IMPROVING STUDENTS' CREATIVE THINKING ABILITY THROUGH PJBL BASED ON VIDEO ANIMATION OF WESTERN VOYAGES TO THE NUSANTARA IN THE SUBJECT OF INDONESIAN HISTORY DURING THE AGE OF WESTERN INFLUENCE
Abstract
Abstract: Creative thinking skills for students are needed in facing changes and challenges in the dynamic era of globalization. This study aims to determine how the effectiveness of using PjBL based on animated videos of western Voyages routes to the nusantara in improving students' creative thinking skills in Indonesian history courses during the era of western influence. The research method used is Pre-Experimental Designs, with the form of designs used, namely One-Group Pretest-Posttest Design. Based on the results of the study, it can be seen that the use of PjBL based on animated videos of western voyages routes to the nusantara is proven to be effective in improving students' creative thinking skills in Indonesian history courses during the era of western influence. This is based on the results of the paired sample t-test obtained Sig. (2-tailed) of 0.000 <0.05. This shows that there is a significant difference between the value of students' creative thinking skills before and after using PjBL based on animated videos of western Voyages routes to the nusantara.
Abstrak: Kemampuan berpikir kreatif bagi mahasiswa sangat dibutuhkan dalam menghadapi perubahan dan tantangan di era globalisasi yang dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan PjBL berbasis video animasi rute pelayaran bangsa barat ke nusantara dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada matakuliah sejarah indonesia zaman pengaruh barat. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs, dengan bentuk designs yang digunakan yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan PjBL berbasis video animasi rute pelayaran bangsa barat ke nusantara terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada matakuliah sejarah Indonesia zaman pengaruh barat. Hal ini didasarkan atas hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukan adanya perbedaan yang nyata antara nilai kemapuan berpikir kreatif mahasiswa sebelum dan sesudah menggunakan PjBL berbasis video animasi rute pelayaran bangsa barat ke nusantara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran video animasi dua dimensi situs Pekauman di Bondowoso dengan model ADDIE mata pelajaran Sejarah kelas X IPS. Jurnal edukasi, 5(1), 19-23.
Ananda, R. (2019). Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-10.
Anditiasari, N., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Systematic literature review: pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 236-248.
Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (Pjbl) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49-60.
Fardah, D. K. (2012). Analisis proses dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam matematika melalui tugas open-ended. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 91-99.
Fatmawati, B. (2011). Pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 16(2), 85-92.
Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2019). PjBL untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa: sebuah kajian deskriptif tentang peran model pembelajaran PjBL dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.
Hasanah, U. H., Santi, D. E., & Muhid, A. (2022). Proyek video sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas siswa: A literature review. Jurnal Education and Development, 10(3), 386-393.
Irawan, T., Dahlan, T., & Fitrianisah, F. (2021). Analisis Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 212-225.
Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.
Krajcik, J., & Shin, N. (2014). Project-based learning. In R. K. Sawyer (Ed.), The Cambridge Handbook of the Learning Sciences (2nd ed.). Cambridge University Press.
Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98.
Lucas, G. (2005). Instructional Module Project Based Learning. Educational Foundation.
Luzyawati, L. (2016). Implementasi model project based learning pada materi pencemaran air untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Journal of Biology Education, 5(1), 100-109.
Mujyati, N., & Sumiyatun, S. (2016). Kontruksi pembelajaran sejarah melalui problem based learning (pbl). HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 4(2), 81-90.
Nastiti, L. R., Sunarno, W., Saputro, S., Sukarmin, S., Chusni, M. M., & Qamariyah, Z. (2023, June). Project-based learning’s effectiveness in teaching science creative thinking capabilities: Meta-analysis. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2751, No. 1). AIP Publishing.
Nugroho, G. A., Prayitno, B. A., Ariyanto, J., Keguruan, F., Sebelas, U., & Surakarta, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Penerapan Project Based Learning Pada Materi Pencemaran dan Daur Ulang Limbah Enhancement of Creative Thinking Ability through the Implementation of Project Based Learning on Material and Waste Recycling. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 6(2), 9–12
Patmawati, K., Puspitasari, N., Mutmainah, S. N., & Prayitno, B. E. (2019). Profil Kemampuan Berfikir Kreatif Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Mahasiswa. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 7(2), 11-18.
Sari, H. P., Hasan, R., Irwandi, I., & Fitriani, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Di Sma Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 1(1), 61–80.
Sari, R. P., Purnomo, B., & Meihan, A. M. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Youtube Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batanghari. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 10111-10121.
Sayono, J. (2015). Pembelajaran sejarah di sekolah: Dari pragmatis ke idealis. Jurnal Sejarah dan Budaya, 7(1), 9-17.
Seprina, R., Rukmana, L., & Meihan, A. M. (2024). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Melalui Pembelajaran Sejarah Berbasis Animasi Travel Map. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 15(1), 80-87.
Sitepu, A. S. M. B. (2019). Pengembangan kreativitas siswa. Guepedia.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).
DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v16i1.27544
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Andre Mustofa Meihan, Friscilla Wulan Tersta, Merci Robbi Kurniawanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
![]() | Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
EDITORIAL OFFICE: