PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN PRODI SEJARAH FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran IPS melalui penerapan metode problem based learningIPS pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UM-Mataram. Penelitian ini merupakan classroom action research(penelitian tindakan kelas) yang dilaksanakan dalam III siklus. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester dua berjumlah 30 mahasiswa. Kolaborator dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai pelaksana tindakan dan teman sejawat sebagai observer. Pengumpulan data dilakukan melalaui observasi, wawancara,catatan lapangan dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan secara kualitatif dengan tehnik yang dikembangkan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran perngatar IPS dengan penerapan metode problem based learningdapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada aspek pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar. Langkah pembelajaran meliputi mengidentifikasi masalah, menggali sumber informasi yang relevan, belajar secara mandiri, menyelidiki dan menginterpretasi data yang terkumpul, memperioritaskan beberapa alternatif solusi masalah,dengan mengintegrasikan pendapat atau informasi untuk menyeleksi solusi masalah. Peningkatan kualitas pembelajaran dapat diamati dan dibuktikan dengan adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran dengan persentase pada siklus I = 74,69%, pada siklus II,=77.13%, dan pada siklus III= 91,83%. Hasil belajar mahasiswa pada siklus I rata-rata 67. 00, mahasiswa yang mencapai KKM sebesar 45,6%; siklus II rata-rata meningkat menjadi 71,00, masiswa yang KKM 57,14%; dan siklus III rata-rata meningkat menjadi 80,42 dengan seluruh mahasiswa (100%) mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebutdapat disimpulkan penerapan metode problem based learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada mahasiswa prodi pendidikan sejarah FKIP UM-Mataram.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v4i2.42
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
..
EDITORIAL OFFICE: