PERANCANGAN KOMIK EDUKASI BERBASIS WEBTOON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI KEUANGAN BAGI SISWA SMA

Putri Beny Mawarsih, Emanuella Christianti, Kisyani Laksono, Miftachul Amri

Abstract


Abstrak: Diperolehnya data mengenai banyaknya siswa SMA yang belum cukup mengetahui tentang literasi keuangan, sehingga muncullah inovasi untuk menggabungkan materi edukasi ke dalam media digital. Penelitian ini bertujuan untuk merancang komik edukasi sebagai media pembelajaran bagi siswa SMA. Penelitian yang dilakukan saat ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian terbagi menjadi dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Data sekunder merupakan data yang diperoleh secara tidak langsung oleh pengumpul data. Data primer dalam perancangan ini berupa survei berupa kuesioner kepada target audiens tentang komik mana yang populer dan menarik untuk dibaca. Kuesioner yang telah dibuat disebarkan melalui media sosial dengan menggunakan Google Form. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dan USP (Unique Selling Proposition). Hasil penelitian berupa perancangan komik edukasi berjudul “Cerita Artha”.

Abstract:  The research background is data obtained regarding the number of high school students who do not know enough about financial literacy, so innovations emerge to combine educational material into digital media. This research aims to design educational comics as a learning medium for high school students. The current research is using descriptive qualitative research methods. Research data is divided into two types, namely primary data and secondary data. Secondary data is data obtained indirectly by data collectors. The primary data in this design is a survey in the form of a questionnaire to the target audience about which comics are popular and interesting to read. The questionnaire that has been created is distributed via social media using Google Form. The data analysis technique used in the research is SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) analysis and USP (Unique Selling Proposition). The results of the research is the design of an educational comic called "Cerita Artha".

Keywords


Literasi keuangan; Komik edukasi; Webtoon; Media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ajiatmojo, A. A. N. S. (2021). Penggunaan E

Learning Pada Proses Pembelajaran Daring. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 229–235.

Anjarsari, W., Suchie, S., & Komaludin, D. (2021).

Implementasi Pembelajaran Online Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa.PRISMA, 10(2), 255–263.

Anti, S., Bahri, A., Nasir. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Edlink Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Di SMP Nasional Makassar. JPDP : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 2(2). 95-104

Ariesca, Y., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Berbasis Online Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat. Progres Pendidikan, 2(1), 20-25.

Febrina, L. (2017). Pengaruh minat baca cerpen terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X MAN 1 Padang. Menara Ilmu, 11(74), 1–8.

Fraczek, B. (2014). Main Purposes and Challenges in the Financial Education of Financial Consumers in the World. Journal of Economics & Management., 16.

Fuadah Hasanah, Ratih Purnamasari, S. S. L. (2023). “Pengembangan Bahan Ajar Komik Berbasis Webtoon Tema 8 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang Kelas III.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar., 08(02).

Hamidah, A. F. S. P. D. U. S. (2020). Bahan Ajar Berbasis Webtoon Dengan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Dasar Desain Grafis. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 01.(01).

Harismawan, W. (2020). Penggunaan Komik Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa SMA. Indonesian Journal of Instructional, 2(01), 44-45. https://doi.org/10.32585/ijimm.v2i1.634

Huston, S. J. (2010). Measuring financial literacy. The Journal of Consumer Affairs, 44(02), 296–312.

Keuangan., O. J. (2015). OJK Gelar Pasar Keuangan Rakyat di Medan. Siaran Pers Nomor SP-84/DKNS/OJK/10/2015

Kurniullah, A. Z., Simarmata, H. M. P., Sari, A. P., Sisca, S., Mardia, M., Lie, D., ... & Fajrillah, F. (2021). Kewirausahaan dan Bisnis.

Laili, A. P., Sabhan, S., & Hermawan, S. (2020). Keterampilan menulis cerpen berdasarkan komik webtoon siswa kelas IX-D MTSN 2 Kota Banjarmasin. LOCANA: Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa, 3(1), 10–21. http://103.81.100.242/index.php/locana/article/view/1111

Mandell, L. (2009a). Starting Younger: Evidence Supporting the Effectiveness of Personal Financial Education for Pre-High School Students. University of Washington and the Aspen.

Mandell, L. (2009b). The Impact of Financial Education in High School and College on Financial Literacy and Subsequent Financial Decision Making. Working Paper. University of Washington.

Nuratikah, N. (2018). Pengaruh penggunaan webtoon terhadap keterampilan menulis pantun. Pena Literasi, 1(2), 138–146.

Pujilestari, Y., & Susila, A. (2020). Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(2), 41–42. https://doi.org/10.21009/jimd.v19i02.14334

Rahmatunnisa, Sriyanti, Mufinah Bahfen, dan S. P. B. (2023). “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Webtoon Pada Mata Pelajaran IPA Materi Iklim, Musim, dan Cuaca”. In Jurnal Sinestesia. (Vol. 13, Issue 01). Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Siti Aliah, Zulfa Safira Firdausy, A. M. (2023). “Pengembangan Media Pembelajaran Webtoon untuk Menanamkan Sikap Toleransi di Sekolah Dasar”. In Journal of Educational and Language Research” (Vol. 02, Issue 06). Universitas Negeri Jakarta.

Suciarti. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-KOMIK Pada Mata Pelajaran IPA Materi Ekosistem di MTsN 1 Kota Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7171

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tia., A. (2016). “Pembaca Line Webtoon Indonesia Terbesar di Dunia.” https://hot.detik.com/art/d-3274551/pembaca-line-webtoon-indonesia-terbesar di-dunia

Widyasari, N., & Nurcahyani, A. (2021). Development of E-Comic Based Mathematics Teaching Materials on the Topic of Multiplication and Division with Realistic Mathematics Education (RME) Approach. 12(2), 268. Kreano, 12(02), 268. https://doi.org/10.15294/kreano.v12i2.32482




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i2.22097

Refbacks



Copyright (c) 2024 Putri Beny Mawarsih, Emanuella Christianti, Kisyani Laksono, Miftachul Amri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: