PERSEPSI GURU ABAD 21 DALAM MENERAPKAN PEMBIASAAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Pada abad 21 mendorong siswa untuk mempunyai keterampilan literasi dalam memahami berbagai informasi secara analitis, kritis, dan reflektif. Hasil PISA menunjukkan literasi membaca di Indonesia masih tergolong rendah. Sekolah perlu melakukan peningkatan terhadap pelaksanaan GLS terutama pada tahap pembiasaan guna mengembangkan minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi guru terhadap implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam kegiatan pembiasaan membaca di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan guru kelas dan tim literasi sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembiasaan membaca didukung dengan baik oleh pihak sekolah, dengan fasilitas yang memadai seperti perpustakaan dan pojok baca. Program ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk organisasi eksternal, untuk menumbuhkan minat baca siswa. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sangat memuaskan, dan secara efektif meningkatkan keterampilan dan minat baca siswa, sehingga berkontribusi pada pengembangan generasi yang literat.
Abstract: The 21st century encourages students to have literacy skills in understanding various information analytically, critically, and reflectively. PISA results show that reading literacy in Indonesia is still low. Schools need to improve the implementation of GLS, especially at the habituation stage to develop students' interest in reading. This study aims to investigate teachers' perceptions of the implementation of the School Literacy Movement (GLS) in reading habituation activities at SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Using descriptive qualitative methods, data were collected through observations, interviews, and documentation involving classroom teachers and the school literacy team. The results showed that reading habituation activities are well supported by the school, with adequate facilities such as libraries and reading corners. The program involves various stakeholders, including external organizations, to foster students' interest in reading. The implementation of the School Literacy Movement (GLS) was very satisfactory and effectively improved students' reading skills and interests, thus contributing to the development of a literate generation.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, L. R., & Gunansyah, G. (2018). PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI TERAKREDITASI A KOTA SURABAYA. JPGSD, 06(04), 608–617.
Anindya, E. F. Y., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 238–245.
Arini, N. W., Fatayan, A., & Bachrudin, A. A. (2022). Efektifitas Metode Critical Thinking dalam Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan (MMP). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4705–4712. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2784
Astuti, A. P., Aziz, A., Sumarti, S. S., & Bharati, D. A. L. (2019). Preparing 21st Century Teachers: Implementation of 4C Character’s Pre-Service Teacher through Teaching Practice. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012109
Atun Sholikhah, U., Etika Rahmawati, L., & Endang Fauziati, D. (2023). Habituasi Literasi Baca Tulis Siswa di Sekolah Dasar (Literational Habituation of Students to Read Write in Elementary School). Indonesian Language Education and Literature, 8(2), 245–258. https://doi.org/10.24235/ileal.v8i2.11052
Creswell, J. W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design : Choosing Among Five Approaches (L. C. Shaw, K. Greene, D. Santoyo, & J. Robinson (eds.); Second). SAGE Publications.
Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, D. R. (2016). PANDUAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH SEKOLAH DASAR.
Febriandari, E. I. (2019). Penanaman Nilai Karakter Gemar Membaca Berbasis Pembiasaan Dan Keteladanan Terhadap Kemampuan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar. In journal AL-MUDARRIS (Vol. 2, Issue 2, p. 121). https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v2i2.286
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Y. Novita (Ed.), PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI (Cetakan Pe, Issue March). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Hardani, Andriani, H., Sukmana, D. J., Hardani, S.Pd., M. S., Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); Issue March). CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Hasanah, U., & Silitonga, M. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta : Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. In WWW.Quipperblog.com (Cetakan Pe).
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). LITERASI BACA TULIS DAN INOVASI KURIKULUM BAHASA. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7842
Kemendikbudristek. (2023). PISA 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. Kemendikbudristek.
Kuswati, K., Rohadi, T., & Rifa’i, A. (2022). ANALYZING TEACHER NEEDS IN DEVELOPING DIGITAL LITERACY SKILL [IAIN Syekh Nurjati Cirebon]. http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9390
Marmoah, S., & Poerwanti, Suharno, J. I. S. (2022). Literacy culture management of elementary school in Indonesia. Heliyon, 8(4). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09315
Mulyaningsih, I., & Itaristanti, I. (2018). Pembelajaran Bermuatan HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 113. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i1.2970
Nirwana, C. K., & Harsiati, T. (2021). Implementasi Literasi Sekolah Dan Kegiatan Membaca Pemahaman Siswa Smpn 8 Malang. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 5(1), 39–49. http://journal2.um.ac.id/index.php/basindo/article/view/9083
Niu, S. J., Niemi, H., Harju, V., & Pehkonen, L. (2021). Finnish student teachers’ perceptions of their development of 21st-century competencies. Journal of Education for Teaching, 47(5), 638–653. https://doi.org/10.1080/02607476.2021.1951602
Nizma, S. N., Fita, M., Untari, A., & Budiman, M. A. (2020). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1).
Nuroh, E. Z., Munir, A., Retnaningdyah, P., & Purwati, O. (2020). Innovation in ELT: Multiliteracies Pedagogy for Enhancing Critical Thinking Skills in the 21st Century. Tell : Teaching of English Language and Literature Journal, 8(2), 9. https://doi.org/10.30651/tell.v8i2.5001
Oktaviani, E., & Kaltsum, H. U. (2023). Habituation of the Character of Enjoying Reading Through the School Literacy Movement Program in the Lower Grades of Elementary Schools Ericha. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 10(2), 564–575. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7337
Pesik, V. A., Dewi, A. I., Firmansyah, A., & Hariana, K. (2024). Presepsı Guru Dan Sıswa Terhadap Penerapan Pembelajaran Berdıferensıası Berbasıs Project Mata Pelajaran Senı Budaya Merdeka Belajar. Elementaria Edukasia, 7(1), 2462–2474. https://doi.org/10.31949/jee.v7i1.8850
Priasti, S. N., & Suyatno. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di SD. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 395–407. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211
Putri Solihah, F., Santoso, A., & Mudiono, A. (2018). Studi Penerapan Program Pembiasaan Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 382–397. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Retnasari, L., Setyaningrum, D., & Prasetyo, D. (2022). Culture of the School Literacy Movement (GLS) for Students in Elementary Schools to Realize the 2045 Golden Generation. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(1), 179. https://doi.org/10.33394/jk.v8i1.4448
Saryono, D., Ibrahim, G. A., Muliastuti, L., Akbari, Q. S., Hanifah, N., Miftahussuri, Nento, M. N., & Efgeni. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis: Gerakan Literasi Nasional. In Kemdikbud.
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN (A. Mujahidin (ed.); Cetakan Pe). CV. Nata Karya.
Sudarto, Kadir, A., & Putri, A. F. A. (2023). Persepsi Guru Sd Negeri 3 Ta Tentang Implementasi Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(7), 765–776. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. 334.
Sulistiyarini, A., Sukarno, & Triyanto. (2021). School Literacy Movement (SLM) as a Solution to Increase Reading Interest of Indonesian Students. İlköğretim Online, 20(1), 1324–1334. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.127
Tirtoni, F. (2016). Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar. CV. Buku Baik Yogyakarta.
Wardani, D. A. W., & Budiadnya, P. (2023). ANALISIS KOMPETENSI GURU DI ABAD 21. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 28(1), 62–69.
Wijayanti, S. H., Warmiyanti, M. T., Baskoro, J. T., Manalu, M. T., & Cita, L. N. (2023). The School Literacy Movement in Elementary School: From Pre-Pandemic to Post-Pandemic Covid-19. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(1), 189–202. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i1.2388
Yuliyati, D., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN 014 Kota Bangun. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 601–616. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1045
Zamora, J. T., & Zamora, J. J. M. (2022). 21st Century Teaching Skills and Teaching Standards Competence Level of Teacher. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(5), 220–238. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.5.12
DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i3.23132
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Shintya Permatasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
..
EDITORIAL OFFICE: