ANALISIS PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dan peran orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di SDN Gelam I Candi Sidoarjo. Penelitian ini menggabungkan dua teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara semi terstruktur dalam pengambilan data, peran guru dan peran orangtua diklasifikasikan dengan kategori sebagai berikut peran guru: (1) guru sebagai sumber belajar, (2) guru sebagai demonstrator, (3) guru sebagai motivator, (4) guru sebagai pengelola, (5) guru sebagai evaluator. Peran orang tua: (1) memotivasi anak untuk berprestasi dalam belajar, (2) mengatasi masalah-masalah yang menghambat belajar anak, (3) mengenali dan mengembangkan gaya belajar anak. Hasil yang didapatkan yaitu guru dan orang tua menjalankan peran dengan beberapa indikator yang telah dirinci pada pernyataan di atas. Pembelajaran daring membuat orang tua menjadi lebih dekat siswa serta orang tua dapat mengenali karakter sisw a serta mengetahui perkembangan hasil belajar siswa.
Abstract: This study aims to determine the role of teachers and parents in implementing distance learning at SDN Gelam I Candi Sidoarjo. This study combines two data collection techniques, namely observation and semi-structured interviews in data collection, the teacher's role and the role of parents are classified into the following categories: the teacher's role: (1) the teacher as a learning resource, (2) the teacher as a demonstrator, (3) the teacher as a teacher. motivator, (4) teacher as manager, (5) teacher as evaluator. The role of parents: (1) motivate children to excel in learning, (2) overcome problems that hinder children's learning, (3) recognize and develop children's learning styles. The results obtained are that teachers and parents carry out their roles with several indicators that have been detailed in the statement above. Online learning makes parents closer to students and parents can recognize students' characters and know the development of student learning outcomes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atiqoh, L. N. (2020). Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6925
Chalim, S., & Anwas, E. O. M. (2018). Peran Orangtua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran. Jurnal Penyuluhan, 14(1), 33–42. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v14i1.19558
Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan Elearning Dalam Pembelajaran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 172–181. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Covid-, M. P., Herlinawati, N., & Iqbal, M. (2021). Pentingnya Internet Sebagai Sarana Pendukung Kegiatan Belajar Pada. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 251–256. https://doi.org/http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Handarini, oktavia ika. (2018). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Family Practice, 35(5), 639–643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005
Hero, H., & Sni, M. E. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 129–139. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1568
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Nur Khalimah, S. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di MI Darul Ulum Pedurungan Kota Semarang. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1–107. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1568
Nurlaeni, & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Pelita PAUD, 2.
Pratami, F., & Siregar, S. D. (2020). Optimalisasi Peran Guru Pai Terhadap Hasil Belajar Siswa Masa Pandemi Covid-19. Edu Global: Jurnal Pendidikan …, 1(1), 25–35.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 2(3), 232–243.
Zein, M. (2016). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 274–285. http://103.55.216.56/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/3480
DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4972
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Dyan Ayu Mariyani, Vanda Rezania
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
..
EDITORIAL OFFICE: