ANALYSIS OF EARLY READING DIFFICULTIES REVIEWED FROM THE LITERATURE REVIEW
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan adalah untuk menganalisis kesulitan membaca permulaan siswa sekolah dasar melalui tinjauan literatur. Metode yang digunakan adalah systematic literature review yang menganalisis 10 artikel yang dipublikasikan di jurnal nasional yang terindeks Sinta antara tahun 2019 hingga 2024. Komponen yang direview meliputi latar belakang, hasil penelitian, dan kesimpulan pada setiap artikel. Berdasarkan analisis data, kesulitan yang paling sering dialami siswa adalah kesulitan dalam mengenal huruf. Selain itu, kesulitan lainnya meliputi kesulitan merangkai huruf menjadi suku kata dan kata, kesulitan membedakan huruf yang hampir identik, kelancaran membaca dan pemahaman, serta kesulitan dalam membaca kata berimbuhan dan kalimat sederhana. Solusi yang disarankan untuk mengatasi kesulitan tersebut antara lain dengan memberikan bimbingan profesional bagi siswa, metode pengajaran yang efektif, penggunaan media pembelajaran yang menarik, penciptaan lingkungan belajar yang mendukung, dan penguatan motivasi belajar siswa.
Abstract: This study aims to analyze early reading difficulties among elementary school students through a literature review. The method used is a systematic literature review that analyzes 10 articles published in national journals indexed by Sinta between 2019 and 2024. The components reviewed include the background, research results, and conclusions from each article. Based on the data analysis, the most common difficulty experienced by students is in letter recognition. Other challenges include difficulties in combining letters into syllables and words, distinguishing nearly identical letters, reading fluency and comprehension, as well as difficulties in reading words with affixes and simple sentences. The suggested solutions to address these difficulties include providing professional guidance for students, effective teaching methods, the use of engaging learning media, the creation of a supportive learning environment, and enhancing students' learning motivation.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, L. (2017). Speed reading: teknik dan metode membaca cepat. Jogjakarta: A+ Plus Books.
Ain, R. N., & Ain, S. Q. (2024). Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1029-1036. https://doi.org/10.58230/27454312.547
Akda, H. F., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1118-1128. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.1437
Bintoro, T., Musdiani, M., Mardhatillah, M., Sari, S. M., Akmaluddin, A., & Filina, N. Z. (2022). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Saku Pembelajaran Membaca Permulaan Bagi Siswa Sd Negeri Lamreh Banda Aceh. Visipena, 13(1), 54-71. https://doi.org/10.46244/visipena.v13i1.2042
Erlina, T., & Iswara, P. D. (2023). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android sebagai Media Membaca Permulaan Siswa SD Kelas I. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2). https://doi.org/10.32507/attadib.v7i2.1930
Fitriani, W., Suwarjo, S., & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(2), 234-242. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19040
Halimah, A., Suharti, S., & Ardita, N. A. (2021). Implementasi service learning terhadap kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa SD/MI. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 195-202. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35706
Hasanudin, H., Idris, I., Mahendra, F. E., Hartanti, R., & Hasyim, R. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA MELALUI PHONIC LEARNING DI SEKOLAH DASAR. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 15(4), 397-403. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i4.24000
Idammatussilmi, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Kritis Siswa MI Najmul Huda melalui Gerakan One Day One Page. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 6(1), 36-51. https://doi.org/10.19109/jip.v6i1.4811
Idris, M. H., & Ramdani, I. (2015). Menumbuhkan minat membaca pada anak usia dini. Jakarta: Luxima Metro Media.
Ingtiyasningsih, P., Nurhidayati, N., & Ngazizah, N. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan kreativitas Peserta Didik di Kelas V Sd Negeri Kepatihan. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 13(2), 210-217. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.10605
Islamiyah, N., Aziz, S. A., Tarman, T., Nadira, N., & Thaba, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Scrambel Berbantuan Media Puzzle Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Murid Sekolah Dasar. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 18(1), 116-129. https://doi.org/10.25134/fon.v18i1.5280
Khotimah, R., Sapti, M., & Pangestika, R. R. (2021). Deskripsi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sekolah Dasar Di Desa Suren Kecamatan Kutoarjo. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(2), 197-206. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4185
Khusnudin, R., Suyoto, S., & Anjarini, T. (2022). Model Pembelajaran Teams Games Turnaments Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1246-1252. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.2577
Mustika, D. (2022). Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SDN 019 Logas Kabupaten Kuantan Singingi. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 143-155. https://doi.org/10.30997/dt.v9i2.6706
Ngazizah, N., Saputri, D. R., Prahastiwi, F. A., Maulannisa, D., & Safitri, D. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis keterampilan generik sains terintegrasi karakter tema 6 Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1). https://dx.doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2591
Oktadiana, B. (2019). Analisis kesulitan belajar membaca permulaan siswa kelas II pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 5(2), 143-164. https://doi.org/10.19109/jip.v5i2.3606
Permatasari, S., & Nuroh, E. Z. (2024). PERSEPSI GURU ABAD 21 DALAM MENERAPKAN PEMBIASAAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 15(3), 339-346. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i3.23132
Pratiwi, C. P. (2020). Analisis keterampilan membaca permulaan siswa Sekolah Dasar: studi kasus pada siswa kelas 2 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i1.558
Resti, A. R. A., Indihadi, D., & Saputra, E. R. (2023). Analısıs Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 Sekolah Dasar dı Masa Pandemı. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 1006-1014. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5316
Rofi'i, A., Saputra, D. S., Yonanda, D. A., & Febriyanto, B. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(1).
Setiawan, W., Hatip, A., Gozali, A., & Anggraini, A. (2023). Studi Pustaka Tentang Penggunaan Model Pembelajaran Sebagai Bagian Dari Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 179-183. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i2.14236
Subakti, H., Ikhsan, M., Tunru, A. A., & Saldam, S. (2021). Analisis kesulitan membaca siswa pada kelas rendah di SDI Darul Falah 2 Samarinda Utara. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 165-170. https://doi.org/10.21093/twt.v8i3.3646
Suryaningsih, A. (2019). Gagasan Pengembangan Augmented Reality pada Buku Bacaan sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa (Adaptasi Percepatan Literasi dari Korea Selatan). Jurnal Ide Guru, 4(1), 35-42.
Suyadi, S., & Sari, R. P. (2021). Penggunaan Metode Suku Kata (Syllabic Method) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN 009 Tarakan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 174-182. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.49800
SY, N. U., & Dafit, F. (2024). Pengaruh Media Kartu Kata terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 779-790. https://doi.org/10.58230/27454312.517
DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v16i1.27696
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Setyo Gumelar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
EDITORIAL OFFICE: