Pengaruh Metode Belajar Kumon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Laks. Martadinata Medan

Suvriadi Panggabean

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode belajar kumon terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bilangan bulat. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan subjek penelitian, siswa kelas VII-2 dan VII-5 SMP Laks. Martadinata Medan. Teknik pengambian sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan instrumen untuk mengumpulkan data penelitian berupa 8 butir soal essay. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dan berdasarkan perhitungan menunjukkan thitung = 4,43 dan ttabel = 1,67 pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan = 78, artinya thitung > ttabel (4,43 > 1,67), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode belajar kumon terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bilangan bulat.

Abstract : The purpose of this research was to determine the effect of kumon method on the student result of mathematics learning in integers concept. The method of this research is quasi-experiment with research sample, student of VII-2 dan VII-5 Class of Laks. Martadinata Junior High School Medan. The technique os sample taking used is cluster random sampling technique and the instrument for collecting data is 8 question essay test. Data analysis which used in this research is t-test and based on t-test calculation, it shows thitung = 4,43 and ttabel = 1,67 with significant level  5% and degree of freedom = 78, it means thitung > ttabel (4,43 > 1,67), then H0 is rejected and Ha is accepted. So, it can be conluded that there are effect of kumon method to the student result of mathematics learning in integers concept.

Keywords


Metode Belajar Kumon, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anderson, Lorin W. & Kratwoh, David R, Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen : Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2010.

Gandhi HW, Teguh Wangsa, Filsafat Pendidikan : Mazhab-Mazhab Filsafat Pendidikan, Ar-Ruzz Media, Jakarta, 2011.

Permendiknas No. 22 Tahun 2006. Pelaksanaan Peraturan Mendikas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, BP Cipta Jaya, Jakarta, 2006.

Riandito Kusworo, Andika. Dampak Metode Kumon Terhadap Siswa di Kumon Candraloka, Universitas Indonesia, Jakarta, 2012.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosda Karya, Bandung, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D), Alfabeta, Bandung, 2013.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v8i2.65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: