ANALISIS MINAT BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA

Nelius Harefa, Gayus Sadarman Tafonao, Samsul Hidar

Abstract


Abstrak: Minat belajar mempengaruhi aspek kognitif, afektif, psikomotorik, dan keterampilan proses sains siswa. Salah satu aspek penting yang berhubungan erat dengan minat yakni hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar kimia siswa melalui pembelajaran berbasis multimedia. Sampel penelitian yakni siswa kelas X SMA 1 Cawang Baru, Jakarta sebanyak 34 orang yang dipilih dengan purposive sampling technique pada materi struktur atom. Metode pengumpulan data dengan pemberian angket minat belajar sebanyak 20 pernyataan, dimana masing-masing pernyataan diberi 5 opsi jawaban yang disusun mengacu skala Linkert. Hasil analisis dan interpretasi data menunjukkan bahwa 80% siswa berminat terhadap pembelajaran kimia, 13,33% sangat berminat, dan 6,67% cukup berminat. Data uji one sample t-test pada signifikansi  = 0,05 yakni thitung (1,964) > ttabel (1,687), menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pemanfaatan multimedia terhadap minat belajar kimia siswa. Berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data, disimpulkan bahwa pemanfaatan multimedia berpengaruh signifikan terhadap minat belajar kimia siswa pada kategori berminat sebesar 80%, sangat berminat 13,33%, dan cukup berminat 6,67%.

 

Abstract:  Students’ interests affects the cognitive, affective, psychomotor, and science process skills of students. One important aspect that is closely related to students’ interests is students’ learning outcomes. This study aims to analyze students' interest in chemistry through multimedia-based learning. The sample of the research is class X students of SMA 1 Cawang Baru, Jakarta, as many as 34 students was selected by purposive sampling technique on atomic structure material. The analysis and interpretation of the data show that 80% of students are interested in chemistry, 13.33% are very interested, and 6.67% are quite interested. The one sample t-test analysis on the significance  = 0.05 was tcount (1.964) > ttable (1.687), indicating that there was a significant influence of the use of multimedia on students' interest in chemistry. Based on the analysis and interpretation of the data, it was concluded that the use of multimedia significantly influenced students' interest in chemistry in the interest category by 80%, very interested in 13.33%, and quite interested in 6.67%.

Keywords


Chemistry; Students' Interest; Multimedia

Full Text:

Download [PDF]

References


Amaral, G., Bushee, J., Cordani, U. G., KAWASHITA, K., Reynolds, J. H., ALMEIDA, F. F. M. D. E., de Almeida, F. F. M., Hasui, Y., de Brito Neves, B. B., Fuck, R. A., Oldenzaal, Z., Guida, A., Tchalenko, J. S., Peacock, D. C. P., Sanderson, D. J., Rotevatn, A., Nixon, C. W., Rotevatn, A., Sanderson, D. J., … Junho, M. do C. B. (2013). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Journal of Petrology, 369(1), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Anam, K. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Bani Muqiman Bangkalan. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 1–17.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Anti, R. H., Astuti, A. P., & Hermanto, B. (2011). Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Kimia Kelas X Di SMA Muhammadiyah 1 Semarang. 307–311.

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 68–75. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167

Belajar, M. (2012). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Minat Belajar. 279–285.

Belajar, P. M., Belajar, S., Iklim, D. A. N., & Pajangan, X. D. S. M. K. N. (2018). Terhadap Prestasi Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X DPIB SMK N1 Pajangan Climates On The Achievement Of Engineering Mechanics Of Students Class. 66, 1–11.

Bicara, L., Tahun, U., & Vygotsky, L. (2018). “HELPER” Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA. 35(1), 19–30.

Dwi, R., Sugiyarto, K. H., Universitas, F., Medan, N., & Negeri, U. (2001). Kata Kunci: 461–469.

Edni, K., Situmorang, M., & Tarigan, S. (n.d.). The Development of Innovative Teaching Materials Based on Multimedia to Improve Student Learning Outcomes of Solubility and Solubility Product Materials. 112–116.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 47. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870

Gani, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Persepsi Tentang Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri Di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 337. https://doi.org/10.26858/jds.v3i3.1700

Gunarto, W., & Hidayah, N. (2014). Siswa Pada Materi Pembelajaran Alat-Alat Optik Melalui 3 Belitang Madang Raya. Jurnal Inovasi Dan Pembeljaran Fisika, 1(1), 28–33.

Gusniwati, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 26–41. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165

Harefa, N., & Suyanti, R. D. (2019). Science generic skills of “chemistry”? prospective teachers: A study on collaborative learning using Exe-media. Journal of Physics: Conference Series, 1397(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1397/1/012032

Harefa, Nelius. (n.d.). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Metode Praktikum.

Ips, A. P., Universitas, P., Oleo, H., Pps, D., & Halu, U. (2017). Volume 1 Nomor 1-Februari 2017,. 1, 56–67.

Manalu, H. C. B., Silaban, S., & Hutabarat, W. (2018). The Development of Teaching Materials Stoichiometric Integrated Multimedia Easy Sketch. 200(Aisteel), 352–356. https://doi.org/10.2991/aisteel-18.2018.77

Pamassangan, G., Harun, A. H., & Jamaludin. (2014). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smp Negeri 5 Pasangkayu Kecamatan Baras Kabupaten Mamuju Utara. 1–14.

Priyambodo, E., & Sulistyani, S. (2014). The Effect of Multimedia Based Learning in Chemistry Teaching and Learning on Students� Self-Regulated Learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 8(4), 363. https://doi.org/10.11591/edulearn.v8i4.384

Rahmat & Jannatin. (2018). Hubungan Gaya Mengajar Guru Dengan Motivasi. Jurnal Jurusan PGMI, 10(2), 98–111.

Retno Dwi Suyanti, & Efrida Sormin. (2016). Inquiry Learning Based Multimedia Towards the Student’s Achievement and Creativity on Topic Chemical Bonding. US-China Education Review A, 6(12), 329–334. https://doi.org/10.17265/2161-623x/2016.12.004

Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Tebat Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 2(1), 78–81.

Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa Ma Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 21–36.

Sari, F. K., Rakimahwati, R., & Fitria, Y. (2019). Hubungan Minat Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Kelas Vi Sdn 25 Jati Tanah Tinggi. Jurnal Basicedu, 3(2), 397–405. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.18

Sary, S. P., Tarigan, S., & Situmorang, M. (2018). Development of Innovative Learning Material with Multimedia to Increase Student Achievement and Motivation in Teaching Acid Base Titration. 200(Aisteel), 422–425. https://doi.org/10.2991/aisteel-18.2018.91

Serap, D., Di, S., & Negeri, S. M. K. (2017). (26.024 > 4.03), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas mengajar guru terhadap daya serap siswa, Kata kunci: daya serap siswa; kreativitas mengajar guru. 10(2), 145–162.

Series, C. (2020). Problem solving skills improvement and the impact on students ’ learning outcomes : learning based e-project Problem solving skills improvement and the impact on students ’ learning outcomes : learning based e-project. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022038

Sormin, E. (2016). Pengaruh Kreativitas dalam Pembelajaran Inkuiri Berbasis Multimedia terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia. Jurnal EduMatSains, 1(1), 51–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33541/edumatsains.v1i1.68

Yusdiana, Y. (2019). Pengaruh Kreativtas Guru, Lingkungan Sosial, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Peserta Didik. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 2(1), 1. https://doi.org/10.26858/jekpend.v2i1.9089




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

 EDITORIAL OFFICE: