budaya Kerapan Sapi Di Madura Sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnosains. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2).
Subiki, Setyarini, D. A., & Supeno. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPA (Fisika) SMP Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Scaffolding. FKIP E-PROCEEDING, 2(1), 7–7.
Sugiyono. (2013). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung:Alpabeta.
Sukamto, T. (2022). Pemanfaatan Media Phet Simulation Pada Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Pendidikan FKIP UNMA. 8(2), 649–654.
Wahid, F. S., Purnomo, M. A., & Ulya, S. M. (2020). Analisis Peran Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01).
Wardani, P. O., Supeno, S., & Subiki, S. (2018). Identifikasi Kemampuan Penalaran Ilmiah Siswa SMK Tentang Rangkaian Listrik Pada Pembelajaran Fisika. FKIP E-PROCEEDING, 3(1), 183–188.
Wati, M. Y., Maulidia, I. A., Irnawat, I., & Supeno, S. (2019). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VII SMPN 2 Jember Dalam Pembelajaran IPA Dengan Model Problem Based Learning Pada Materi Kalor Dan Perubahannya. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 8(4).
Wijaya, A., Suryatin, B., & Salirawati, D. (2006). IPA Terpadu SMP/MTs Kls VIII B. Jakarta:Grasindo.
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v9i1.14072
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: