PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF FISIKA PESERTA DIDIK

Yuliana Husniati Ridwan, Muhammad Zuhdi, Kosim Kosim, Hairunnisyah Sahidu

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Pengembangan media yang dilakukan berupa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis model problem based learning. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis model problem based learning yang valid, efektif dan efisien untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif fisika peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu RnD (Research and Development), dengan desain menggunakan model 4D. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa tahap diantaranya validasi ahli, uji coba terbatas dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif berbasis model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif fisika peserta didik valid, efektif dan efisien digunakan dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: media interaktif; problem based learning; kemampuan berpikir kreatif fisika

 

ABSTRACT

The development of science and technology encourages refrom effort in the utilization of the results of technology in improving the quality of learning. Media development carried out in the form learning media development based on problem based learning models. The purpose of this study is to produce interactive learning media based on problem based learning models that are valid, effective and efficient to improve students’ creative thinking skills in physics. The research method used is RnD (Research and Development), with design using the 4D model. Data collection was carried out in several stages including expert validation, limited trials and student questionnaires. The result showed tha interactive media based on problem based learning models to improve students’ creative thinking skills in physics were valid, effective and efficient to use in learning.

 

Keywords: interactive media; problem based learning; creative thinking skills in physics


Keywords


interactive media; problem based learning; creative thinking skills in physics

Full Text:

PDF

References


Elizabeth, A., Sigahitong, M., Fisika, P. P., Nipa, U. N., & No, J. K. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 67–76.

Harjono, A. (2012). Perbedaan Strategi Pembelajaran Dan Pemberian Advance Organizer Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X. Jurnal Pijar Mipa, 7(1), 13–17.

Kosasih, N., & Sumarna, D. (2014). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Rafmana, H., Chotimah, U., & Alfiandra. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Sma Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5(1), 52–65.

Rohmani, Sunarno, W., & Sukarmin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Terintegrasi Dengan Lks Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang. Jurnal Inkuiri, 4(I), 152–162.

Sa’dun, A. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Skills, S. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bervisi SETS sebagai Alat Bantu Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA di SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Peserta Didik. Pancasakti Science Education Journal. 2(2), 125–137.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wiyono, K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Fluida Dinamis Untuk Sma Kelas XI. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2(1), 100–108.

Yuhdi, M. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: