THE DEVELOPMENT OF AN E-WORKSHEET WITH A SCIENTIFIC APPROACH TO IMPROVE STUDENTS' LEARNING OUTCOMES AND QUESTIONING SKILLS IN SCIENCE EDUCATION AT ELEMENTARY SCHOOLS
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi diperoleh kemampuan bertanya dan hasil belajar IPA siswa di SDN Gebang 03 masih rendah. Salah satu upaya untuk menatasi permalsahan tersebut dibutuhkan media pembelajaran multimedia yang sesuai dengan kebutuhan siswa era digital. Peneliti dalam hal ini mengembangkan e-worksheet berbasis pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-worksheet berbasis pendekatan saintifik dengan pendekatan saitifik dalam pembelajaran IPA yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah R&D menggunakan model ADDIE dengan subjek penelitian adalah semua siswa kelas VI di SDN Gebang 03 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan silabus, RPP, e-worksheet, bahan ajar, tes hasil belajar diperoleh kategori nilai modus 4 yang berkategori sangat valid. Kepraktisan e-worksheetberbasis pendekatan saintifik berdasarkan hasil penilaian tiga observer pada dua kelas menyatakan bahwa e-worksheetyang dikembangkan sangat praktis dengan berada pada 98,82%. Keefektifan E-LKPD berbasis pendekatan saintifik berdasarkan hasil N-Gain yang diperoleh dari pre-test dan post-test diperoleh kategori tinggi, sehingga dapat dinyatakan bahwa E-LKPD berbasis pendekatan saintifik dinyatakan efektif digunakan dan dapat meningkatkan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa.
Abstract: This study was conducted based on the results of observations obtained that the ability to ask questions and science learning outcomes of students at SDN Gebang 03 were still low. One effort to overcome this problem requires multimedia learning media that is in accordance with the needs of students in the digital era. Researchers in this case developed e-worksheets based on a scientific approach in science learning. The purpose of this study was to develop e-worksheets based on a scientific approach with a scientific approach in science learning that is valid, practical, and effective. This type of research is R&D using the ADDIE model with the research subjects being all sixth grade students at SDN Gebang 03, Patrang District, Jember Regency. The results showed that the validity of the syllabus, lesson plans, e-worksheets, teaching materials, and learning outcome tests obtained a category of mode 4 which is categorized as very valid. The practicality of e-worksheets based on a scientific approach based on the assessment results of three observers in two classes stated that the e-worksheets developed were very practical at 98.82%. The effectiveness of E-LKPD based on a scientific approach based on the N-Gain results obtained from the pre-test and post-test obtained a high category, so it can be stated that E-LKPD based on a scientific approach is effective to use and can improve students' questioning skills and learning outcomes.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andikalan, T. H., Supeno, S., & Wicaksono, I. (2022). Kemampuan inkuiri siswa smp dalam pembelajaran ipa memanfaatkan media E-LKPD. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 39–45.
Asma, R. (2020). Development of interactive electronic student worksheets on electromagnetic induction based on scientific approaches. Journal of Research in Science Education, 6(2), 136–143.
El Widad, F. D. D., Supeno, S., & Nuha, U. (2023). Pengembangan LKPD berbasis question prompt scaffolding untuk meningkatkan keterampilan menulis ilmiah dan hasil belajar siswa SMP Pada Pembelajaran IPA. Eduproxima (Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA), 5(2), 123–132.
Fatma, E., Supeno, S., & Nuha, U. (2024). Mobile connectivity: Ubiquitous learning with web-based module to promote scientific argumentation skills in science learning. Jurnal Pendidikan MIPA, 25(1), 386–398.
Filjinan, S. K., Supeno, S., & Rusdianto, R. (2022). Pengembangan e-komik interaktif untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP pada pembelajaran IPA. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), 125–129.
Fuadina, Z. N., Supeno, S., Ahmad, N., & Sugihartoko, S. (2022). Pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbantuan diagram berpikir multidimensi dalam pembelajaran IPA terhadap literasi sains siswa di SMP. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 102–110.
Hafizo, R., Lian, B., & Jayanti, J. (2022). Analisis keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran matematika kelas IV sekolah dasar. Journal on Teacher Education, 4(1), 202–211.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.
Harefa, N., Tafonao, G. S., & Hidar, S. (2020). Analisis minat belajar kimia siswa melalui pembelajaran berbasis multimedia. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 81–86.
Hidayah, A. N., Winingsih, P. H., Amalia, A. F., & Fisika, D. (2020). Development of physics e-LKPD (electronic worksheets) using 3d pageflip based on problem based learning on balancing and rotation dynamics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 7(2), 36–43.
Istighfarini, M. D., Supeno, S., & Ridlo, Z. R. (2022). Pengaruh media aplikasi berbasis android terhadap literasi sains dan hasil belajar IPA siswa SMP. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(1), 61–70.
Kalsum, U., Chastanti, I., & Harahap, D. A. (2021). Analisis keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 433–441.
Khusniati, M. (2012). Pendidikan karakter melalui pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2).
Kusuma, A. S. H. M., Setiadi, D., & Handayani, B. S. (2023). Pengembangan instrumen questioning skills berdasarkan domain kognitif taksonomi bloom revisi untuk evaluasi kemampuan bertanya siswa SMA pada pembelajaran biologi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2668–2680.
Lubis, M. F., Sunarto, A., & Walid, A. (2021). Pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis etnosains materi pemanasan global untuk melatih kemampuan literasi sains siswa SMP. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 206–214.
Mahsup, M., Fitriani, E., & Ibrahim, I. (2023). Pengembangan e-modul berbasis metode penemuan untuk meningkatkan pemahaman belajar mahasiswa. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(4), 515–520.
Maulidina, M., Susilaningsih, S., & Abidin, Z. (2018). Pengembangan game based learning berbasis pendekatan saintifik pada siswa kelas IV sekolah dasar. JINOTEP (Jurnal Inov. Dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. Dan Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran, 4(2), 113–118.
Meldina, T. (2019). Implementasi model learning start with a question strategi meningkatkan keterampilan bertanya siswa sekolah dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 211–219.
Muhammad, R., Wahyuni, L., Syahman, S., & Juwida, H. (2020). Melatih kemampuan berpikir kritis, keterampilan komunikasi dan self efficacy siswa menggunakan model scientific critical thinking (sct). Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 93–98.
Muhardini, S., Mariyati, Y., Mahsup, M., Ibrahim, I., Khosiah, K., Sudarwo, R., Anam, K., Fitriani, E., & Milandari, B. D. (2021). Pengembangan lembar kerja siswa kontekstual berbasis local wisdom dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 182–187.
Nasihah, E. D., Supeno, S., & Lesmono, A. D. (2020). Pengaruh tutor sebaya dalam pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis fisika siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 44–57.
Novanda, N. A. L., Supeno, S., & Budiarso, A. S. (2024). Pengembangan LKPD berbasis etnosains untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP pada pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(1), 9–18.
Pratiwi, D. I., Kamilasari, N. W., Nuri, D., & Supeno, S. (2019). Analisis keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran IPA materi suhu dan kalor dengan model problem based learning di SMP Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 269–274.
Prilanita, Y. N., & Sukirno, S. (2017). Peningkatan keterampilan bertanya siswa melalui faktor pembentuknya. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 244–256.
Putriyana, A. W., Auliandari, L., & Kholillah, K. (2020). Kelayakan lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran search, solve, create and share pada praktikum materi fungi: (The feasibility of students’ worksheet based on search, solve, create and share instructional model in fungi practicum material). BIODIK, 6(2), 106–117.
Royani, M., & Muslim, B. (2014). Keterampilan bertanya siswa SMP melalui strategi pembelajaran aktif tipe team quiz pada materi segi empat. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).
Safitri, E. M., Maulidina, I. F., Zuniari, N. I., Amaliyah, T., Wildan, S., & Supeno, S. (2022). Keterampilan komunikasi siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA berbasis laboratorium alam tentang biopori. Jurnal Basicedu, 6(2), 2654–2663.
Sari, N., Haifaturrahmah, H., Ratu, T., Widiartini, N. N., & Erfan, M. (2022). Pengembangan LKS interaktif science live worksheet berbasis HOTS siswa sekolah dasar. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(2), 118–123.
Siswantoro, E. (2020). Pembelajaran aktif berbasis inkuiri dengan model pencapaian konsep untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VI sekolah dasar. Wahana Sekolah Dasar, 28(1), 26–33.
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan flip pdf professional pada materi alat-alat optik di sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3 Desember), 145–152.
Sudarmanti, S., Supriyono, S., Sapti, M., & Rochim, A. (2020). Deskripsi tipe pertanyaan siswa berdasarkan sifatnya pada kegiatan menanya dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 2(2), 114–120.
Surya, R. (2020). Pengaruh model discovery learning berbantuan multimedia terhadap keterampilan proses sains, berpikir tingkat tinggi dan keterampilan bertanya pada materi sistem pernafasan di SMA Negeri 5 Langsa. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi Dan Biologi, 3(1), 234–244.
Suryaman, S., & Ningsih, F. (2021). Pengembangan lembar kerja siswa menggunakan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(1), 12–18.
Susilowati, S., & Ramli, M. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa madrasah aliyah negeri di Kabupaten Magetan. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 21(1), 223–231.
Syafitri, R. A. (2020). The importance of the student worksheets of electronic (E-LKPD) contextual teaching and learning (CTL) in learning to write description text during pandemic COVID-19. The 3rd International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE 2020), 284–287.
Tita, N. A., Friska Septiani, S., & Eka Putra, R. (2019). Pengembangan Electronic Lembar Kerja Peserta Didik (ELKPD) Berbasis Guided Inquiry Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Utami, H. R., Widodo, A., & Rochintaniawati, D. (2015). Profil pola interaksi antara guru dan siswa SMP dalam pembelajaran biologi pada konsep ekosistem. Journal of Biology Education, 4(1).
Wahono, R. H. J., Supeno, S., & Sutomo, M. (2022). Pengembangan E-LKPD dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(5), 8331–8340.
Yusnarti, M., Wahyuni, N., Marlina, L., & Nurhasanah, E. (2022). Pengembangan worksheet melalui pendekatan saintifik dalam meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 26 Dompu. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(2), 112–121.
Zahara, M., Abdurrahman, A., Herlina, K., Widyanti, R., & Agustiana, L. (2021). Teachers’ perceptions of 3D technology-integrated student worksheet on magnetic field material: A preliminary research on augmented reality in STEM learning. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 12083.
DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v16i1.27489
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Indah Maharani, Supeno Supeno, Andayani Andayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
EDITORIAL OFFICE: