REVOLUSI PENDIDIKAN: MENGOPTIMALKAN MANAJEMEN TERINTEGRASI TEKNOLOGI UNTUK MASA DEPAN BELAJAR

Moh. Rofiki

Abstract


Abstrak: Pendidikan telah memainkan peran penting dalam evolusi manusia. Dengan kemajuan teknologi yang pesat, revolusi pendidikan menjadi penting untuk mempersiapkan generasi mendatang. Penelitian ini merupakan penelitian campuran dengan metode penelitian memanfaatkan observasi, wawancara, dan kerangka alur teknologi untuk mengumpulkan data, menganalisis, dan menginterpretasikan informasi untuk mempelajari subjek atau fenomena yang diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian interdisipliner, kolaborasi manajemen pendidikan yang terintegrasi sehingga terwujud teknologi dalam revolusi pendidikan. Adapun informan dalam penelitian ini terdiri dari guru, siswa dan karyawan atau tenaga kependidikan. Tahapan penelitian terdiri dari penelitian awal, pengumpulan data, analisis dokumen, implementasi hasil rancangan, pengujian sistem, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahawa hasil uji coba aplikasi menggunakan skala Likert menunjukkan angka 91,8% dalam kategori "Sangat Baik". Ini menandakan bahwa mayoritas pengguna memberikan penilaian positif terhadap aplikasi yang kami kembangkan. Dengan menggunakan teknologi untuk memimpin revolusi pendidikan, siswa dan evaluasi mereka dipersiapkan untuk generasi berikutnya.

Abstract:  Education has played an important role in human evolution. With the rapid advancement of technology, revolutionizing education has become essential to preparing future generations. This is mixed-method research utilizing observations, interviews, and technological frameworks to collect data, analyze, and interpret information to study the subject or phenomenon under study. This research is an interdisciplinary, integrated education management collaboration so as to realize technology in the education revolution. The informants in this study consisted of teachers, students and employees or education personnel. The research stages consist of initial research, data collection, document analysis, implementation of design results, system testing, and conclusions. The results showed that the results of the application trial using a Likert scale showed 91.8% in the "very good" category. This indicates that the majority of users give a positive assessment of the application we developed. By using technology to lead the education revolution, students and their evaluations are prepared for the next generation.


Keywords


Integrasi teknologi; Kehadiran Masa Depan Belajar; Penilaian Revolusi pendidikan

Full Text:

PDF

References


Adha, L. A. (2020). Digitalisasi Industri dan Pengaruhnya Terhadap Ketenagakerjaan dan Hubungan Kerja di Indonesia. Jurnal Kompilasi Hukum, 5(2), 267–298.

Agung, J. (2021). Pembangunan Sistem Informasi Analisis Kualitas Layanan Akademik di SMK Teknologi Yayasan Pendidikan Lirik dengan Pendekatan CRM. Universitas Komputer Indonesia.

Aliyyah, R. R., Humaira, M. A., Ulfah, S. W., & Ichsan, M. (2020). Guru Berprestasi: Penguatan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sosial Humaniora, 11(1), 59–64.

Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68–82.

Azizah, N., Zakariah, A., & Novita, N. (2023). Penerapan Fungsi Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Era Gen Z. Ihsanika: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4), 225–230.

Febrianti, I., Tuffahati, J., Rifai, A., Affandi, R. H., Pradita, S., Akmalia, R., & Siahaan, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dalam Manajemen Perencanaan Pendidikan untuk Meningkatkan Efisiensi Pendidikan. Academy of Education Journal, 14(2), 506–522.

Hapsari, D. B., Riswana, H. A., Aditya, W. P., & Maulidia, W. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Materi Hitung Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah dan Karya Mahasiswa, 1(3), 325–339.

Kusumawati, I., Lestari, N. C., Sihombing, C., Purnawanti, F., Soemarsono, D. W. P., Kamadi, L., Latuheru, R. V., & Hanafi, S. (2023). Pengantar Pendidikan. Cv Rey Media Grafika.

Liriwati, F. Y. (2023a). Revolusi Digital dan Merdeka Belajar: Meningkatkan Daya Saing Siswa di Era Teknologi. Journal Innovation in Education, 1(3), 221–231.

Liriwati, F. Y. (2023b). Transformasi Kurikulum; Kecerdasan Buatan untuk Membangun Pendidikan yang Relevan di Masa Depan. Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 62–71.

Mustari, M. (2023). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Manajemen Pendidikan. Sunan Gunung Djati Publishing.

Nisa, S. S. F. (2022). Sains, Agama dan Paradigma Manusia di Era Disrupsi Digital: Analisis Tipologi Ian G Barbour. Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 4(1), 286–291.

Oktavianus, A. J. E., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pembelajaran dan Asesmen di Era Digitalisasi. Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi, 5(2), 473–486.

Rahayu, A. P. (2023). Meraih Puncak Prestasi: Perangkat Pembelajaran yang Tepat Sebagai Kunci Keberhasilan Siswa.

Rani, P. R. P. N., Asbari, M., Ananta, V. D., & Alim, I. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pembelajaran yang Relevan, Sederhana, dan Fleksibel. Journal of Information Systems and Management (Jisma), 2(6), 78–84.

Rombe, R., Rani, R., Nurlita, N., & Parinding, J. F. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(6), 541–554.

Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan: Implikasi dalam Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.

Susilo, D., Syahputra, F. H., & Anwariningsih, S. H. (2019). Sistem Informasi Manajemen Surat Pada SMK Taruna Balen Bojonegoro dengan Menggunakan php dan mysql. JIMSTEK, 1.

Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645.

Vanchapo, A. R., Halik, A., Arifin, N. Y., Pahmi, P., & Prabowo, I. A. (2023). Pemanfaatan Media Youtube Channel Untuk Mendukung Pembelajaran Elektronik Learning pada Mata Kuliah Teknologi Pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2016–2025.

Wijaya, T. A., Menteng, C., Julianto, A., Surya, A., & Utami, E. (2021). Perancangan desain basis data sistem informasi geografis tanah penduduk dengan menerapkan model data relasional (studi kasus: desa tumbang mantuhe kabupaten gunung mas provinsi kalimantan tengah). Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 15(1), 72–81.

Yudista, A. (2022). Pembangunan Customer Relationship Management Untuk Perbaikan Kualitas Pelayanan Pada Pt. Anugrah Berkah Wisata. Universitas Komputer Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i2.20891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Moh. Rofiki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: