PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK
Abstract
ABSTRAK
Perangkat pembelajaran harus disertai dengan model pembelajaran yang sesuai dan yang paling memungkinkan untuk diterapkan dalam pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan hakikat fisika sehingga pembelajaran menjadi bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan reliabilitas perangkat pembelajaran model cooperative tipe group investigation untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian yang dikembangkan adalah 4D Models yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Pengambilan data penelitian menggunakan lembar validasi yang dinilai oleh 6 validator ahli yang terdiri dari 3 orang dosen pendidikan fisika dan 3 orang guru mata pelajaran fisika. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif dari penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran tersebut meliputi silabus, RPP, LKPD, tes kemampuan berpikir kritis, dan angket motivasi berprestasi. Penelitian ini melakukan uji validitas untuk menentukan kelayakan dan tingkat validitas perangkat pembelajaran. Data hasil validitas diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,33 berada pada kategori valid. Selanjutnya yaitu uji reliabilitas, diperoleh nilai rata-rata interval koefisien reliabilitas yaitu 0,850 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model cooperative tipe group investigation untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik valid dan reliabel digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata kunci: perangkat pembelajaran; cooperative tipe group investigation; kemampuan berpikir kritis; motivasi berprestasi.
ABSTRACT
Learning devices must be in accordance with the appropriate learning model and the most possible to be applied in learning in accordance with the 2013 curriculum and the nature of physics so that learning becomes. This study aims to describe the validity and reliability of the cooperative learning model group investigation model to increase achievement motivation and thinking skills of students. The type of research used is research development (Research and Development) with the research model developed is the 4D Model which consists of define, design, develop, and disseminate. Retrieval of research data using validation sheets managed by 6 validator experts consisting of 3 physics education lecturers and 3 physics subject teachers. The research data is in the form of qualitative and quantitative data from the validator on the learning tools developed. These learning tools include syllabus, lesson plans, student worksheet, critical thinking skills tests, and achievement motivation. This study conducted a validity test to determine the feasibility and level of validity of the learning device. Data validity results obtained by an average value of 3.33 in the valid category. Furthermore, namely the reliability test, the average value of the reliability coefficient interval was 0.850 with the very high category. Based on these results, it can be seen that the cooperative learning model type of group investigation to increase achievement motivation and students' ability to think physics is valid and reliable used in learning activities.
Keywords: development of learning tools; cooperative type group investigation; critical thinking ability; achievement motivation.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arvyaty, Faad M., & Naimin Noho. (2016). Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri dan SMA Swasta Di Kota Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika 1( 7): 26-42.
Borich, G. D. (1994). Observation Skill for Effective Teaching. New York: Macmillan Publishing Company Daryanto., & Tasrial. 2012. Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto., & Tasrial. (2014). Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media
Ennis, R.H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Disposition and Abilities. University of Illinois. On line at http://faculty.education.illinois.edu/rhennis/documents/TheNatureocCriticalThinking_51711_000.pdf.
Fitriyah, K. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Scientific Untuk Melatih Kemapuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Materi Cahaya Kelas IV SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar 3(2): 265-276.
Handriani, L.S., Harjono, A., & Doyan A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(3): 210-220.
Kariawan, I. G., Sadia, I. W., Pujani, N. M. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dengan Setting Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha (5). 1-11.
Muammar, H., Harjono, A., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Assure dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar IPA-Fisika Peserta didik Kelas VIII SMPN 22 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(3): 166-172.
Putri, S. R., & Djamas, D. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 6(1): 125-135.
Sari, P. I., Gunawan, G., & Harjono, A. (2016). Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(4): 176-182.
Saavedra, A., & Opfer, V. (2012). Teaching and Learning 21st Century Skills: Lessons from the Learning Sciences. A Global Cities Education Network Report. New York, Asia Society.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Trianto, T. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Ulya, I.F., Irawati. R., & Maulana. (2016). Peningkatan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar peserta didik menggunakan pendekatan kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1). 121-130.
Utami, K., N., & Mustadi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter.1(1). 14-25.
Yeritia, S., Wahyudi., & Rahayu, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X Sman 1 Kuripan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurrnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(2): 181-187.
Yusuf, M.Y. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Berbantuan Software Isis Proteus Dan Codevisionavr Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Mikroposessor. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 1 (4). 1-9.
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3855
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: