AN EXPLORATION OF GENDER DIFFERENCES IN STUDENTS' CREATIVE THINKING ABILITY IN SOLVING PROBLEMS BASED ON HIGHER ORDER THINKING SKILLS

Sijah Mariani, Siti Faizah, Aynin Mashfufah

Abstract


Abstrak: Pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa menjadi bagian yang krusial di pendidikan terutama dalam bidang matematika. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengeksplorasi perbedaan gender terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah berbasis HOTS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif untuk mengkaji proses dan strategi pada setiap aspek berpikir kretaif siswa. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa kelas V pada salah satu SD Negeri di Kota Malang. Data dikumpulkan melalui pemberian tes dan wawancara kemudian dianalisis menggunakan teknik coding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa perempuan lebih unggul pada aspek fluency, originality, dan elaboration sedangkan untuk aspek flexibilty masih perlu dikembangkan oleh siswa laki-laki maupun perempuan. Pada penelitian ini dapat ditegaskan bahwa perbedaan gender memengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa.

Abstract: The development of students' creative thinking skills is a crucial part of education, especially in the field of mathematics. This study aims to explore gender differences in students' creative thinking skills in solving HOTS-based problems. The method used in this research is descriptive qualitative to examine the processes and strategies in each aspect of students' creative thinking. The research subjects consisted of six fifth grade students at one of the public elementary schools in Malang City. Data were collected through test administration and interviews and then analyzed using coding techniques. The results showed that overall female students were superior in the aspects of fluency, originality, and elaboration while the flexibilty aspect still needed to be developed by both male and female students. In this study, it can be emphasized that gender differences affect students' creative thinking skills.

Keywords


Creative thinking; Higher Order Thinking Skills; Gender

Full Text:

PDF

References


Acesta, A. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2b), 581–586. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.766

Agustini, R., Nopriani Lubis, J., & Pelangi, H. (2020). Profil Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Mawaris Tipe Investigasi Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 8(02), 227–240. https://doi.org/10.24952/logaritma.v8i02.2767

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi: Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Astra, R. R. S., Vilela, A., Pereira, J., & Zou, S. (2022). Pengaruh Gender terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP yang Telah Memperoleh Pendekatan RME. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 307–316.

Charmaz, K. (2006). Constructing Grounded Theory: A Practical Guide Through Qualitative Analysis. SAGE Publications.

Chen, P.-Z., Chang, T.-C., & Wu, C.-L. (2020). Effects of Gamified Classroom Management on The Divergent Thinking and Creative Tendency of Elementary Students. Thinking Skills and Creativity, 36, 100664. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100664

Dilekçi, A., & Karatay, H. (2023). The Effects of The 21st Century Skills Curriculum on The Development of Students’ Creative Thinking Skills. Thinking Skills and Creativity, 47, 101229. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101229

Ermayani, Y., Prayino, S., Hikmah, N., & Sripatmi, S. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1239–1244. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1464

Faizah, S., Sa’adah, N., & Saraswati, S. (2023). Analisis Validasi E-Modul Flipbook pada Materi Penarikan Kesimpulan dalam Logika Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(2), 414. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.7680

Faturohman, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107–118.

Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119–130.

Hasan, M. (2023). Nilai-Nilai Kewirausahaan sebagai Kecakapan Hidup General pada Jenjang Sekolah Dasar. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(4), 397–404.

Hora, S., Lemoine, G. J., Xu, N., & Shalley, C. E. (2021). Unlocking and Closing The Gender Gap in Creative Performance: A Multilevel Model. Journal of Organizational Behavior, 42(3), 297–312.

Husain, W., Abdullah, A. W., & Katili, N. (2022). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa Timur dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Segi Empat Ditinjau dari Perbedaan Gender. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.665

Kadir, I. A., Machmud, T., Usman, K., & Katili, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Materi Segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128–138. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388

Liliawati, M. W. (2011). Pembekalan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 16(2), 93. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v16i2.227

Ma, Y., Zhang, H., & Wang, M. (2024). The Effect of Parental Support on Student Self-Rated and Task-Based Creativity: The Mediating Role of Creative Interest and Self-Efficacy. Thinking Skills and Creativity, 52, 101512. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2024.101512

Maryanto, N. R., & Siswanto, R. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Gender. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 109–118. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.6171

Mashfufah, A., Nurkamto, J., Sajidan, S., & Wiranto, W. (2020). The Level of Inquiry Among Preservice Biology Teachers. Universal Journal of Educational Research, 8(3D), 7–12. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081702

Nufus, H., Muhandaz, R., Hasanuddin, Nurdin, E., Ariawan, R., Fineldi, R. J., Hayati, I. R., & Situmorang, D. D. B. (2024). Analyzing The Students’ Mathematical Creative Thinking Ability in Terms of Self-Regulated Learning: How Do We Find What We Are Looking For? Heliyon, 10(3), e24871. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e24871

Rafiah, H., & Aulia, S. (2021). Exploration The Mathematical Creative Thinking of Elementary School Students in A Gender Perspective. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 133–143. https://doi.org/10.33654/math.v7i2.1145

Rohim, D. C. (2019). Strategi Penyusunan Soal Berbasis HOTs pada Pembelajaran Matematika SD. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 4(4), 436. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i4.374

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Segundo-Marcos, R., Carrillo, A. M., Fernández, V. L., & Daza González, M. T. (2023). Age-Related Changes in Creative Thinking During Late Childhood: The Contribution of Cooperative Learning. Thinking Skills and Creativity, 49, 101331. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2023.101331

Suherman, S., & Vidákovich, T. (2024). Relationship between Ethnic Identity, Attitude, and Mathematical Creative Thinking among Secondary School Students. Thinking Skills and Creativity, 51, 101448. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2023.101448

Widiyanto, J. (2021). Pengembangan Board Game TITUNGAN untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 425–436.

Wilkie, K. J. (2024). Creative Thinking for Learning Algebra: Year 10 Students’ Problem Solving and Problem Posing with Quadratic Figural Patterns. Thinking Skills and Creativity, 52, 101550. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2024.101550

Wulandari, S., Hajidin, H., & Duskri, M. (2020). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Aljabar di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Didaktik Matematika, 7(2), 200–220. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i2.17774

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi Project-Based Learning untuk Mengeksplorasi Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 285–293. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.4194




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v16i2.28795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sijah Mariani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

 EDITORIAL OFFICE: