PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI DI SD MUHAMMADIYAH 12 MEDAN

Ismail Saleh Nasution

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengetahui perbedaan pengaruh strategi pembelajaran kooperatif terhadap pasangan berpikir, strategi pembelajaran kooperatif jigsaw, dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran menghitung luas dan volume di kelas enam Muhammadiyah 12 Medan; dan (2) untuk mengetahui perbedaan pengaruh strategi pembelajaran kooperatif terhadap pasangan berpikir, strategi pembelajaran kooperatif jigsaw, dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran menghitung luas dan volume di kelas enam Muhammadiyah 12 Medan. Subjek dalam penelitian ini diambil sebanyak tiga kelas dengan teknik random random sampling. Metode penelitian menggunakan desain penelitian kuasi eksperimental dengan rancangan kelompok percobaan pretest group posttestt. Berdasarkan hasil yang diperoleh: (1) Keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran kooperatif menganggap pasangan berpasangan secara signifikan lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran kooperatif jigsaw dan yang dipelajari dengan strategi Konvensional; dan (2) Hasil pembelajaran siswa yang dipelajari oleh strategi pembelajaran kooperatif, think pair share secara signifikan lebih tinggi daripada yang dipelajari dengan hasil pembelajaran strategi pembelajaran kooperatif jigsaw dan yang dipelajari dengan strategi konvensional. Hasil yang diperoleh diharapkan dapat memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan strategi pembelajaran kooperatif berfikir pasangan berbagi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan materi pelajaran Hasil pembelajaran matematika menghitung luas dan volume di kelas enam.

 

Abstract : This study aims to determine: (1) to determine differences in the effect of cooperative learning strategy think pair share, jigsaw cooperative learning strategies, and conventional learning to students' critical thinking skills in the subject matter calculate area and volume in sixth grade Muhammadiyah 12 Medan; and (2) to determine differences in the effect of cooperative learning strategy think pair share, jigsaw cooperative learning strategies, and conventional learning on learning outcomes of students in the subject matter calculate area and volume in sixth grade Muhammadiyah 12 Medan. Subjects in this study were taken as many as three classes randomly selected random sampling techniques. The research method using quasi-experimental research design with pretest group-posttestt experiment group design. Based on the results obtained: (1) The critical thinking skills of students that learned by cooperative learning strategy think pair share was significantly higher than the students' critical thinking skills that learned with a jigsaw cooperative learning strategies and that learned with strategy Conventional; and (2) The results of student learning that learned by cooperative learning strategy think pair share was significantly higher than that learned with the learning outcomes of cooperative learning strategies jigsaw and that learned with conventional strategies. The results obtained are expected to provide information for teachers and schools to use cooperative learning strategies think pair share to improve critical thinking skills and subject matter Mathematics learning outcomes calculate area and volume in sixth grade.

Keywords


Think Pair Share, Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard. 2008. Learning to Teach. New York: McGraw Hill Company

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Ennis, R.H., Gardiner, W.L., Morrow, R., Paulus, D., dan Ringel, L. 1964. Cornell Critical Thinking Test Series. Illinois: Urbana-Champaign

Freeman, R.E. 2007. Strategic Management: A Stakeholder Approach. Boston: Pitman

Getter, K.L. dan Rowe, D.B. 2008. “Using Simple Cooperative Learning Techniques in a Plant Propagation Course”. NACTA Journal. P: 39-43

Husnidar, dkk. 2014. ”Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa”, Jurnal Didaktik Matematika, Vol. I, No. I, April 2014

Ibe, N. 2009. “Metacognitive Strategies on Classroom Participation and Student Achievement in Senior Secondary School Science Classrooms”. Science Education International. Vol. 20, No.1/2, December 2009, 25-3

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo

Masek, A. dan Yamin, S. 2012. “The Impact of Instructional Methods on Critical Thinking: A Comparison of Problem-Based Learning and Conventional Approach in Engineering Education”. International Scholarly Research Network, Volume 2012, pp. 1-6

Nurhadi, dan Senduk, A.G. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang

Palennari, Muhiddin. 2011. “Potensi Strategi Integrasi PBL dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Biologi Edukasi Volume 3, Nomor 2, Desember 2011, hlm 26-33.

Rustaman, N. dkk. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Sanjaya, Wina. 2005. Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Media Grup

Solso, Robert L. 2007. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga

Sudjana, N. 2001. Penilaian Hasil dan Proses Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugianto, Dian Armanto, dan Mara Bangun Harahap. 2014. “Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMA”. Jurnal Didaktik Matematika Vol. 1, No. 1, April 2014

Sungur, S., Tekkaya, C. dan Geban, O. 2006. “Improving Achievement Through Problem Based Learning”. Journal of Biology Education, 40(4):155-160

Syah, M. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v8i2.66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: