PENGEMBANGAN METODE ADDIE PADA BUKU AJAR GENERAL ENGLISH
Abstract
Abstrak: Pilihan tepat yang berdasarkan kebutuhan akan suatu media ajar dalam hal ini buku ajar akan menjadikan media tersebut menjadi sangat penting untuk dimanfaatkan. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah buku ajar Bahasa Inggris Vokasi yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa vokasi dan tervalidasi dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahapan yang harus dilakukan yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil validasi dari ahli terhadap buku ajar ini dinilai melalui 3 penilaian. Yakni penilaian terkait isi buku ajar, media pembelajaran, dan desain pembelajaran. Ketiga penilaian tersebut termasuk kedalam kategori setuju.Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata 0,80 pada isi, 075 pada media pembelajaran, dan 0,68 untuk desain pembelajaran. Ini berarti buku ajar yang dikembangkan memiliki kualifikasi yang baik.
Abstract: The right choice based on the need for a teaching media, in this case textbooks, will make this media very important to use. For this reason, the aim of this research is to produce a Vocational English textbook that suits the needs of vocational students and is well validated. The method used in this research is the ADDIE model development method. The ADDIE model consists of 5 stages that must be carried out, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results of expert validation of this textbook were assessed through 3 assessments. Namely assessments related to textbook content, learning media, and learning design. These three assessments fall into the agree category. This is indicated by an average score of 0.80 for content, 075 for learning media, and 0.68 for learning design. This means that the textbooks developed have good qualifications.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alzaber, A., Suripah, S., & Susanti, W. D. (2021). Pengembangan Buku Ajar untuk Memfasilitasi Perkuliahan Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika (DPPM). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2291–2303. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/4131
Angko, N., & PPs, M. T. P. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model Addie Untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 Sds Mawar Sharon Surabaya. Jurnal KWANGSAN Vol. I-Nomor.
Anri, M. J., & Soebagyo, J. (2021). Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbasis Matematika Terapan Pada Materi Trigonometri untuk Peserta Didik SMK Kelas X. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2666–2677. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V5I3.902
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.
Fatmawati, A. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran konsep pencemaran lingkungan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah untuk SMA kelas X. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 4(2).
Habibi, M. W., Suarsini, E., & Amin, M. (2016). Pengembangan Buku Ajar Matakuliah Mikrobiologi Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 890–900.
Juliana, K., Amin, M., & Suarsini, E. (2016). Pengembangan buku ajar matakuliah biologi sel dengan pendekatan bioinformatika untuk mahasiswa s1 pendidikan biologi universitas negeri malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1677–1683.
Mubaroh, S., & Fujiyanti, L. (2022). Need Analysis on the Development of Polytechnic English Textbook. Linguistic, English Education and Art (LEEA) Journal, 5(2), 153–161. https://doi.org/10.31539/LEEA.V5I2.3195
Nuryanto;, E. M. A. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan / Endang Mulyatiningsih. //senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=11121&keywords=
Oktarin, I., Edistianda Eka Saputri, M., & Gentiaras Bandar Lampung, S. (2019). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Ingggris Bagi Mahasiswa Ekonomi. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 12(2), 140–145. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jtp/article/view/15228
Piskurich, G. M. (2015). Rapid Instructional Design: Learning ID Fast and Right - George M. Piskurich - Google Books. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=CyDiBQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA286&dq=Piskurich,+G.+M.+(2015).+Rapid+Instructinal+Design:+Learn+ID+fast+and+right.+Hoboken,+NJ:+John+Wiley++%26+Son.&ots=yciKI74kxC&sig=QegQLwXjAc5KXVkXF6-14Bj-u0Q&redir_esc=y#v=onepa
Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. DIVA press.
Rohmah, D. F., Hariyono, H., & Sudarmiatin, S. (2017). Pengembangan Buku Ajar IPS SD Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 719–723. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9200
Saifudin, A., & Mubarok, T. A. (2020). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Writing Berbasis Media Sosial Storybird di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(4), 762–768. http://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/550
Solehun, S. (2017). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia Berorientasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa S1 PGSD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 329–338. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/1647/1092
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Suratno, S., Narulita, E., & Luthfia, S. (2018). Pengembangan Buku Siswa Berbasis Kontekstual Bermuatan Nilai-Nilai Agama Islam Pada Materi Bioteknologi Kelas XII SMA/MA. Jurnal Edukasi, 5(1), 45–48. https://doi.org/10.19184/JUKASI.V5I1.8374
Suttrisno, S., & Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) Untuk Siswa Kelas Awal. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 83–91. https://doi.org/10.21093/TWT.V8I2.3303
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). Pengembangan buku ajar model penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Seminar Nasional Riset Inovatif IV, 208.
Umarella, S., Saimima, M. S., & Husein, S. (2018). Urgensi Media Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal IAIN Ambon, 1.
DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i2.20754
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sari Mubaroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
..
EDITORIAL OFFICE: