PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA FIKSI DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS V SDN 2 SEPAKEK
Abstract
Abstrak: Dilaksanakan Penelitan Tindakan Kelas dengan tujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Metode Discovery dalam meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN 2 Sepakek Tahun 2014/2015. Metode pengumpulan data: observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu dari nilai rata-rata 62,06 pada siklus I menjadi 80,34 pada siklus II, dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 93,10% yang sebelumnya hanya 48,27%. Disimpulkan bahwa penerapan metode discovery dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia pokok bahasan menulis cerita pada siswa kelas V SDN 2 Sepakek tahun pelajaran 2014/2015.
Abstract: Implemented Classroom Action Research with the aim to describe the Application of Discovery Method in improving the Achievement of Learning Indonesian On Student Class V SDN 2 Sepakek Year 2014/2015. Methods of data collection: observation and test. The result of the research shows that the average score of all students is increased from the average score of 62.06 in the first cycle to 80.34 in cycle II, with the percentage of learning completeness of 93.10% previously only 48.27%. It was concluded that the application of discovery method can improve learning achievement of Indonesian subject of story writing in grade V students SDN 2 Sepakek academic year 2014/2015.Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v8i1.291
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
..
EDITORIAL OFFICE: