PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS THREE DIMENSIONAL THINKING GRAPH UNTUK MENINGKATKAN BERNALAR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA SMP

Fayzabila Shofwa Hidayat, Ulin Nuha, Rusdianto Rusdianto

Abstract


Abstrak: Salah satu dimensi profil pelajar pancasila yang terpenting adalah bernalar kritis yang harus dimiliki oleh siswa. Nyatanya bernalar kritis pada siswa SMP masih rendah hal inilah yang membuat peneliti melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan E-LKPD Three Dimensional Thinking Graph. Pengembangan E-LKPD menggunakan model ADDIE (analys, Desingn,Develop,Implementation,Evaluation). Teknik dan instrumen penelitian menggunakan angket, observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Penerapan E-LKPD dilakukan pada 30 siswa dari kelas VIII SMPN 1 Tempeh, Lumajang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi E-LKPD memperoleh rerata persentase 90,83%(Valid), kepraktisan E-LKPD memperoleh rerata 92,35% (sangat praktis), keefektifan dilihat dari hasil N-gain dengan nilai 0,75 (Tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tersebt maka E-LKPD berbasis three dimensional thinking graph pada materi pesawat sederhana yang dikembangkan telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan bernalar kritis siswa SMP.

Abstract: One of the most important dimensions of the Pancasila student profile was critical thinking, which students had to possess. In reality, critical thinking in SMP students was still low, which is why the researcher conducted this study. This research aims to describe the validity, practicality and effectiveness of the Three Dimensional Thinking Graph E-LKPD. The development of E-LKPD employed the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Research techniques and instruments used included questionnaires, observations, tests, documentation, and interviews. The development of E-LKPD used the ADDIE (analysis, design, develop, Implementation, Evaluation). The implementation of E-LKPD was carried out with 30 student From class VIlI of SMPN 1 Tempeh, Lumajang. The research rerults indicated that validation of E-LKPD obtained an average Percentage OF 90,83% (valid), the practicality of E - LKPD obtained an average of 92% (Very practical), and the effectivenes, as seen from the N-gain result, was 0,75 (High). Based on the results of the study the E-LKPD based on three dimensional thinking graph on Simple, aircraft material that was developed has been declared valid, practical and efective to improve critical thinking of junior high school students.


Keywords


E-LKPD, Profil Pelajar Pancasila, Bernalar Kritis, IPA

Full Text:

PDF

References


Afriza, Y., Y. D. Bulian, M. Darat, K., K. Muaro 2023. Dimensi bernalar kritis dalam pembelajaran menulis teks berita pada modul ajar di smpn 25 kota jambi indonesia: jurnal pembelajaran bahasa dan sastra indonesia berada di bawah lisensi creative commons attribution-noncommercial 4.0 international license

Andria Syafitri, R. 2020. The Importance of the Student Worksheets of Electronic (E-LKPD) Contextual Teaching and Learning (CTL) in Learning to Write Description Text during Pandemic COVID-19

Ansyah, E., Y. Pranata, N. Latipah, U. Fatmawati, dan S. Bengkulu. tanpa tahun. Pengembangan LKPD IPA Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa SMP Kelas VII

Azizah, M., J. Sulianto, N. Cintang, J. Pendidikan Guru, dan S. Dasar. 2018. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2023. Jurnal pendidikan sekolahdasar

Chen, J., M. Wang, T. A. Grotzer, dan C. Dede. 2018. Using a three-dimensional thinking graph to support inquiry learning. Journal of Research in Science Teaching. 55(9):1239–1263.

Dian Masruhah, G., S. Wahyuni, P. Ipa, dan U. Jember. 2022. Pengembangan e-lkpd berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa smp. SAP (Susunan Artikel Pendidikan. 7(1)

Ernawati, Y. dan F. P. Rahmawati. 2022. Analisis profil pelajar pancasila elemen bernalar kritis dalam modul belajar siswa literasi dan numerasi jenjang sekolah dasar. Jurnal Basicedu. 6(4):6132–6144.

Fitriasari.N.M., 2021. 2021. Pengembangan Lembar kegiatan peserta didik elektronik (E-LKPD) Berbasis Guided Discovery Untuk Meltihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. Jurnal BioEdu.

Gaurisankar, F. A., S. Wahyuni, dan U. Nuha. 2022. The development of electronic students’ worksheet assisted by flip pdf professionals in science lessons to improve students’ higher. SEJ (Science Education Journal). 6(2):79–98.

Hayati, N. dan D. Setiawan. 2022. Dampak rendahnya kemampuan berbahasa dan bernalar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu. 6(5):8517–8528.

Irawati, D., Iqbal, A., Hasanah, A., & Arifin, B. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238 https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Jufrida., Basuki. F.R., Frenki ., Purnawati.H., 2020., Analisis Permasalahan Pembelajaran IPA: Studi Kasus di SMP 7 Muaro Jambi. Jurnal pendidikan sains (JPS). Vol 8 No.1

Jum, S., A. Singgih Budiarso, dan R. Artikel. 2023. Pengembangan e-lkpd berbasis diagram berpikir mutlidimensi untuk meningkatkan keterampilan inkuiri dan hasil belajar siswa smp/mts pada pembelajaran ipa info artikel abstrak. 6(1):28–33.

Kemendikbudristek. 2022. Dimensi Elemen dan Supelemen profil pelajar pancasila pada kurikulum medeka. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum dan assasment pendididkan . kebudayaan. Riset dan Teknologi Republik Indonesia

Khafida. L.,Ismono. 2021. Pengembangan LKPD Inkuiri berbasis Hands-On & Minds-On Activity Untuk Meningkatkan Hots Pada Materi Laju Reaksi Development Of Inquiry Student Worksheet Based On Hands-On & minds-On Activity To Improve Higher Order Thining Skill Students In Reaction Rates. Journal

Khasanah, A. Muthali’in, B. Kritis, dan K. Merdeka. 2023. Penguatan dimensi bernalar kritis melalui kegiatan proyek dalam kurikulum merdeka. Jurnal pendidikan dan Pembelajaran, V. A. 11(2)

Nesri, F. D. P. dan Y. D. Kristanto. 2020. Pengembangan modul ajar berbantuan teknologi untuk mengembangkan kecakapan abad 21 siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 9(3):480.

Nurdyansyah, N. dan F. Amalia. 2019. Mode Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem.Jurnal pendidikakn islam

Nursalam dan Suardi. tanpa tahun. Penguatan Karakter Bernalar Kritis Berbasis Integratif Moral Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Program Kampus Mengajar Di Indonesia. Jurnal pedagogria

Purnomo, Y. W., Murni, R. A., & Asyhari, A. (2021). The obstacles in implementing the Merdeka Curriculum. Journal of Primary Education, 10(1), 95-102.

Rahmawati, A. Muhlisin, R. Rahayu,. 2022. Pengembangan desain pembelajaran ipa untuk meningkatkan karakter pelajar pancasila pada aspek bernalar kritis dan kreatif di smpit ihsanul fikri kota magelang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi. 3(2):88–109.

Ramdhani, E. P., F. Khoirunnisa, N. Asti, N. Siregar, M. Raja, A. Haji, dan K. Riau. 2020. Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation Pada Materi Ikatan Kimia.. Jurnal ketahanan nasional

Rusnaini, R., R. Raharjo, A. Suryaningsih, dan W. Noventari. 2021. Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional. 27(2):230.

Sailan, A. A. Agus, dan M. H. Imam. 2023. penerapam dimensi bernalar kritis profil pelajar pancasila. penerapan dimensi bernalar kritis profil pelajar pancasila di smp islam terpadu wahdah islamiyah kota makassar. Pemikiran, Jurnal Pendidikan Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraaan.

Sari, D. N. I., A. S. Budiarso, dan S. Wahyuni. 2022. Pengembangan e-lkpd berbasis problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan higher order tingking skill (hots) pada pembelajaran ipa. Jurnal Basicedu. 6(3):3699–3712.

Supriyadi., (2021). Evaluasi Pendidikan., PT Nasya Expanding Management :pekalongan

Suryaningsih, S. dan R. Nurlita. 2021. Pentingnya

lembar kerja peserta didik elektronik (e-lkpd) inovatif dalam proses pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi). 2(7)

Wahono, R. H. J., S. Supeno, dan Moh. Sutomo. 2022. Pengembangan e-lkpd dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam pembelajaran ipa. Jurnal Basicedu. 6(5):8331–8340.

Wicaksono. I., Indrawati., Supeno. 2020. PhET (Physics Education Technology) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa. Jurnal webinar pendidikan fisika

Zahro,. D. Aulia 2021. e-LKPD Berbasis Literasi BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, dan. The Development of Scientific Literacy Based E-LKPD to Train Student’s Critical Thinking Skills in Growth and Development Materials




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i4.24781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 fayzabila shofwa Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

..

 EDITORIAL OFFICE: