MATH LEARNING MEDIA APPLICATION USING MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL
Abstract
Abstrak: Pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi telah memberikan dampak kemajuan terhadap dunia pendidikan, salah satu contoh dengan memanfaatkan teknologi komputer sebagai alat bantu pembelajaran yaitu berupa aplikasi pembelajaran berbasis macromedia. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang aplikasi pembelajaran matematika berbasis macromedia flash profesional 8 dan mengimplementasikan media pembelajaran matematika pada Kelas X SMK Negeri 5 Bulukumba. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
pengembangan multimedia dengan visual modeling menggunakan macromedia flash profesional 8 . Adapun populasi sebanyak 30 orang dan sampelnya sebanyak 16 orang dengan instrumen penelitian berupa observasi lapangan, wawancara, angket dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya media pembelajaran matematika ini mampu meningkatkan minat belajar Siswa lebih mudah memahami pelajaran sehingga mempermudah proses belajar mengajar. Hal ini dapat dilihat dari persentasi hasil belajar dari sebelum dan sesudah pengaplikasian media pembelajaran dilakukan, yaitu sebelum diaplikasikan persentasenya adalah yang memilih Tidak Setuju (TS) sebanyak 43,75% dan yang memilih Cukup Setuju (CS) sebanyak 56,25% sedangkan sesudah diaplikasikan, persentasenya adalah yang memiliki Cukup Setuju (CS) yaitu sebanyak 31,25% dan yang memilih Setuju (S) sebanyak 68,75%.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Adzan, N. K., Pamungkas, B., Juwita, D., & Riyanda, R. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tari Bedana berbasis Android. Jurnal IKRA, 5(1), 93–102. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/952
Aprizal, & Mirfan. (2019). Pelatihan Multimedia Sebagai Media Pembelajaran di MIS Karama kab. Bulukumba. SNPMas 2019, 175–183.
Handayani, R., Yulina, & Nugroho, P. B. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Teori Bilangan Berbantu Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Silogisme, 5(2), 95–101. http://journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme
Hendryadi, D. (2019). Media Pembelajaran Robotika Berbasis Simulasi. TECNOSCIENZA, 3(2), 227–246.
Iryani, J. (2017). Peranan Metode Pemberian Tugas Terstruktur Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 10 Makassar Juniarti. Jurnal Pendidikan Fisika, 5, 39. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/339/313
Ismail, A. (2018). Perancangan Aplikasi Multimedia Dongeng Nusantara Berbasis Android. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(1), 65–72. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i1.244.65-72
Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Reffiane, F., & Bayutama, L. (2019). Interavtive Media Develompment Based Macromedia Flash 8 on Themeliving Matter of Primary Class IV. International Journal of Active Learning, 4(1), 45–58. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal
Suardi, M. (2019). Implikasi Pelajaran Pendidikan Islam terhadap Afeksi Peserta Didik. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 128–131.
Tayibu, N. Q., & Faizah, N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 117–128. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa%0AI.
Tsany, U. N., Septian, A., & Komala, E. (2020). The ability of understanding mathematical concept and self-regulated learning using macromedia flash professional 8. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012074
Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944
Wirawan, R. (2020). Aplikasi Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Menggunakan Linear Congruent Method Berbasis. In M. S. Hardi Hamzah, S.Pd. (Ed.), Prosiding Seminar Nasional FDI Sulsel (Issue 1, pp. 1–6). FDI DPD Sulawesi Barat. http://sulsel.fdi.or.id/semnas
Wirawan, R., Awal Nur, M., & Syahraeni, R. (2020). Aplikasi Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Multimedia. JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.28
Zulfa, L. N., & Haryanto. (2021). Pengaruh Media Macromedia Flash Terhadap Literasi Sains dan Sikap Demokratis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 52–64. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18266
DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i1.3931
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Raden Wirawan, Andi Nurul Faizah, Andi Suharbi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
..
EDITORIAL OFFICE: