WEBINAR SEBAGAI KEGIATAN PENINGKATAN KOMPETENSI WIDYAISWARA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Sofia Silvianita, Eko Yulianto

Abstract


Abstrak: Selama masa pandemi COVID-19 banyak webinar gratis ditawarkan oleh Instansi Pemerintah, BUMN, Swasta maupun Perguruan Tinggi, dengan materi yang beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat Widyaiswara mengikuti webinar dan persepsi mereka terhadap kegiatan webinar untuk peningkatan kompetensi widyaiswara selama Work From Home (WFH) di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan partisipan berjumlah 62 orang Widyaiswara yang berasal dari 12 Lembaga Diklat Pemerintah di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner dalam bentuk google form yang dibagikan secara daring melalui whatsapp. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menyatakan adanya minat yang besar widyaiswara untuk mengikuti webinar ditunjukkan dengan 96,77% Widyaiswara telah mengikuti webinar di masa pandemi COVID-19 dan 90 % diantaranya mengikuti lebih dari 2 kali selama 10 minggu masa WFH. Selain itu 86,67% merasakan manfaat webinar yang diikuti terhadap peningkatan kompetensinya. Pertimbangan Widyaiswara mengikuti webinar terutama adalah materi yang menarik, mendapatkan sertifikat, dan gratis. Materi yang dianggap menarik dan bermanfaat oleh Widyaiswara terutama adalah materi yang terkait spesialisasi Widyaiswara dan teknologi pembelajaran daring (online).

Abstract:  During the COVID-19 pandemic, Government, BUMN, Private, and Universities offered many free webinars with various materials. This study aimed to determine Widyaiswara's interest in participating in webinars and their perceptions of webinar activities to increase widyaiswara's competence during Work From Home (WFH) in the COVID-19 pandemic. This research was a descriptive qualitative study with 62 participants. Participants are Widyaiswara from 12 Government Training Institutions in the Special Province of Yogyakarta. Data is collected using a questionnaire in the Google forms that are shared online via WhatsApp. The collected data were analyzed descriptively. The study results stated that Widyaiswara had a great interest in participating in the webinar, shown by 96.77%. Widyaiswara had followed the webinar during the COVID-19 pandemic, and 90% of them participated more than two times during the ten weeks of WFH. Also, 86.67% felt the benefits of the webinar that was followed by increasing their competence. Widyaiswara's consideration in attending the webinar was mainly interesting material, getting a certificate, and it is free. Material that is considered interesting and useful by Widyaiswara is mainly related to Widyaiswara's specialization and online learning technology


Keywords


Webinar; Widyaiswara competence; Pandemic COVID-19; Work From Home.

Full Text:

Download [PDF]

References


Ambar, T. S., & Rosidah. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arjita, U. A. (2019). Pengaruh Kompetensi Widyaiswara Terhadap Prestasi Peserta Diklat Pada Matadiklat Etika Publik di Pusdiklat BPS. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 76–81. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p76-81

Durahman, N., Noer, Z. M., & Hidayat, A. (2019). Aplikasi Seminar Online (Webinar) Untuk Pembinaan Wirausaha Baru. Jurnal Manajemen Informatika (JUMIKA), 6(2).

Gunawan, R. D. (2017). Studi Tentang Kompetensi Widyaiswara Dalam Mengelola Pembelajaran Di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 6(5), 431–440.

Hamzah, H. (2017). Kompetensi Widyaiswara Dan Kualitas Diklat. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(2), 111–118. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4865

Harumiaty, N. (2016). Belajar Mandiri Menggunakan Webinar Untuk Meningkatkan Kompetensi Pustakawan di Indonesia. Peranan Jejaring Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kompetensi Pustakawan, 299–311. Surabaya, Jawa Timur: FPPTI Jawa Timur.

Izza, S., Ningrum, B. S., & Hariyati, R. T. S. (2019). Pemanfaatan Webinar dalam Bidang Keperawatan. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.37287/jppp.v1i1.14

Kemenpan RB Perpanjang WFH untuk ASN hingga 4 Juni 2020. (n.d.).

Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. (2011). Bandung: Alfabeta.

Mansyur, A. I., Purnamasari, R., & Kusuma, R. M. (2019). Webinar Sebagai Media Bimbingan Klasikal Sekolah Untuk Pendidikan Seksual Berbasis Online (Meta Analisis Pedagogi Online). JURNAL SULOH: Jurnal Bimbingan Konseling FKIP Unsyiah, 4(1).

Martha, J. (2020). Pemanfaatan Diplomasi Publik oleh Indonesia dalam Krisis Covid-19. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 121–130. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3859.121-130

Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. (2010). Bandung: Alfabeta.

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mundiarsih, A. P. (2018). Strategi Pengembangan Kompetensi Widyaiswara Melalui Knowledge Sharing. Civil Service Journal, 12(1 Juni).

Notoatmodjo, S. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

PERKALAN No. 5 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Widyaiswara. (2008).

PERMENPAN RB No. 22 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Widyaiswara dan Angka Kreditnya. (2014).

Qiu, J., Shen, B., Zhao, M., Wang, Z., Xie, B., & Xu, Y. (2020). A nationwide survey of psychological distress among Chinese people in the COVID-19 epidemic: implications and policy recommendations. General Psychiatry, 33(2). https://doi.org/10.1136/gpsych-2020-100213

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: