PENGEMBANGAN DIOLOGY WATER CYCLE DALAM MEMPERKUAT PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR

Aan Widiyono, Joko Minardi, Latifah Nuraini

Abstract


Abstrak: Permasalahan ini disebabkan karena terdapat kesulitan bagi siswa dalam memahami materi selama proses pembelajaran. Minimnya media yang digunakan, mengakibatkan pembelajaran berjalan tidak optiomal. Tujuan penelitian adalah mengembangkan media diology water cycle pada materi IPA. Penelitian  ini  menggunakan desain pengembangan model Borg and Gall dengan 7 tahapan. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Analisis  data  menerapkan analisis  deskriptif  kuantitatif dan  kualitatif. Subjek uji coba melalui penilaian ahli konten materi,  ahli  media  pembelajaran, ahli  desain  instruksional, dan siswa kelas V SD. Hasil analisis data diperoleh bahwa; 1) hasil validasi ahli media mendapat nilai sejumlah 136 (90,6%) sehingga dikategorikan sangat valid; 2) Hasil validasi ahli materi memperoleh nilai sejumlah 65 (86,6%) sehingga dikategorikan sangat layak; 3) Hasil survei karakter Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P4) diperoleh presentase sejumlah 74,7%; 4) dan nilai rata-rata pretest (64%) dan posttes (82%) mencapai peningkatan sejumlah 18%. Hasil ini disimpulkan bahwa produk media diology water cycle ini layak diterapkan dalam pembelajaran IPA di kelas V SD. Implikasi penelitian ini dapat membantu siswa dan guru dalam mengatasi permasalahan pembelajaran IPA khususnya pada materi siklus air di kelas V sekolah dasar.

Abstract:  This problem is caused because there are difficulties for students in understanding the material during the learning process. The lack of media used, resulting in learning that is not optimal. The purpose of this research is to develop a water cycle diology media on natural science material. This study uses a Borg and Gall model development design with 7 stages. Collecting data using questionnaires and interviews. Data analysis applied quantitative and qualitative descriptive analysis. The test subjects were assessed by material content experts, instructional media experts, instructional design experts, and fifth grade elementary school students. The results of data analysis obtained that; 1) the results of the media expert's validation got a score of 136 (90.6%) so that it is categorized as very valid; 2) The results of the material expert validation obtained a score of 65 (86.6%) so that it was categorized as very feasible; 3) The results of the character survey of Pancasila Student Profile Strengthening (P4) obtained a percentage of 74.7%; 4) and the average value of pretest (64%) and posttest (82%) reached an increase of 18%. These results concluded that the diology water cycle media product is feasible to be applied in science learning in fifth grade elementary school. The implications of this research can help students and teachers in overcoming the problems of learning science, especially on the water cycle material in grade V elementary school


Keywords


Diology Water Cycle; Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P4); Siklus Air; Pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Afifah, D. N., Widiyono, A., & Attalina, S. N. C. (2022). Pengembangan Media Diorama Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 528–533.

Arthawani, G. (2021). Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember. Digital Repository Universitas Jember, September 2019, 2019–2022.

Fahrozy, F. P. N., Iskandar, S., Abidin, Y., & Sari, M. Z. (2022). Upaya Pembelajaran Abad 19-20 dan Pembelajaran Abad 21 di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 3093–3101.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 3222–3229.

Fitrianingtyas, A., & Radia, A. H. (2017). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model discovery learning siswa kelas iv SDN Gedanganak 02. Mitra Pendidikan, 1(6), 708–720. https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/141/65

Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Belajar. In Jakarta : Kencana (1st ed.). Kencana.

Jannah, M., & Basit, A. (2019). Penerapan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe assure dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(6), 1139–1148. file:///D:/BACKUP DATA C/Downloads/214-Article Text-587-1-10-20201024.pdf

Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Pneumatik Di Smk. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 136–144. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.10443

Lailiyah, F., & Istianah, F. (2020). Pengembangan media komik siklus air untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1).

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174.

Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Bumi Aksara.

Mutiara, A., Wagiran, W., & Pristiwati, R. (2022). Pengembangan Buku Pengayaan Elektronik Cerita Fabel Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Elemen Gotong Royong Sebagai Media Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2419–2429.

Nabillah Tasya & Abadi Agung Prasetyo. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60–64.

Ngimadudin, N. (2021). Lokal Wisdom Sebagai Basis Pendidikan Bangsa. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 3(2), 221–230.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar statistik penelitian. Sibuku Media.

Prabowo, D. M. (2019). Pegembangan Media Diorama 3 Dimensi Dalam Pembelajaran Ipa Materi Ekosistem Kelas V. Joyful Learning Journal, 6(4), 234–242. https://doi.org/10.15294/jlj.v6i4.17008

Putra, I. K. D., & Suniasih, N. W. (2021). Media Diorama Materi Siklus Air pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 238. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32878

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rahayuningsing. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187.

Ristek, K. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108.

Robbayani, A., & Sulistinah, M. P. (2016). Pengembangan Media Diorama Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Perairan Laut Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Iis Di Man Tempursari Ngawi Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Swara Bhumi, 1(02), 28–37.

Sari, N. K., & Puspita, L. D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(1), 257–266. https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.182

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Syafi’i, F. F. (2022). Merdeka belajar: sekolah penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Tutuk Ningsih. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter. In STAIN Press (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/10.32678/qathruna.v7i1.3030

Widiyono, A. (2021a). Kajian MBKM Sebagai Upaya Pengembangan Karakter Berdasarkan Pandangan Ki Hajar Dewantara. In A. Rozi (Ed.), Kampus merdeka & inovasi pendidikan : peluang dan tantangan di era 4.0 (1st ed., pp. 107–118). Desanta Muliavisitama. https://drive.google.com/file/d/1gVmFQMQuC2tC9T9uI91a_Ukeqj9m-7rd/view?usp=sharing

Widiyono, A. (2021b). Penerapan Model Pembelajaran Quantum teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 183–193.

Widiyono, A. (2021c). Pengaruh Penggunaan LMS dan Aplikasi Telegram terhadap Aktivitas Belajar The Effect of Using LMS and Telegram on Students ’ Learning Activities. 14(1), 91–101.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aan Widiyono, Joko Minardi, Latifah Nuraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: