EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMPN 21 MATARAM

Agus Herianto

Abstract


Kegiatan pembelajaran sudah seharusnya memanfaatkanmedia untuk mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi yang akan diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Animasi dan Media gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa KelasVII di SMPN 21 Mataram. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ekperimen. Data dikumpulkan melalui tes. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan bacaan dan landasan penelitian selanjutnya yang relevan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat jadikan sebagai bahan masukan yang penting bagi sekolah-sekolah, terutama bagai guru SMP, dimana hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam menerapkan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa; b) bagi siswa SMP, hasil penelitian ini mampu menciptakan pembelajaran yang bermakna sehingga mempunyai pengaruh yang kuat dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis, didapatkan nilai t hitung= 6.698 dan untuk nilai t tabel = 2.704, dengan tarafkepercayaan 1% dan dk = n1+n2-2=40 atau dk = 21+21-2=40. Karena t-hitung lebih besar dari t-tabel (t-hitung > t-tabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaanprestasi belajar siswa antara yang diajar dengan media pembelajaran animasi dan media gambar.


Keywords


Media Animasi, Media Gambar, Hasil Belajar, IPS Geografi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v5i1.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: