PENGEMBANGAN E-LKPD MATERI EFEK DOPPLER BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN APLIKASI PHYPHOX UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA

Winda Alma Sonia Putri, Lukman Hakim, Rita Sulistyowati

Abstract


ABSTRAK

Telah berhasil dikembangkan bahan ajar elektronik berupa E-LKPD pada materi Efek Doppler berbasis Inkuiri Terbimbing berbantuan aplikasi Phyphox. Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan bahan ajar untuk pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas yang valid dan praktis sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa, khususnya pada materi Efek Doppler. Pengembangan E-LKPD dilakukan berdasarkan penelitian pengembangan (Research and Development) dan model pengembangannya ialah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dengan perolehan skor 89,33 % dan dinyatakan praktis dengan perolehan skor sebesar 80,4 % serta dinyatakan efektif dengan perolehan skor skor rata-rata N-Gain sebesar 0,70 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk E-LKPD berbantuan aplikasi Phyphox yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran Fisika pada materi Efek Doppler di sekolah.

 

Kata kunci: pengembangan E- LKPD; phyphox; pemahaman konsep.

 

ABSTRACT

Electronic teaching materials in the form of E-LKPD have been successfully developed on the Doppler Effect based Guided Inquiry with the help of the Phyphox application. The purpose of this research is to produce teaching materials for high school physics learning that are valid and practical so that they can improve students' understanding of concepts, especially on the Doppler Effect material. The development of E-LKPD is carried out based on research and development and the development model is the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) model. The results showed that the developed E-LKPD was declared valid with a score of 89.33% and was declared practical with a score of 80.4% and was declared effective with an average N-Gain score of 0.70 in the high category. Based on the results of the study, it can be concluded that the E-LKPD product assisted by the Phyphox application that has been developed is suitable for use in learning physics on the Doppler Effect material at school.

                                                                      

Keywords: LKPD development; phyphox; concept understanding.


Keywords


LKPD development; phyphox; concept understanding.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d . bandung: alfabeta.

Fatonah, S., & Prasetyo, Z. (2014). Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Anggraini, D., & Sani, R. (2015). Analisis Model Pembelajaran Scientific Inquiry dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA . Jurnal Pendidikan Fisika , 47-54.

Sinaga, L. D., & Harahap, M. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Materi Pokok Fluida Statik. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika.

Irwandani, & Rofiah, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTS Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 165-167.

Mukti, F., Connie, & Medrianti, R. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Sint Carolus Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika.

Munandar, H, Y., & Mustanir. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD) Berorientasi Nilai Islami pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Sains, 27-37.

Kristiyani, Y., Sesunan, F., & Wahyudi, I. (2020). Pengaruh Aplikasi Sensor Smartphone pada Pembelajaran Simple Harmonic Motion berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa . Jurnal Pendidikan Fisika.

Sari, R. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan Semester Gasal Kelas XI OTKP di SMK YPM 3 Taman. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP).

Julyal, I., Gusmaweti, & Azrita. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Bernuansa Dialog Bergambar Pada Materi Sistem Hormon Di Sman 1 Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo Jambi.

Ariyansah, D., Hakim, L., & Sulistyowati, R. (2021). Pengembangan e-LKPD Praktikum Fisika Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Berbantuan Aplikasi Phyphox Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika , 173-181.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.6828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: