PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KAMUS IPA FISIKA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MTs NW SENYIUR KELAS VIII PADA MATERI ALAT OPTIK TAHUN AJARAN 2018/2019

Habib Tantawi, Johri Sabaryati, Ni Wayan Sri Darmayanti

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran Kamus IPA Fisika Bergambar pada pokok bahasan Optik untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R & D). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTs NW Senyiur kelas VIII. Model pengembangan yang digunakan adalah Borg and Gall yang terdiri dari10  langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa Kamus IPA Fisika Bergambar. Data diperoleh melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengukur minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berupa Kamus IPA Fisika Bergambar memiliki kriteria yang sangat baik berdasarkan penilaian dari ahli dan praktisi. Media pembelajaran Kamus IPA Fisika Bergambar  yang dikembangkan juga memiliki kriteria yang sangat baik untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan persentase sebesar 70% bila dibandingkan sebelum menggunakan  Kamus IPA Fisika Bergambar yaitu sebesar 47%. Peningkatan minat belajar secara klasikal juga berada pada kriteria sedang dengan normalisasi gain sebesar 0,44. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Kamus IPA Fisika Bergambar dapat meningkatkan minat  belajar siswa kelas VIII di MTs  NW Senyiur Tahun Pelajaran 2018/2019.

 

Kata Kunci: Pengembangan Kamus IPA Fisika, Bergambar, Minat Belajar


ABSTRACT

The study aims to  develop learning media on the Picture Physics Science on the subject of optics, to increase students' interest in learning. This study uses the research and development (R & D) method. As the subjects in this study were MTs NW Senyiur class VIII students. The development model used is Borg and Gall which consists of 10 steps that must be followed to produce a product in the form of Picture Physics Science Dictionary. Data obtained through interviews, questionnaires and documentation. The data analysis technique used is descriptive qualitative to measure student learning interest. The results showed that learning media developed in the form of Picture Physics Science Dictionary had very good criteria based on the judgment of experts and practitioners. Learning media The Pictorial Physics Science Dictionary developed also has very good criteria for increasing student learning interest by a percentage of 70% compared to before using the Picture Physics Science Dictionary which is equal to 47%. Increased interest in classical learning is also in the medium criteria with normalization gain of 0.44. Based on the results of this study, it can be concluded that the learning media of Picture Physics Science Dictionary can increase the learning interest of Grade VIII students in NW MTs Senyiur 2018/2019 Academic Year.

 

Keywords: Development of Science Physics Dictionary, Drawing, Interest in Learning


Keywords


Development of Science Physics Dictionary, Drawing, Interest in Learning

Full Text:

PDF

References


Amdestiana EAB (2017). Repository.ump.ac.id. diakses pada taggal 12 desember 2016.

Budiarti, Rini, dkk. (2015). Kajian Kualitatif Efektivitas Blended Learning Ipa Terpadu Berbasis Sets Di Smp Wilayah Eks Karesidenan Surakarta. JPMF, Vol, 5, No 1, 2015 ISSN : 2089-615.

Erma F. ( 2012), Media Pembelajaran, https://eprints.uny.ac.id/9432/12/12%20BAB%20II-08503247004.pdf. Diakses pada tanggal 12 desember 2018.

Islahudin., Darmayanti, N. W. S., Zulkarnain, (2017), Pengaruh Pemanfaatan Alat Peraga Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VIII di MTS Nurul Iman NW Kembang Kerang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018, ORBITA:Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 3(2), 46-52

Isnaini, M., Sabaryati, J., & Fadillah, Alfiah, (2019). Pengembangan LKS G-JKO Pada Mata Pelajaran IPA Fisika Siswa MTs Al-Raisiyah Mataram. ORBITA:Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(1), 15-22.

Mikraj, Abdul., Utami, L. Sekar., Zulkarnain, (2019), Pengaruh Buletin Fisika Berbentuk Buku Saku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MAN 2 Bima Kelas X Materi Hukum Newton Tahun Pelajaran 2018/2019, ORBITA:Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(1), 5-14

M. Laeli (2012), Media Pembelajaran, https://eprints.uny.ac.id/8323/3/BAB%202%20-%2008513241018.pdf. Diakses pada tanggal 12 desember 2018.

Murviza, R.O.,Lizelwati. N., dan Trisoni, R. (2014). Pengembangan Kamus Fisika Bergambar untuk Materi Fisika MTsS Plus Balimbing Kelas VIII. Edusainstika, 1(1):28-29

Nurlaelah, N., Sabaryati, J., & Zulkarnain, Z, (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Pop Up Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Materi Cahaya Dan Alat Optik Kelas VIII SMPN 19 Mataram. ORBITA:Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(1), 15-22

Sari Yunita, dan Mutari Mukarramah (2017). Pengembangan Media Gambar Berupa Buku Saku Fisika SMP Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Al-BiRuNi, Vol.6, No 1, April 2017-ISSN 2303-1832.IAIN Intan Lampung

Soenarto (2008). Metode Penelitian R&D. Institut Bisnis dan Informatika. Sir.Stikom.edu/2070/6/BAB_IV.pdf.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Utami, L.S., Darmayanti, N.W.S, (2019). Efektifitas Pembelajaran Multirepresentasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Fisika Materi Gelombang Dan Optik Tahun Akademik 2018/2019, ORBITA:Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(1), 53-58




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v5i2.1628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: