PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI PERNING

Nova Auliatu Zuhro, Vanda Rezania

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh implementasi strategi pembelajaran everyone is teacher in here berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Perning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain dalam penelitian ini menggunakan pre-experimental design dalam bentuk one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis data terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diimplementasikannya strategi pembelajaran everyone is teacher in here berbantuan media mind mapping pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri Perning. Dengan menggunakan rumus uji t pada hasil analisis statistik inferensial, dapat diketahui bahwa nilai tHitung = 9,75 dengan frekuensi (dk) sebesar 33 – 1 = 32, berdasarkan taraf signifikansi 0,05 maka didapatkan tTabel = 2,037. Sehingga jika tHitung ˃ tTabel  pada taraf signifikansi 0,05, maka hipotesis nol (H0) dapat dikatakan ditolak dan sedangkan hipotesis alternatif (H1) dikatakan diterima. Hal tersebut memiliki makna bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diimplementasikannya strategi pembelajaran everyone is teacher in here berbantuan media mind mapping pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri Perning.

Abstract:  This study aims to determine how much influence the implementation of the everyone is teacher in here learning strategy assisted by mind mapping media has on the learning outcomes of fourth grade students at SD Negeri Perning in the subject of Natural and Social Sciences. The research method used is an experimental method with a quantitative approach. The design in this study used a pre-experimental design in the form of a one group pretest-posttest design. Based on the results of data analysis, there was a significant difference between before and after the implementation of the everyone is teacher in here learning strategy assisted by mind mapping media in class IV Science Science at SD Negeri Perning. By using the t test formula on the results of inferential statistical analysis, it can be seen that the value of tCount = 9.75 with a frequency (dk) of 33 – 1 = 32, based on a significance level of 0.05, it is obtained tTable = 2.037. So if tCount ˃ tTable at a significance level of 0.05, then the null hypothesis (H0) can be said to be rejected and the alternative hypothesis (H1) can be said to be accepted. This means that there is a significant difference between before and after the implementation of the everyone is teacher in here learning strategy assisted by mind mapping media in class IV Science subjects at SD Negeri Perning.

Keywords


strategi everyone is a teacher in here, mind mapping, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


A. Atmadi dan Y. Setyaningsi. (2000). Transformasi Pendidikan Memasuki Millenium Ketiga. Yogyakarta: Kanisius.

Amir, Mohammad Faizal and Sartika, Septi Budi (2017). Metodologi Penelitian Dasar Bidang Pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Ahmadiyanto. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 980-993., 6(2), 980–993. http://ppjp.ulm.ac.id/jpournal/index.php/pkn/article/view/2326/2034

Cantona, I. G. E., & Sudarma, I. K. (2020). Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. 3(2), 269–279.

Dimitrov, D. M., & Rumrill, P. D. (2003). Pretest-posttest designs and measurement of change. Work, 20(2), 159–165.

Gunawan, I., & Hasanah, H. (2019). Kuantitatif Imam Gunawan. At-Taqaddum, 8(1), 29.

Ir. Yendri Wirda, M. S. (Kontributor U., Ikhya Ulumudin, S.Pd., M. P. (Kontributor A., Ferdi Widiputera, S.E., M. E. (Kontributor A., Nur Listiawati, S.S., M. E. (Kontributor A., & Sisca Fujianita, S. P. (Kontributor A. (2020). No Title (P. Drs. Philip Suprastowo, P. D. Dra. Lucia Hermien Winingsih, M.A., & P. . Irsyad Zamjani (eds.)). Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kariadi, D., & Suprapto, W. (2018). Model Pembelajaran Active Learning Dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PKn. Educatio, 13(1), 11. https://doi.org/10.29408/edc.v12i1.838

Kristin, F. (2016). Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 2, Nomor 1, April 2016 Analisis Model Pembelajaran. 2(April).

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. 1, 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Margono. (n.d.). pembahasan , dapat diambil kesimpulan bahwa : Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam rangka mengetahui hubungan keterampilan pengutan verbal dan pengutan nonverbal dengan motivasi belajar siswa kelas V SD se- gugus II Kecamatan Kretek , m. 90–94.

Marlina, L., & Sholehun. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Unimuda.e-Journal.Id Pertama Kali Diindeks Oleh Google Pada January 2019, 66–74. https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/download/952/582

Mohammad Asrori. (2013). Pengertian, tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran. 50, 163–188.

Muizaddin, R., & Santoso, B. (2016). Model pembelajaran core sebagai sarana dalam meningkatan hasil belajar siswa ( Core learning model for improving student learning outcomes ). 1(1), 224–232.

Nurhuda, H., Tinggi, S., & Islam, A. (2022). Faktor Dan Solusi Yang Ditawarkan National Education Problems ; Factors And Solutions. 127–137.

Rusman. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi Berbasis Android saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6386

Samari. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru Penggerak dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. 2(3), 163–169. file:///C:/Users/ACER/Downloads/300-Article Text-2548-1-10-20220620.pdf

SANTOSO, T. B. (2018). (2013). Penerapan Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Berbantuan Kocok Sumpit Terhadap Kemampuan Komunikasi Matemati Siswa Pokok Bahasan Perbandingan. 1–7. http://repository.unissula.ac.id/11477/

Sibagariang, D., Sihotang, H., Murniarti, E., Smk, ), & Paramitha, P. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdpDOI:https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53

Sri Rejeki. (2014). Pengaruh Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Dengan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS Sma Negeri 1 Subah. In Perpustakaan.Upi.Edu.

Syaparuddin, Meldianus, & Elhami. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 31–42.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i3.16063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nova Auliatu Zuhro, Vanda Rezania

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: