PENGGUNAAN SIMULASI PHET DAN E-EVALUATION BERBASIS HOT-POTATOES UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP EFEK FOTOLISTRIK DAN MINAT BELAJAR CALON GURU FISIKA

Egidius Dewa, Oktavianus Ama Ki`i, Rosenti Pasaribu

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan minat belajar mahasiswa calon guru fisika setelah menggunakan simulasi PhET dan e-evaluation berbasis Hot Potatoes pada materi efek fotolistrik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design, instrumen yang digunakan berupa soal tes pemahaman konsep dan angket minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep pada pre test sebesar 47%  dengan kategori sedang dan post test sebesar 82% dengan kategori sangat tinggi. Nilai N-Gain pemahaman konsep mahasiswa calon guru fisika sebesar 0,66 dengan kategori sedang sedangkan rata-rata minat belajar mahasiswa calon guru fisika sebesar 83% dengan kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan simulasi PhET dan e-evaluation berbasis Hot-Potatoes dalam pembelajaran fisika modern sub bab efek fotolistrik berkontribusi pada peningkatan pemahaman konsep dan minat belajar yang tinggi dari mahasiswa calon guru fisika.

 

Kata kunci: simulasi PhET; hot potatoes; efek fotolistrik; pemahaman konsep; minat.

 

ABSTRACT

This study aims to determine the improvement of concept understanding and learning interest of prospective physics teacher students after using PhET simulation and e-evaluation based on Hot Potatoes on photoelectric effect material. This study used a One-Group Pretest-Posttest Design research design, the instruments used were concept understanding test questions and learning interest questionnaires. The results showed that the average understanding of concepts in the pre-test was 47% with a moderate category and the post-test was 82% with a very high category. The N-Gain value of conceptual understanding of prospective physics teacher students is 0.66 with a moderate category. In contrast, the average learning interest of prospective students is 83% with a very high category. The results showed that the use of PhET simulation and e-evaluation based on Hot-Potatoes in learning modern physics of photoelectric effect sub-chapter contributed to the improvement of concept understanding and high learning interest of prospective physics teacher students.

 

Keywords: PhET simulation; hot potatoes; photoelectric effects; concept understanding; interests.


Keywords


PhET simulation; hot potatoes; photoelectric effects; concept understanding; interests.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2008). Penilaian Kinerja Guru. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Departemen Pendidikan Nasional.

Dewa, E., Mukin, M. U. J., & Pandango, O. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Fisika. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 351–359. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.288

Habibbulloh, M. (2019). Analisis Ragam Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Efek Foto Listrik. Jurnal Reforma, 7(2), 48. https://doi.org/10.30736/rfma.v7i2.70

Hermawan, D. W., Sutikno, & Masturi. (2021). Penggunaan Media Elektronik Hot Potatoes Pada Tenaga Pengajar Bimbingan Belajar Omega. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 213–218. https://doi.org/10.30736/rfma.v7i2.70

Hidayat, R., Hakim, L., & Lia, L. (2019). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 97. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.5900

Ki’i, O. A., Dewa, E., & Begu, P. O. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Praktikum Elektronika Dasar II secara Virtual di Masa Pandemi Covid-19. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 4(1), 75–80.

Ki`i, O. A., & Dewa, E. (2020). Simulasi PhET Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 6–7.

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

PhET Tim. (2014). PhET Interactive Simulations. University of Colorado Boulder. http://phet.colorado.edu

Rachman, B. A. R., Fidaus, F. S., Mufidah, N. L., Sadiyah, H., & Sari, I. N. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589

Sabrina, F. M. (2022). Pulih Bersama dalam Perekonomian Dunia Melalui Forum G20. KNPedia, 1. Retrieved from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/14802/Pulih-Bersama-dalam-Perekonomian-Dunia-Melalui-Forum-G20.html

Siregar, S. D., Nasution, D. S., & ... (2021). Penyusunan Soal Hots Melalui Platform Assesment Online Berbasis Web “Hot Potaotes.” Prosiding Konferensi Nasional I: Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 93–105.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.

Subiki, S., Hamidy, A. N., Istighfarini, E. T., Suharsono, F. Y. H., & Putri, S. F. D. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran PhET Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Plus Sukowono Materi Usaha Dan Energi Tahun Pelajaran 2021/2022. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 200. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.9586

Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algensindo Offset.

Susongko, P., Kusuma, M., Arfiani, Y., Samsudin, A., & Aminudin, A. (2020). Revising of the Integrating Scientific Literacy Skills Scale (ISLS) with Rasch Model Analysis. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(4), 1583–1602. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17478/jegys.781583

Tristanti, D. D. T., Supriadi, B., & Prastowo, S. H. B. (2022). Pengaruh Model Collaborative Creativity Berbantuan Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 293. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.9516

Widyastuti, M. (2018). Penggunaan Media Elektronik Hot Potatoes Pada Tenaga Pengajar Bimbingan Belajar Omega. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 213–218.

Wieman, C. E., Adams, W. K., Loeblein, P., & Perkins, K. K. (2010). Teaching Physics Using PhET Simulations. The Physics Teacher, 48, 225–227. https://doi.org/10.1119/1.3361987

Yasa, A. D. (2020). Pengembangan E-Evaluation Berbasis Aplikasi Hot Potatoes Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 26. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23987

Zainuri, B. N. S., Ayub, S., Doyan, A., & Gunawan, G. (2022). Pengaruh Model Guided Discovery Berbantuan PhET Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Prestasi Belajar Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 227. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.11670




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v9i1.14787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: