UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN PENJADWALAN MATA KULIAH TUTORIAL TATAP MUKA DAN WEBINAR UNIVERSITAS TERBUKA
Abstract
Abstrak: Universitas Terbuka (UT) sebagai pioneer instansi pendidikan dengan pembelajaran jarak jauh di Indonesia. Salah satu bentuk layanan yang diberikan Universitas Terbuka kepada mahasiswa adalah layanan bantuan pembelajaran. Salah satu bentuk layanan bantuan pembelajaran adalah tutorial berbasis tatap muka (TTM) dan tutorial berbasis webinar (tuweb). Sebelum pelaksanaan TTM dan tuweb, Universitas Terbuka menyusun penjadwalan pembelajaran berdasarkan pada standar aturan yang telah ditentukan. Dengan semakin meningkatnya jumlah mahasiswa, dibutuhkan efektivitas dalam proses penjadwalan, sehingga penelitian terkait dengan penjadwalan TTM dan tuweb perlu dilakukan. Salah satu hal yang harus dipersiapkan dalam penelitian adalah instrumen penelitian yang telah diuji validitas dan reliabilitas datanya. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data dan bertujuan untuk menguji validitas dan reliabilitas kuesioner penjadwalan mata kuliah TTM dan tuweb Universitas Terbuka. Penelitian ini memanfaatkan metode Pearson Correlation dalam pengujian validitas dan teknik Cronbach’s Alpha untuk menguji reliabilitas instrumen penelitian. Penelitian dilakukan kepada 36 manager dan staff yang melakukan proses penjadwalan di UT Daerah. Instrumen penelitian terdiri dari enam variabel, yaitu variabel registrasi dan pembayaran mahasiswa, kelompok belajar (pokjar) dan sentra layanan UT (Salut), tutor TTM/Tuweb, petugas UT Daerah, persetujuan prodi dan fakultas, dan variabel sistem penjadwalan. Hasil penelitian menunjukkan tiga dari enam variabel valid dan reliabel. Berdasarkan hal tersebut, 3 variabel pada instrumen penelitian dapat dipercaya dan konsisten.
Abstract: Universitas Terbuka (UT) is a distance learning university in Indonesia. One of the services provided by Universitas Terbuka to its students is learning support services. This support includes face-to-face tutorials (TTM) and webinar tutorials (tuweb). Before the implementation of TTM and tuweb, Universitas Terbuka prepares the scheduling in accordance with established standards. With the increasing number of students, the effectiveness of the scheduling proses is necessary, so that research on TTM and tuweb scheduling needs to be carried out. One critical aspect of this reserach is the preparation of a research instrument that has undergone validity and reliability testing. This study uses questionnaire as data collection instrument and aims to test the validity and reliability of questionnaire for TTM and tuweb scheduling process in UT. This study uses Pearson Correlation to test validity and Cronbach’s Alpha to test the reliablity of the research instruments. The research was conducted with 36 managers and staff involved in the scheduling process at UT regional Offices. The research instrument consists of six indicators: student registration and payment, study groups (pokjar) and UT service centers (Salut), TTM/Tuweb tutors, UT Regional staff, program, and faculty approval, and scheduling systems. The results indicate that three out of six indicators are valid and reliable. Based on these findings, three indicators of the research instrument are deemed trustworthy and consistent
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.A. Istri, C. D., & Rizki Fadila. (2023). Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan Masyarakat Tentang Program JKN. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 11(1), 307–315. https://doi.org/10.37824/jkqh.v11i1.2023.462
Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 263. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179–188.
Farida, & Musyarofah, A. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. Al-Mu’arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, I(1), 34–44. https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/AL-MUARRIB
Kharis, S. A. A., Arisanty, M., Putri, A., & Zili, A. H. A. (2024). Penggunaan Google Trends dalam Perencanaan Strategi Digital Marketing Perguruan Tinggi Jarak Jauh di Indonesia. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 15(3), 263–273. https://doi.org/10.31764
Kharis, S. A. A., Murdiyanto, T., Wijayanti, D. A., & Zubir, E. (2022). Comparison of Mathematical Learning Capabilities Among Students Using the Reciprocal Teaching and Problem Posing Model. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 6(2), 1–10.
Kharis, S. A. A., Robiansyah, A., Maulana, F., Zubir, E., & Sukatmi, S. (2023). Pengembangan Aplikasi E-Sertifikat untuk Program Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ) dengan Menggunakan Model ADDIE. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 7(2), 412–421. https://doi.org/10.33379/gtech.v7i2.2253
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075
Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Krulik dan Rudnick: Analisis Validitas Konten. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 326–339. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1761
Parlika, R., Mahendra, R. R., Aulia, M. R., Lutfi, R., Waritsin, R. K., Maulana, H., & Ramadhan, T. (2022). Uji Validitas Website Pendataan Ekstrakurikuler Menggunakan Metode Correlation Pearson dan Kappa Cohen. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas AL Asyariah Mandar, 8(2). http://ejournal.fikom-unasman.ac.id
Parlindungan, D. P., Pakarti Mahardika, G., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM Universitas Muhammadiyah Jakarta, 1–8. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Purwantiningsih, A., Sardjiyo, S., Sudrajat, A., & Permana, S. A. (2021). Layanan Informasi Digital Sebagai Studi Penelusuran Alumni S1 Program Studi Ppkn Universitas Terbuka. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1), 102–109. https://doi.org/10.24176/re.v12i1.6762
Puspasari, H., & Puspita, W. (2022). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 13(1), 65–71. http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK
Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7413
Sappaile, B. I. (2007). Konsep Instrumen Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(66), 379–391. https://www.researchgate.net/publication/338630469
Sisca Hia, A., Andika, N., Supratikta, H., & Pamulang, U. (2024). Perancangan Sistem Informasi Penjadwalan Kuliah Berbasis AI (Artificial Intelligence). Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(3), 1198–1206. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i3.142
Universitas Terbuka. (2024, February 25). Kekaguman President Open University of Japan: Universitas Terbuka, Mega University.
DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i4.26260
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Selly Anastassia Amellia Kharis, Edward Zubir, Sri Maulidia Permatasari, Melisa Arisanty, Laity Qonitah, Anton Robiansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
..
EDITORIAL OFFICE: