UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL

Tasrini Dwi Lestari, Dian Mayasari, Juliana R Untajana

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas X  Campuran SMK Negeri 2 Pariwisata Merauke dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat aktivitas peserta didik meningkat dari 31% pada siklus 1 menjadi 62% pada siklus 2 dan 87% pada siklus 3. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran Probel Based Learning(PBL)  berbantu media audia visual dapat meningkatkan  hasil belajar peserta didik.

Abstract:  This study aims to improve the mathematics learning outcomes of students in class X Mixed SMK Negeri 2 Wisata Merauke by applying the Problem Based Learning (PBL) learning model assisted by audio-visual media. The research method used was Classroom Action Research (PTK) which was carried out in 3 cycles. The results showed that the average activity level of students increased from 31% in cycle 1 to 62% in cycle 2 and 87% in cycle 3. This shows that the Probel Based Learning (PBL) model assisted by audio-visual media can improve results. learn students.

Keywords


Hasil Belajar, Problem Based Learning, Model Pembelajaran, Audio Visual

Full Text:

PDF

References


Cahyo, R. N., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Basicedu, 2(1), 28–32. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.23

Cut Eka Parasamya, A. W. (2017). Upaya peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(1), 42–49.

Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Nonexample Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan. Taman Vokasi, 6(1), 98. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2866

Medriati, R. (2013). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Cahaya Kelas VII6 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Berbasis Laboratorium di SMPN 14 Kota Bengkulu. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung 2013, 131–139.

Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(4), 369–379. https://doi.org/10.1080/10889860091114220

Paloloang, M. F. B. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran Di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 69–82.

Pembelajaran, J., Inovatif, M., Anggraeni, Y., & Yuspriati, D. N. (2023). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Problem-Based Learning Kelas X SMA Karya. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2), 861–868. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.12444

Perdana, S. A., & Slameto. (2016). Penggunaan Metode Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Sebelas Maret, 4(2), 73–78.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Rahayu, R. M., & Bernard, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Melalui Pendekatan Problem-Based Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 567. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10235

Safitri, M., Yennita, & Idrus, I. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning ( PBL ) Pendahuluan Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara a. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 107.

Yuafian, R., & Astuti, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 17–24. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3216




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i3.16200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dian - Mayasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: