EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN LIFE SKILLS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 4 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efeketivitas penerapan pendekatan dalam pembelajaran terhadap hasil
belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran dengan pendekatan Life Skills dan siswa
yang diajar dengan menggunakan metode konvensional pada materi pokok Garis Singgung lingkaran kelas VIII di
SMP Negeri 4 Mataram, dan untuk mengetahui metode mana yang lebih baik untuk digunakan dalam
pembelajaran Matematika pada materi pokok garis singgung lingkaran. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII
semester II yang terdiri dari 8 kelas yaitu kelas , , , , , , !, ", dengan teknik
Purposive sampling dipilih kelas sebagai kelas kontrol dan kelas sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan
data dilakukan melalui tes hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis dengan
uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan Uji-T. Berdasarkan analisis data hasil belajar diperoleh ratarata
kelas ekperimen (58,90) lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol (51,25). Pada uji normalitas dan
homogenitas juga diketahui bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Setelah
dilakujan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 2,5483 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,994. Karena
thitung > ttabel maka H0 di tolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa kelas eksperimen
yang diajar dengan menggunakan motode pembelajaran dengan pendekatan Life Skills dan siswa yang diajar
dengan menggunkan metode pembelajaran konvensional. di mana, hasil belajar siswa yang diajar dengan metode
pembelajaran dengan pendekatan Life Skills lebih daik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode
pembelajaran konvensional.
belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran dengan pendekatan Life Skills dan siswa
yang diajar dengan menggunakan metode konvensional pada materi pokok Garis Singgung lingkaran kelas VIII di
SMP Negeri 4 Mataram, dan untuk mengetahui metode mana yang lebih baik untuk digunakan dalam
pembelajaran Matematika pada materi pokok garis singgung lingkaran. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII
semester II yang terdiri dari 8 kelas yaitu kelas , , , , , , !, ", dengan teknik
Purposive sampling dipilih kelas sebagai kelas kontrol dan kelas sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan
data dilakukan melalui tes hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis dengan
uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan Uji-T. Berdasarkan analisis data hasil belajar diperoleh ratarata
kelas ekperimen (58,90) lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol (51,25). Pada uji normalitas dan
homogenitas juga diketahui bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Setelah
dilakujan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 2,5483 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,994. Karena
thitung > ttabel maka H0 di tolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa kelas eksperimen
yang diajar dengan menggunakan motode pembelajaran dengan pendekatan Life Skills dan siswa yang diajar
dengan menggunkan metode pembelajaran konvensional. di mana, hasil belajar siswa yang diajar dengan metode
pembelajaran dengan pendekatan Life Skills lebih daik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode
pembelajaran konvensional.
Keywords
Metode pembelajaran dengan pendekatan Life Skills, metode konvensional, hasil belajar, Garis singgung lingkaran
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v6i2.172
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
..
EDITORIAL OFFICE: