PENGARUH PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN BUKU APE DARI BAHAN SISA TERHADAP KREATIVITAS MEMBUAT ALAT PERMAINAN EDUKATIF PADA MAHASISWA

Kartika Ananda, Elisabeth Fransisca Saragi Sitio, Delia Febriza, Inka Cintamia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Project Based Learning menggunakan Buku APE dari Bahan Sisa terhadap Kreativitas Membuat Alat Permainan Edukatif pada Mahasiswa PGPAUD UPR. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan pendekatan true eksperimental dan desain Pretest-Posttest Control Group. Sampel penelitian ini melibatkan mahasiswa S1 PGPAUD FKIP Universitas Palangka Raya Angkatan 2021 kelas A dan B sebanyak 34 orang, yang terdiri dari kelas A sebagai kelas eksperimen sebanyak 17 mahasiswa dan kelas B sebagai kelas kontrol berjumlah 17 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen penilaian kreativitas mahasiswa. Berdasarkan analisis data penelitian Uji Hipotesis diperoleh taraf signifikasi 0,000 atau  < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh Project Based Learning menggunakan Buku APE dari Bahan Sisa terhadap Kreativitas Membuat Alat Permainan Edukatif pada Mahasiswa PGPAUD UPR, serta berdasarkan hasil Uji Beda, menunjukkan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 87,69 dan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol sebesar 50,41, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kelas ekperimen dengan metode  Project Based Learning menggunakan Buku APE dari Bahan Sisa dan kelas kontrol dengan metode konvensional.

Abstract:  This study aims to examine the influence of Project Based Learning using APE Books from Leftover Materials on the Creativity of Making Educational Game Tools in PGPAUD UPR Students. This research method uses an experimental research method, with a true experimental approach and a Pretest-Posttest Control Group design. The sample of this study involved 34 S1 PGPAUD FKIP students of Palangka Raya University Class A and B Class 2021, consisting of class A as an experimental class of 17 students and class B as a control class of 17 students. The research instrument used is an instrument for assessing student creativity. Based on the analysis of the research data of the hypothesis test, a significance level of 0.000 or < 0.05 was obtained, which means that there is an influence  of Project Based Learning using APE Books from Waste Materials on the Creativity of Making Educational Game Tools in PGPAUD UPR Students, and based on the results of the, it shows that the average score of the posttest in the experimental class is 87.69 and the difference test average score of the posttest in the control class is 50.41,  which means that there is a significant difference between the learning outcomes of the experimental class with the Project Based Learning  method using the APE Book from Waste Materials and the control class with the conventional method.


Keywords


Project Based Learning; Buku APE dari Bahan Sisa; Alat Permainan Edukatif; Kreativitas Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Ardina, M., & Agustriana, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Improving Critical Thinking Skills of PG Paud College Students Through Scientific Approach Towards, 16(1), 1–13.

Agustia, E. (2023). Merancang alat permainan edukatif (APE) bagi anak usia dini. Jurnal Agilearner, 1(1).

Ananda, K., & Harun, H. (2021). Pengembangan Media Manik-manik Hitung untuk Pemahaman Konsep Bilangan Anak Kelompok A. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 154-161.

Asmara, B. (2019). Penggunaan Media Bahan Daur Ulang Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa S1 PG-PAUD Di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Education And Human Development Journal (EHDJ), 4(1), 50-62.

Astuti, R. I. P., Toenlioe, A. J., & Husna, A. (2018). Persepsi mahasiswa teknologi pendidikan angkatan 2016 terhadap penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) pada matakuliah pengembangan media foto (Fotografi). Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 43-52.

Diana Hernawati. Pengaruh Project Based Learning Berbantuan Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal Terhadap Scientific Literacy, Keterampilan Proses Sains Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru Pada Mata Kuliah Zoologi Vertebrata. Diss. Universitas Negeri Malang, 2018.

Harahap, S. D., & Wahyuni, A. (2021). Kreatifitas Mahasiswa Piaud Dalam Merancang APE (Alat Pembelajaran Edukatif) Sebagai Media Belajar Anak Usia Dini. JURNAL TILA (Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal), 1(2), 52-71.

Insani, A., & Dini, U. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Membuat Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini pada Mahasiswa S-1 PG-PAUD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, 5.

Isnaniah, I. (2017). Peningkatan kreativitas dan kemandirian belajar mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis proyek pada perkuliahan media pembelajaran matematika. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 83-91.

Laila, A., & Sahari, S. (2016). Peningkatan kreativitas mahasiswa dalam pemanfaatan barang-barang bekas pada mata kuliah media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2).

Mahmud, M. Y., Safitri, R., & Ristanti, D. (2022). Optimalisasi Manajemen Sarana Prasarana di PAUD Nurul Ihsan Tanjung Jabung Timur. JMiE (Journal of Management in Education), 7(1), 1-8.

Maiyah, I. N., Wardhani, W., & Adwitiya, A. (2024). Pemahaman Mahasiswa Calon Guru PAUD Tentang STEAM Berbasis Teknologi Digital. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 314-322.

Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). The Understanding Improvement of Natural Science Concept of Primary School Teacher Education Department Students Using Project-Based Learning Model. International Journal of Elementary Education, 4(4), 566-574.

Purwati, Heni; Nugroho, Aryo Andri.(2019). Pengujian Validitas Dan Reliabilitas Konstruk Instrumen Kreativitas Mahasiswa Pada Model Computer Assisted Instruction (CAI). Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1.1: 1-6.

Rachmayani, I., Sahara, F., Saputra, W. M., & Octaviani, W. R. (2023). Pendampingan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) dari Bahan Bekas untuk Meningkatkan Perkembangan Membaca, Menulis dan Berhitung pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Education and Community Services, 3(2), 61-68

Rahayu, Sari; Firman, Firman; Yunus, Muh Rizal Kurniawan (2023). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Project Based Learning (PjBL) Berbantuan E-Modul. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 6.1: 31-37.

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa, 30(1), 79–83.

Sitio, Elisabeth Fransisca Saragi; Martono, Wahyuni Christiany; Ananda, Kartika; Karolina, Gloria; Rahmadini, Via Wulan (2023). Pengembangan Buku Alat Permainan Edukatif Dari Bahan Sisa Untuk Menstimulasi Perkembangan Anak Usia Dini: Pintar Harati, 19.2.

Trimawati, Karina, Tjandra Kirana, and Raharjo Raharjo. "Pengembangan instrumen penilaian ipa terpadu dalam pembelajaran model project based learning (pjbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa smp." Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains 11.1 (2020): 36.

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 12 TAHUN 2012 TENTANG PENDIDIKAN TINGGI




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i4.26330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kartika Ananda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

..

 EDITORIAL OFFICE: