PENGARUH METODE DISKUSI BUZZ GROUPYANG DIRANGKAIKAN DENGAN PENGGUNAAN MEDIA POSTER TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEKANIKA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS MATARAM TAHUN AKADEMIK 2013/2014

Linda Sekar Utami, Johri Sabaryati, Dedi Setiawan

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen untuk mengetahui pengaruh metode diskusi buzz group yang dirangkaikan dengan penggunaan media poster terhadap peningkatan hasil belajar mekanika mahasiswa program studi pendidikan fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi fisika semester ganjil. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. yaitu kelas IIIA sebagai kelas eksperimen yang diajardengan metode diskusi buzz groupdan IIIB sebagai kelas control yang diajarkan dengan metode konvensional. Dalam penelitian inii analisis data yang digunakan terdiri dari uji persyaratan analisis dan uji hipotesis. Uji persyaratan  analisis meliputi uji homogenitas dan uji normalitas, sedangkan uji hipotesis meliputi uji-t.Dari hasil perhitungan uji persyaratan analisis diperoleh nilai hitung F = 1,04 dan tabel F = 1,97 (hitung F < tabel F ) ini berarti bahwa sampel penelitian berasal dari populasi yang  homogen. Sedangkan nilai hitung 2χ =5,03 dan 4,58 sedangkan tabel 2χ =9,49 ( hitung 2χ < tabel 2χ ) berarti sampel berasal dari populasi yang terdistribusi normal pada taraf signifikan 5% . Sedangkan uji hipotesis dengan uji-tdiperoleh nilai thitung = 5,02 dan  ttabel  = 2,02. Berarti  thitung  >  ttabel  menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berbunyi ada pengaruh metode diskusi buzz groupyang dirangkaikan dengan penggunaan media poster terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa program studi pendidikan fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram 2013/2014. Hal ini menunjukkanbahwa hasil belajar mahasiswa pada materi kinematika dan dinamika partikel yang diajarkan menggunakan metode diskusi buzz groupyang dirangkaikan dengan penggunaan media poster lebih efektif secarasignifikan dari pada mahasiswa yang diajarkan menggunakan metode konvensional, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 70,295. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 51,820


Keywords


Metode diskusi buzz group, media poster, hasil belajar mekanika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v5i1.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: