DEVELOPMENT OF QUALITY-BASED CLINICAL SUPERVISION IN THE FULFILLMENT OF PROCESS STANDARDS

Muh. Fahrurrozi, Sapri Sapri, Badarudin Badarudin

Abstract


Abstrak: Mutu pembelajaran tidak hanya berkaitan dengan kompetensi guru, akan tetapi satu kesatuan unsur yang ada di sekolah yang saling bersinergi. Sebagaimana masalah yang ada di Sekolah Dasar Sambelia, kualitas mutu pembelajaran menjadi atensi bersama untuk dicarikan solusinya. Salah satu bagian krusial yang perlu dibenahi adalah supervisi klinis. Atas dasar itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat model supervisi yang dapat meningkatkan sinergisitas antar unsur yang ada di sekolah. Metodologi penelitian yang digunakan berupa model pengembangan yang merupakan adaptasi dari model Borg dan Gall menjadi tiga tahapan yaitu: (1) penelitian pendahuluan; (2) pelaksanaan pengembangan; dan (3) implementasi. Hasil dari penelitian tersebut adalah produk berupa Buku Pedoman Supervisi Klinis Berbasis Mutu Dalam Pemenuhan Standar Proses. Ujicoba lapangan dilakukan pada 3 sekolah yang ada di Kecamatan Sambelia yaitu: SDN 2 Sambelia, 88,80SDN 1 Belanting 91,43 dan SDN 2 Obel-Obel. Hasil ujicoba tersebut adalah 94,29 sehingga produk tersebut efektif digunakan dalam melakukan supervise klinis. Selanjutnya pada tahap imlementasi, produk tersebut disosialisasi pada 19 kepala sekolah, 19 perwakilan guru dan 2 pengawas pembina yang ada di Kecamatan Sambelia melalui kegiatan Forum Grup Discution (FGD) hasil Forum Grup Discution (FGD) diberikan rekomendasi bahwa, produk berupa buku pedoman supervisi klinis berbasis mutu dalam pemenuhan standar proses dapat digunakan dan dimanfaatkn oleh pengawas dan kepala sekolah untuk dijadikan pedoman dalam supervisi klinis.

Abstract:  The quality of learning is not only related to teacher competence, but also a unity of elements in the school that synergizes with each other. As with the problems in Sambelia Elementary School, the quality of learning quality becomes a common concern to find a solution. One of the crucial parts that need to be addressed is clinical supervision. On that basis, this study aims to create a supervision model that can increase the synergy between elements in schools. The research methodology used is in the form of a development model which is an adaptation of the Borg and Gall models into three stages, namely: (1) preliminary research; (2) development implementation; and (3) implementation. The result of this research is a product in the form of a Quality-Based Clinical Supervision Guidebook for Fulfilling Process Standards. Field trials were conducted at 3 schools in Sambelia District, namely: SDN 2 Sambelia, 88.80 SDN 1 Belanting 91.43 and SDN 2 Obel-Obel. The trial result was 94.29 so that the product was effectively used in conducting clinical supervision. Furthermore, at the implementation stage, the product was socialized to 19 school principals, 19 teacher representatives and 2 supervisors in Sambelia District through the Discussion Group Forum (FGD) activity resulting from the Discussion Group Forum (FGD) given a recommendation that the product was a clinical supervision guidebook. quality-based compliance in process standards can be used and utilized by supervisors and school principals to serve as guidelines in clinical supervision

Keywords


Development; Clinical Supervision; Quality; Process Standards.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Afandi, M. (2014). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1–19.

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media.

Bahri, S. (2014). Supervisi akademik dalam peningkatan profesionalisme guru. Visipena Journal, 5(1), 100–112.

Bano, Y. H. (2018). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Supervisi Akademik di SMP Negeri 12 Gorontalo. Jurnal Pascasarjana, 3(2), 214–225.

Fadli, M., Samsudi, S., & Utomo, C. B. (2017). Pembinaan Profesi Pengawas Sekolah dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsinya. Educational Management, 6(1), 43–52.

Fahrurrozi, M., & Mohzana, Z. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tinjauan Teoretis dan Praktik.

Gintings, A., & Si, M. (2010). Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran: Disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru-Dosen. Humaniora Utama Press.

Hanief, M. (2016). Menggagas teknik supervisi klinik sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).

Imron, A., & Maisyaroh, M. (2017). Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Jaya, S., Samsudi, S., & Prihatin, T. (2015). Supervisi Akademik Kolaborasi untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Produktif Sekolah Menengah Kejuruan. Educational Management, 4(2).

Mayasari, N., Zakaria, Z., & Sahono, B. (2013). Pembinaan Guru Oleh Pengawas Sekolah Dasar Melalui Supervisi akademik (Studi Deskriptif Kualitatif Di Sekolah Dasar Negeri 02 Kabupaten Kepahiang). Universitas Bengkulu.

Musrikah, S. (2016). Pengelolaan Supervisi Artistik Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Selojari Klambu Grobogan. Jurnal VARIDIKA, 28(1), 51–58.

Nurcholiq, M. (2018). Supervisi Klinis. Journal EVALUASI, 1(1), 1–25.

Pendidikan, P., & Menengah, D. (2006). Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2019). Pengembangan pembelajaran inovatif berbasis pendampingan bagi guru sekolah dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), 17–25.

Rahayu, S. W. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Menumbuhkan Semangat Supervisi Para Pendidik Baru Sebagai Alternatif Memajukan Kualitas Pendidikan. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(4), 352–358.

Syafri, S. (2020). Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(2), 65–81.

Zulkarnain, W., Setyowati, A. J., & Mahanal, S. (2014). Masalah guru dalam implementasi kurikulum 2013 dan kerangka model supervisi pengajaran. Volume 24 Nomor 3 Maret 2014, 213.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i1.3887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muh. Fahrurrozi, Sapri, Badarudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: