PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS FLIPBOOK PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk dan mengukur kualitas produk tersebut. Produk tersebut adalah bahan ajar berbasis flipbook pada materi kalor dan perpindahannya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development). Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMPN 14 Jember kelas VII semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, rubrik, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil wawancara dengan guru IPA di SMPN 14 Jember dalam proses pembelajaran hanya menerapkan penggunaan bahan ajar berupa LKS dan buku paket. Selama kegiatan pembelajaran siswa cenderung tidak memperhatikan guru sehingga pembelajaran berlangsung tidak kondusif.Adapun hasil pengembangan bahan ajar berbasis flipbook yaitu dari data validitas bahan ajar berbasis flipbook pada materi kalor dan perpindahan mendapatkan hasil 93% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi sebagai bahan ajar berbasis flipbook pada materi kalor dan perpindahannya. Hasil kepraktisan penggunaan bahan ajar berbasis flipbook pada materi kalor dan perpindahannya memperoleh 91% yang tergolong dalam kategori sangat praktis. Hasil analisis tersebut memenuhi kriteria sebagai bahan ajar yang layak digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP. Hasil keefektifan bahan ajar berbasis flipbook pada materi kalor dan perpindahannya menunjukkan skor rata-rata nilai N-gain pada masing-masing aspek mengalami peningkatan.
Abstract: The purpose of this research is to produce products and measure the quality of these products. The product is a flipbook-based teaching material on heat and its displacement material to improve students' communication skills. This type of research is development research or R&D (Research and Development). The subjects in this study were students of class VII SMPN 14 Jember in the odd semester of the 2022/2023 academic year. The model used in this study is the ADDIE model with 5 stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Data collection techniques using questionnaires, rubrics, interviews, observation, and documentation. The results of interviews with science teachers at SMPN 14 Jember in the learning process only apply the use of teaching materials in the form of worksheets and textbooks. During learning activities students tend not to pay attention to the teacher so that learning takes place is not conducive. As for the results of the development of flipbook-based teaching materials, namely from the validity data of flipbook-based teaching materials on heat and displacement materials, the results were 93% with a very valid category and can be used without revision as flipbook-based teaching materials on heat and displacement materials. The results of the practicality of using flipbook-based teaching materials on heat and displacement materials obtained 91% which belong to the very practical category. The results of this analysis meet the criteria as teaching materials that are suitable for use in learning science in junior high schools. The results of the effectiveness of flipbook-based teaching materials on heat and displacement material show that the average N-gain score for each aspect has increased.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, A. (2004). Teknik Belajar Yang Efektif. PT Rineka Cipta.
Ain, T. N. 2012. Pemanfaatan visualisasi video percobaan gravity current untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika pada materi tekanan hidrostatis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 2(2): 97-102 https://core.ac.uk/download/pdf/230669984.pdf
Akbar, S dan H. Sriwiyana. (2012). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.
Andayani, Y., N. Sridana, Kosim, D. Setiadi, dan G. Hadiprayitno. (2019). Harapan dan tantangan implementasi pembelajaran IPA dalam konteks kompetensi keterampilan abad 21 di sekolah menengah pertama. Jurnal Edukasi Sumba (JES). 3(2): 53-60. http://eprints.unram.ac.id/10958/
Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Atmajaya, D. (2017). Implementasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Interaktif. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(2), 227–232. https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i2.143.227-232
Azhar, F. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran interaktif pada mata kuliah teori dan praktik plumbing. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil. 7(2):95-104. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpensil/article/view/15340
Banjarani, M., J. Sulianto dan N, Cintang. (2018). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika kurikulum. 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan. 35(1): 61-70.
Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1317
Branch, R. M. (2009). Intructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.
Budiarso, A. S., Sutarto, S., Mahardika, I. K., Putra, P. D. A., Sari, D. N. I., & Laela, F. N. (2022). Validitas dan kepraktisan model pembelajaran Contextual Analysis of Science and Laboratory Problems (CANLABS) pada pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 94–102. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.1069
Budiarso, A. S. (2017). Analisis validitas perangkat pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing untuk meningkatkkan hasil belajar siswa SMA pada materi listrik dinamis. Jurnal Edukasi. 4(2):15-20. https://scienceedujournal.org/index.php/PSEJ/article/view/126/92
Demirci, C dan E. Yavaslar. (2018). Active learning: Let’s make them a song. Cypriot Journal of Educational Sciences. 13(3):288-298.https://doi.org/10.18844/cjes.v13i3.3199
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six thousand student survey of mechanics test data for introductory physisc courses. American Journal of Physics. 66(1): 64-74.
Indraswati, D., Widodo, A., Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Erfan, M. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak Dan Keluarga Di Sdn 2 Hegarsari, Sdn Kaligintung, Dan Sdn 1 Sangkawana. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 7(01), 51–62. https://doi.org/10.21009/jkkp.071.05
Kusumam, A., Mukhidin, dan B. Hasan. (2016) . Pengembangan bahan ajar mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik untuk sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(23): 28–39. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9352
Mayshandy, M. F., I. K. Mahardika, dan A. S. Budiarso. (2021). Pengaruh model problem based learning disertai peta konsep terhadap motivasi belajar siswa SMP kelas VII materi pemanasan global. Bioilmi: Jurnal Pendidikan. 7(11): 101-109. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/bioilmi/article/view/11516
Naila, N., A. Winarti, dan Mahdian. (2022). Pengembangan media pembelajaran komik kimia bermuatan literasi sains untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 13(1). https://repo-dosen.ulm.ac.id/handle/123456789/24697.
Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Dalam Design Approaches and Tools in Education and Training. Editor J. van den Akker, R.M. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen, & T. Plomp. Boston: Kluwer Academic.
Nurhayati, E. V., N. Yasir., dan Ernawalis. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran IPA berbasis biodiversitas untuk meningkatkan literasi sains dan hasil belajar IPS siswa SMP kelas VII SMP Negeri1 Lembang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). 1(1): 28-35. http://repository.um.ac.id/63193/
Prabowo, S. A. (2015). The effectiveness of scientific based learning towards science process skill mastery of PGSD students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1), 15–19. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i1.3495
Prayogi, R. D., Estetika, R., Pascasarjana, S., & Surakarta, U. M. (2019). KECAKAPAN ABAD 21 : KOMPETENSI DIGITAL PENDIDIK MASA. 14(2), 144–151. https://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/view/9486/5193
Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran berbasis proyek membuat ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk meningkatkan academic skill pada mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 231-238. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/548
Rawa., N. R, I. Niftalia, dan I. G. Widiastika. Pengembangan bahan ajar matematika model inquiry learning berbantuan phet simulation untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP. (2018). Jurnal Ilmiah Pendidikan. 5(2): 44-57. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/2
Ressysta, Y., Syuhendri, S, dan Nelu, A. (2015) Analisis pemahaman konsep siswa SMA Negeri Sekecamatan Ilir Barat I Palembang pada materi suhu dan kalor dengan instrumen TTCI dan CRI. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. ISSN: 2355 – 7109. 1-13. https://repository.unsri.ac.id/24193/
Riduwan. (2012). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sijaya, Ibrahim, J. P. F. U. M. M., & Peranan, yani amad, M. (2015). Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Peranan Media Presentase Interaktif Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas X SMA Islam Darussalam. Jurnal Pendidikan Fisika, 4, 328–341. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/download/331/305
Simanjuntak, S. D dan Imelda. (2018). Respon siswa terhadap pembelajaran matematika realistic dengan konteks budaya batak toba. Journal of Mathematics Education and Science. 4(1): 81-88.https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/874
Wahyudi, B. S. (2014). Pengembangan bahan ajar berbasis model problem based learning pada pokok bahasan pencemaran lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X SMA Negeri Grujugan Bondowoso. Pancaran, 3(3): 83–92. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3967
Wahyuni, S. (2015). Pengembangan bahan ajar IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika. 6(1).
Widjaja. (2019). Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Publisher.
Wisman, Y. (2017). Komunikasi efektif dalam dunia pendidikan. Jurnal Nomosleca. 3(2): 646–654. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i2.2039
Wijayanti, R. 2019. Pengembangan bahan ajar berbasis komunikasi visual materi panas dan perpindahannya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.19(8):1.808-1.818.https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15430
Wulandari, N. I., A. Wijayanti, dan Budhi, W. (2018). Efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar ipa ditinjau dari kemampuan berkomunikasi siswa. Jurnal Pijar MIPA. 13(1): 51-55. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/538
Yusefni, W dan Sriyati. 2016. Pembelajaran IPA terpadu menggunakan pendekatan science writing heuristic untuk meningkatkan kemampuan komunikasi tulisan siswa SMP. Edusains. 8(1): 9-17.
DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i3.15085
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ayu Nor Fadila, Sri Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
..
EDITORIAL OFFICE: