EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MAKET SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN ARSITEKTUR PADA KAJIAN FASAD DINAMIS
Abstract
Abstrak: Mata kuliah Advanced Environmental System merupakan mata kuliah pilihan yang menawarkan kompetensi lanjutan bagi mahasiswa untuk mempelajari topik tertentu dan penelitian yang lebih mendalam di bidang Ilmu Bangunan. Metode pembelajaran sebelum pandemi covid lebih banyak dilakukan melalui praktik/workshop. Kajian Fasad Dinamis merupakan salah satu topik mata kuliah yang menarik untuk dikaji dalam metode praktik dibandingkan dengan metode lainnya. Workshop Fasad Dinamis dirancang untuk durasi dua minggu. Metode pengumpulan data menggunakan data dokumen pembelajaran dan metode angket. Instrumen pengumpulan data berupa lembar kuisioner dan analisis data menggunakan teknik analisis deskrisptif kualitatif. Penelitian metode pembelajaran ini bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan penggunaan model maket melalui kegiatan workshop dengan topik Dynamic Facade, serta (2) mengetahui keefektifan metode workshop dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap topik pembelajaran. Penelitian menunjukkan bahwa desain kegiatan kuliah praktik atau workshop memudahkan mahasiswa dalam memahami topik Fasad Dinamis. Mahasiswa lebih memahami materi pembelajaran melalui kegiatan workshop ini. Pembelajaran dapat lebih kreatif, menarik, dan interaktif dengan menerapkan metode simulasi.
Abstract: The Advanced Environmental System course is an elective course that offers advanced competencies for students to study certain topics and more in-depth research in the field of Building Science. The learning method before the covid pandemic was mostly done through practice/workshops. The Study of Dynamic Facades is an interesting subject topic to study in practical methods compared to other methods. The Dynamic Facades Workshop is designed for a duration of two weeks. The data collection method uses learning document data and the questionnaire method. Data collection tools in the form of questionnaires and data analysis using descriptive qualitative analysis techniques. This learning method research aims (1) to determine the effectiveness of using mock-ups through workshop activities on the topic of Dynamic Facade, as well as (2) to determine the effectiveness of the workshop methods in increasing student understanding of learning topics. Research shows that the design of practical lectures or workshops makes it easier for students to understand the topic of Dynamic Facades. The students have better understanding in the learning material through this workshop activity. Learning can be more creative, interesting, and interactive by applying the simulation method.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmed, M. M. S., Abel-Rahman, A. K., Ali, A. H. H., & Suzuki, M. (2015). Double Skin Façade: The State of Art on Building Energy Efficiency. Journal of Clean Energy Technologies, 4(1), 84–89. https://doi.org/10.7763/jocet.2016.v4.258
Arina, D., Mujiwati, E. S., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pebelajaran. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(76), 168–175.
Awaru, A. O. T., & Agus Salim, A. R. (2021). Workshop Edukasi Microsoft Office 365 Dalam Upaya Optimalisasi Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(Vol 5, No 2 (2021): April), 478–490. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/4078/pdf%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4078/pdf
Boake, T. M., Harrison, K., Collins, D., Chatham, A., & Lee, R. (2003). Understanding the Principles of the Double Façade System Terri Meyer Boake BES B.Arch M.
Dewi, C. P., Huang, R.-Y., & Nugroho, A. M. (2013). Strategi Double Skin Fasade pada Bangunan Kampus National Central University dalam Menurunkan Kebutuhan Energi Pendinginan. Jurnal RUAS, 11(02), 51–59.
Herwina, W. (2021). Model-Model Pelatihan (T. B. Cendekia, Ed.; Pertama). CV. Bayfa Cendekia Indonesia.
Hidayatulloh, S., & Anisa. (2021). Kajian Prinsip Arsitektur Berkelanjutan Pada Bangunan Perkantoran (Studi Kasus: Menara Bca Jakarta). Media Matrasain, 18(1).
Kurnia, V., & Budiartati, E. (2017). Kompetensi Profesional Instruktur dalam Pencapaian Hard Skill Peserta Didik. Journal of Nonformal Education, 3(1), 21–27.
Kurniawan, H., Susanti, E., & Arriyani, N. (2021). Menjadi Guru Yang Siap di masa Pandemi Covid-19, Melalui Workshop Penggunaan Edmodo dan google classroom pada pembelajaran Daring. Publikasi Pendidikan, 11(1), 63. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i1.14427
Mauludi, A. F., Anisa, A., & Satwikasari, A. F. (2020). Kajian Prinsip Arsitektur Hijau pada Bangunan Perkantoran (Studi Kasus United Tractor Head Office dan Menara BCA). Sinektika: Jurnal Arsitektur, 17(2). https://doi.org/10.23917/sinektika.v17i2.11629
Miftahussa, A. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Web bagi Mahasiswa. 6356.
Nasir, O., & Kamal, M. A. (2023). An Appraisal of Double Skin Facade in Building Design: Architectural Intervention and Sustainability. International Journal Od Architecture and Urbanism, 07(01), 158–172.
Nisa, M., Bahar, A., Purwidiani, N., & Romadhoni, I. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Kompetensi Dasar Personal Hygiene di SMK Negeri 2 Ponorogo. 11(2), 89–97.
Pambudi, Moch. R., & Masruroh. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Spasial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(02), 161–165.
Pratama, R. I., & Shomedran. (2023). Pengembangan Media Informasi Berbasis Web Blog pada Laboratorium Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Sriwijaya. Pasdagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(01), 7–16.
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori & Praktek.
Reinita, & Fitria, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Vidio Animasi dengan Aplikasi Adobe After Effect. 6356, 2020–2023.
Richey, R. C., & Klein, J. D. (2009). Design and Development Research (Vol. 01).
Rizky, M. R. F., & Marhaeni, N. H. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Mathapp untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(03), 207–212.
Setiana, S., Nurhidayati, & Ngazizah, N. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Open Ended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SDN Sidototo. Aedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(02), 195–201.
Shameri, M. A., Alghoul, M. A., Sopian, K., Zain, M. F. M., & Elayeb, O. (2011). Perspectives of double skin façade systems in buildings and energy saving. In Renewable and Sustainable Energy Reviews (Vol. 15, Issue 3, pp. 1468–1475). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.rser.2010.10.016
Yazdizad, A., Rezaei, F., & Faizi, F. (2014). Classification of Double Skin Façade and Their Function to Reduce Energy Consumption and create sustainability in Buildings. 2nd International Congress on Structure, Architecture and Urban Development, 16. https://www.researchgate.net/publication/293333056
DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i4.17048
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sita Yuliastuti Amijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
..
EDITORIAL OFFICE: