PENGGUNAAN SIMULASI PHET DAN E-EVALUATION BERBASIS HOT-POTATOES UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP EFEK FOTOLISTRIK DAN MINAT BELAJAR CALON GURU FISIKA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan minat belajar mahasiswa calon guru fisika setelah menggunakan simulasi PhET dan e-evaluation berbasis Hot Potatoes pada materi efek fotolistrik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design, instrumen yang digunakan berupa soal tes pemahaman konsep dan angket minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep pada pre test sebesar 47% dengan kategori sedang dan post test sebesar 82% dengan kategori sangat tinggi. Nilai N-Gain pemahaman konsep mahasiswa calon guru fisika sebesar 0,66 dengan kategori sedang sedangkan rata-rata minat belajar mahasiswa calon guru fisika sebesar 83% dengan kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan simulasi PhET dan e-evaluation berbasis Hot-Potatoes dalam pembelajaran fisika modern sub bab efek fotolistrik berkontribusi pada peningkatan pemahaman konsep dan minat belajar yang tinggi dari mahasiswa calon guru fisika.
Kata kunci: simulasi PhET; hot potatoes; efek fotolistrik; pemahaman konsep; minat.
ABSTRACT
This study aims to determine the improvement of concept understanding and learning interest of prospective physics teacher students after using PhET simulation and e-evaluation based on Hot Potatoes on photoelectric effect material. This study used a One-Group Pretest-Posttest Design research design, the instruments used were concept understanding test questions and learning interest questionnaires. The results showed that the average understanding of concepts in the pre-test was 47% with a moderate category and the post-test was 82% with a very high category. The N-Gain value of conceptual understanding of prospective physics teacher students is 0.66 with a moderate category. In contrast, the average learning interest of prospective students is 83% with a very high category. The results showed that the use of PhET simulation and e-evaluation based on Hot-Potatoes in learning modern physics of photoelectric effect sub-chapter contributed to the improvement of concept understanding and high learning interest of prospective physics teacher students.
Keywords: PhET simulation; hot potatoes; photoelectric effects; concept understanding; interests.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2008). Penilaian Kinerja Guru. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Departemen Pendidikan Nasional.
Dewa, E., Mukin, M. U. J., & Pandango, O. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Fisika. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 351–359. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.288
Habibbulloh, M. (2019). Analisis Ragam Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Efek Foto Listrik. Jurnal Reforma, 7(2), 48. https://doi.org/10.30736/rfma.v7i2.70
Hermawan, D. W., Sutikno, & Masturi. (2021). Penggunaan Media Elektronik Hot Potatoes Pada Tenaga Pengajar Bimbingan Belajar Omega. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 213–218. https://doi.org/10.30736/rfma.v7i2.70
Hidayat, R., Hakim, L., & Lia, L. (2019). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 97. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.5900
Ki’i, O. A., Dewa, E., & Begu, P. O. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Praktikum Elektronika Dasar II secara Virtual di Masa Pandemi Covid-19. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 4(1), 75–80.
Ki`i, O. A., & Dewa, E. (2020). Simulasi PhET Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 6–7.
Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
PhET Tim. (2014). PhET Interactive Simulations. University of Colorado Boulder. http://phet.colorado.edu
Rachman, B. A. R., Fidaus, F. S., Mufidah, N. L., Sadiyah, H., & Sari, I. N. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589
Sabrina, F. M. (2022). Pulih Bersama dalam Perekonomian Dunia Melalui Forum G20. KNPedia, 1. Retrieved from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/14802/Pulih-Bersama-dalam-Perekonomian-Dunia-Melalui-Forum-G20.html
Siregar, S. D., Nasution, D. S., & ... (2021). Penyusunan Soal Hots Melalui Platform Assesment Online Berbasis Web “Hot Potaotes.” Prosiding Konferensi Nasional I: Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 93–105.
Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.
Subiki, S., Hamidy, A. N., Istighfarini, E. T., Suharsono, F. Y. H., & Putri, S. F. D. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran PhET Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Plus Sukowono Materi Usaha Dan Energi Tahun Pelajaran 2021/2022. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 200. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.9586
Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algensindo Offset.
Susongko, P., Kusuma, M., Arfiani, Y., Samsudin, A., & Aminudin, A. (2020). Revising of the Integrating Scientific Literacy Skills Scale (ISLS) with Rasch Model Analysis. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(4), 1583–1602. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17478/jegys.781583
Tristanti, D. D. T., Supriadi, B., & Prastowo, S. H. B. (2022). Pengaruh Model Collaborative Creativity Berbantuan Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 293. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.9516
Widyastuti, M. (2018). Penggunaan Media Elektronik Hot Potatoes Pada Tenaga Pengajar Bimbingan Belajar Omega. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 213–218.
Wieman, C. E., Adams, W. K., Loeblein, P., & Perkins, K. K. (2010). Teaching Physics Using PhET Simulations. The Physics Teacher, 48, 225–227. https://doi.org/10.1119/1.3361987
Yasa, A. D. (2020). Pengembangan E-Evaluation Berbasis Aplikasi Hot Potatoes Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 26. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23987
Zainuri, B. N. S., Ayub, S., Doyan, A., & Gunawan, G. (2022). Pengaruh Model Guided Discovery Berbantuan PhET Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Prestasi Belajar Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 227. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.11670
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v9i1.14787
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: