PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN KONKRET TERHADAP MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA

Aisyah Widia Tami, Slamat Fitriyadi, Rien Anitra

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas III di SDN 23 Singkawang pada mata pelajaran IPA materi Perubahan Wujud Benda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan seberapa besar Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Pembelajaran Konkret Terhadap Materi Perubahan Wujud Benda peserta didik kelas III. Penelitian ini dilakukan di SDN 23 Singkawang. Jenis penelitiannya yaitu kuantitatif eksperimen dengan metode nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas III SDN 23 Singkawang, dan sampel peserta didik kelas III C berjumlah 28 peserta didik yang menggunakan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa :   (1) Adanya perbedaan hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda pada ranah kognitif  peserta didik  antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (2) Model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media pembelajaran konkret memberikan  pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda pada ranah kognitif peserta didik sebesar 1,21 (kriteria tinggi). Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media pembelajaran konkret memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif pada pembelajaran IPA peserta didik kelas III SDN 23 Singkawang.

 

Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing; media konkret; hasil belajar.

 

ABSTRACT

This research was motivated by the problem of the low of SDN 23 Singkawang 3rd grade students learning outcomes  at Science subject about changes of state. The purpose of this study was to determine the difference and how much the effect of the Guided Inquiry Learning Model assisted by Concrete Learning Media on the Material Changes in the Form of Objects of grade III students. This research was conducted at SDN 23 Singkawang. The type of research is quantitative experiment with the method of nonequivalent control group design. The population of this study were all grade III students of SDN 23 Singkawang, and a sample of grade III C students totaling 28 students who used a sampling technique in the form of purposive sampling. The results showed that: (1) There are differences in science learning outcomes in the material of changes in the form of objects in the cognitive domain of students between experimental classes and control classes analyzed using the mann-whitney u-test test with tabel> hitung which is 9.013>3.528; (2) The guided inquiry learning model assisted by concrete learning media has a high effect on the science learning outcomes of material changes in the form of objects in the cognitive domain of students by 1.21 (high criteria). So it can be concluded that the guided inquiry learning model assisted by concrete learning media has a significant influence on cognitive learning outcomes in science learning for grade III students of SDN 23 Singkawang.

 

Keywords: guided inquiry learning model; concrete media; learning outcomes.


Keywords


guided inquiry learning model; concrete media; learning outcomes.

Full Text:

PDF

References


Agustiana, I. G. A. T dan I. Nym, T. (2017). Konsep Dasar IPA Aspek Fisika dan Kimia. Ombak.

Asy’ari, M. (2006). Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Universitas Sanata Dharma.

Budi, B., Novanto, Y. S., & Anitra, R. (2021). RESPON SISWA TERHADAP MODEL

PEMBELAJARAN POE DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD. Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 278–282.

Darmodjo, Hendro., J. R. K. (1993). Pendidikan IPA 2. In Pendidikan IPA 2. Depdikbud.

Hamdayani, N. P. R., & Abadi, I. G. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25 (1), 120–13.

Indonesia, U.-U. R. (n.d.). Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara, Bandung: Arikunto,

Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Meidawati, Y. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1 (2), 2356–3915.

Milawati, N. L. P. Y. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus V Abiansemal. In Mimbar PGSD 1.

Puspawati, K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD.

Santiasih. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri TerbimbingTerhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No. 1 Kerobokan Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2013/2014. 3.

Sari, N. L. B. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio- Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA siswa Kelas IV. 5.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan, (Research and Development). In Alfabeta.

Suryani, N dan L., A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Ombak.

Undang-Undang. (n.d.). Guru dan Dosen.

Wibowo, F. A., Triyono, & C. (2016). Penerapan Model Inkuiri dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Luas Bangun Datar pada Siswa Kelas V SDN 6 Kebumen. Jurnal Pendidikan, 4 (4.1), 460–466.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v9i2.19349

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: