IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KOMPETENSI WRITING SISWA KELAS VII D SMPN 5 KOPANG

Ruslan Abdul Gani

Abstract


Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas dilakukan 2 siklus terhadap kelas VII D SMPN 5 Kopang tahun 2014/2015, menggunakan metode pengumpulan data Observasi, Interview, dan dokumentasi, serta tes tentang peningkatan kompetensi dan prestasi writing siswa.. diperoleh nilai rata-rata prestasi dan kompetensi writing bahwa ketuntasan klasikal pada siklus I 89%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 6% menjadi 95 %. Disimpulkan bahwa penerapan  metode mind mapping dapat meningkatkan minat dan kompetensi writing siswa pada pembelajaran procedure text kelas VII-D SMP Negeri 5 Kopang tahun pelajaran 2014/2015.

 

Abstract: Classroom Action Research conducted 2 cycles to class VII D SMPN 5 Kopang year 2014/2015, using Observation data collection method, Interview, and documentation, and test about improving competence and writing achievement of student .. obtained by average value of achievement and competence writing that classical completeness in cycle I 89%. While in cycle II there is increase of classical mastery by 6% to 95%. It was concluded that the application of mind mapping method can increase interest and writing competence of students on learning text procedure of class VII-D of SMP Negeri 5 Kopang for academic year 2014/2015.

Keywords


Implementasi, Mind Mapping, Writing

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v9i1.264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: