PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI GAMIFICATION LEARNING: PENERAPAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATERI MITIGASI BENCANA

Andrian Kaspari, Heni Masruroh

Abstract


Abstrak: Hasil belajar kognitif memiliki peran penting dalam pembelajaran. Pemilihan metode dan media yang tepat sangat mempengaruhi perkembangan hasil belajar kognitif. Rendahnnya nilai hasil belajar kognitif disebabkan karena pemilihan model dan media yang tidak tepat. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik melalui penerapan model TGT terintegrasi dengan uno stacko dalam materi mitigasi bencana. Jenis penelitian ini yaitu PTK atau penelitian tindakan kelas yang menggunakan tipe partisipan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus utama dengan alur identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan dilanjutkan refleksi pada tiap siklus. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 2 di SMA Ma’arif Lawang dengan total 25 peserta didik. teknik penghimpunan data menggunakan  instrumen soal dengan rincian 10 soal pilihan ganda dan 5 esai. Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan rata-rata, persentase kenaikan serta pembobotan skor dan disajikan dalam bentuk analisis deksriptif. Hasil penelitian ditemukan bahwa implementasi model pembelajaran TGT dengan diintegrasikan uno stacko mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa secara signifikan pada siklus 1 dan kembali memperoleh kenaikan pada siklus 2. Hal ini diibuktikan dengan kenaikan nilai hasil belajar dari pra siklus dengan nilai 56,16 ke siklus 1 menjadi 69,28 atau mengalami peningkatan sebesar  23% dan siklus 1 dengan nilai 69,28 ke siklus 2 yang berhasil memperoleh nilai 76 atau meningkat sebesar 10%. Dengan demkian, model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan uno stacko mampu memberikan peningkatan pada hasil belajar kognitif bagi peserta didik.

Abstract:  Abstract:  Cognitive learning outcomes have an important role in learning. The selection of appropriate methods and media greatly influences the development of cognitive learning outcomes. The low value of cognitive learning outcomes is caused by improper selection of models and media. This study aims to provide improved cognitive learning outcomes of learners through the application of the TGT model integrated with uno stacko in disaster mitigation materials. This type of research is PTK or classroom action research that uses participant types. This research consists of 2 main cycles with the flow of problem identification, planning, implementation, observation and continued reflection on each cycle. The research subjects in this study were class XI Social Studies 2 at SMA Ma'arif Lawang with a total of 25 students. The data collection technique uses a question instrument with details of 10 multiple-choice questions and 5 essays. Data analysis techniques are carried out by averaging, percentage increase and weighting scores and presented in the form of descriptive analysis. The results of the study found that the implementation of the TGT learning model with integrated uno stacko was able to significantly improve students' cognitive learning outcomes in cycle 1 and again gain an increase in cycle 2. This is evidenced by the increase in the value of learning outcomes from pre-cycle with a value of 56.16 to cycle 1 to 69.28 or an increase of 23% and cycle 1 with a value of 69.28 to cycle 2 which managed to obtain a value of 76 or an increase of 10%. Thus, the Team Games Tournament (TGT) learning model assisted by uno stacko is able to provide improvements in cognitive learning outcomes for students.

Keywords


Hasil belajar kognitif; Team games tournament; mitigasi bencana

Full Text:

PDF

References


Ahmad Ali Nurdin, Aprillia Eka Saptaningrum, & Heny Kusmawati. (2023). Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah. Journal of Student Research, 1(1). https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.986

Andrinata, Sumarmi, & I Komang Astina. (2016). Pengembangan Modul Geografi Pariwisata Berbasis Paket Wisata Pulau Lombok Sebagai Upaya Memupuk Rasa Cinta Tanah Air Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10).

Annisa, & Sholeha, D. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1).

Arizka, N., & Khairuna, K. (2022). The effect of the team games tournament learning model assisted by question card media on student learning outcomes. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.20527/bino.v4i3.13874

Bayu Adi Nugraha, Sumarmi, P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament TerhadapMotivasi Belajar Geografi siswa kelas X SMAN 10 Malang. Media Komunikasi Geografi, 17.

Darmi, D. (2022). Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam di Kelas XI IPS-4 SMAN 4 Kota Bima Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2(1). https://doi.org/10.53299/jppi.v2i1.166

Dewi, R. K. (2021). Analisis Karakteristik Siswa Untuk Mencapai Pembelajaran yang Bermakna. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 5(2). https://doi.org/10.31537/ej.v5i2.525

Endang, E., Eraku, S. S., & Lihawa, F. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Team Games Tournament Di Integrasikan Dengan STAD Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jambura Geo Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.34312/jgej.v1i2.7119

Faris, A., Pribadi, T. A., & HB, F. P. M. (2018). The Effectiveness of Teams Games Tournament with Biodomino on Ecosystem Material to Enhance Student’s Activity and Learning Outcomes in SMAN 2 Salatiga. Journal of Biology Education, 7(2). https://doi.org/10.15294/jbe.v7i2.24268

Fatimah, C., & Puspaningtyas, N. D. (2022). Studi Literatur: Kejenuhan Belajar Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1).

Handayani, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournament) Dengan Media Kartu Domino Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Muntilan Influence Learning Cooperative Type TGT (TEAMS Game Tournament) Used Domino Card Media To Student’s Geography Lesson Result Ten Grade Muntilan Senior High School.

Hendaryati, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan Melalui Team Games Tournament Learning (Uno Stacko Challenge). PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 7(1). https://doi.org/10.24127/pro.v7i1.2034

Henny, H., Pandulidinillah, P., & Bachri, A. S. B. S. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Keterampilan Sosial Dalam Materi Ketenagakerjaan Pada Kelas XI IPS 5 SMAN 11 Bandung. Jurnal Garda Guru, 1(2).

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. In The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2

Kosidin, O. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Online Kahoot Dalam Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Turnament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Materi Hak Asasi Manusia Dalam Pancasila Pada Mata Pelajaran PPKN. Civics Education And Social Science Journal (CESSJ), 1(2). https://doi.org/10.32585/cessj.v1i2.756

Kumala, S. A., Sumarni, R. A., & Widiyatun, F.-. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Uno Stacko Pada Materi Fisika Kelas X. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 2(1). https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i1.269

Laili, I., Dayati, U., & Rochmadi, N. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Ranking One Civic Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1). https://doi.org/10.17977/um019v6i1p120-128

Larasati, M. S., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran USH (UNO STACKO HITUNG). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v6i2.5679

Lazim, N., Zulkifli, & Rima. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IVC Sekolah Dasar Negeri 108 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v3i1.2112

Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20821

Munawaroh, S., Nuswowati, M., Eko, D., & Susatyo, B. (2016). Pengaruh Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(1).

Nggadi, T. M., Makaborang, Y., & Ndjoeroemana, Y. (2023). Implementation Of The Tgt Cooperative Learning Model With The Assistance Of Animation Video Media To Improve Students’ Learning Outcomes Of Class VIIIE SMPN1 Waingapu. Jurnal Eduscience, 10(2). https://doi.org/10.36987/jes.v10i2.4272

Nihayah, U. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Metode Question Student Have Dan Metode Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Pokok Hidrosfer Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Nahdlatusy Syubban Jepara. Jurnal Geografi, 12(2).

Nirwana, N. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Simulasi Berbantuan Permainan Geo Explore pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6Kerinci. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(2). https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i2.336

Nuraida Ida. (2021). Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IIS 3 SMA Negeri 1 Telagasari Pada Mata Pelajaran Geografi. Social: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(2).

Nurpriatna, A., Rustandi, N., & Ridwan, W. (2021). Penerapan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Kontruktivisme Dalam Pemebelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Penelitian di Madrasah Aliyah Muslimin Jaya Cimenteng Sukabumi). Rayah Al-Islam, 5(01). https://doi.org/10.37274/rais.v5i01.712

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2).

Prihatini, E. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1831

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1). https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Putri, N. U., Jayadi, A., Sembiring, J. P., Adrian, Q. J., Pratiwi, D., Darmawan, O. A., Nugroho, F. A., Ardiantoro, N. F., Sudana, I. W., & Ikhsan, U. N. (2022). Pelatihan Mitigasi Bencana Bagi Siswa/Siswi Mas Baitussalam Miftahul Jannah Lampung Tengah. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2). https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2201

Rahmawati, A., Abdi, A. W., & Bardi, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament menggunakan Media Permainan Interaktif Ludo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Inshafuddin Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Unsyiah, 1(1).

Rizkasari, E., Rahman, I. H., & Aji, P. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2 SE-Articles of Research).

Sari, A. D. C., & Supardi, K. I. (2013). Pengaruh Model Team Games Tournament Media Tournament-Question Cards Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon.

Sukenda Egok, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6.

Susantyo, M. I. A. N., Sahrina, A., Soekamto, H., & Bachri, S. (2023). Media Video Blogging pada Microlearning Materi Mitigasi Bencana. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1). https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59677

Tora, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Marisa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1). https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.375-380.2022

Triani, F., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2022). Meta Analisis Pengaruh Penerapan Stem Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1). https://doi.org/10.36706/jipf.v9i1.16507

Utami, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Minat Belajar Geografi Siswa SMA. JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 3(2). https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i2.2597

Wahdaniyah, Chumdari, & MIsmailS. (2015). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Anak Kelompok A TK Siwi Peni XI Tahun Pelajaran 2013/2014.

Wulandari, R., Timara, A., Sulistri, E., & Sumarli, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SD. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2). https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5173

Zulfiya, I., Sumarmi, S., Wagistina, S., & Rosyida, F. (2023). Pengembangan bahan ajar digital berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) pada sub materi mitigasi bencana alam di Indonesia. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(8). https://doi.org/10.17977/um063v3i8p828-848




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i2.20743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Andrian Kaspari, Heni Masruroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: