SURVEI KEPUASAN MAHASISWA AKADEMI FARMASI DWI FARMA BUKITTINGGI TERHADAP PELAKSANAAN UJIAN AKHIR SEMESTER ONLINE

Mhd. Riza Marjoni, Indrie Ramdhani, Ainun Naim, Zulfisa Zulfisa

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang tingkat kepuasan mahasiswa terhadap aplikasi ujian semester online sebagai pengganti ujian berbasis paper base test. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dimana data diperoleh dengan cara menyebarkan kuisoner kepada mahasiswa dan hasil kuisoner dianalisis berdasarkan 5 kategori yaitu: Informatifveness, Information Format, Timeliness, Easy of Use, dan Reliability. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa merasa puas dengan penggunaan aplikasi ujian akhir semester secara online dengan prosentase 62,64 %. Nilai ini diperoleh dari nilai rata-rata dari penggabungan 5 kategori yang digunakan, sehingga  pelaksanaan ujian akhir semester secara online dapat menggantikan system paper base test di Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi.

Abstract:  This study aims to determine the level of student satisfaction with the online semester exam application to replace the paper-based test. This research is a quantitative descriptive study, where data is obtained by distributing questionnaires to students. and the results of the questionnaire were analyzed based on 5 categories, namely: Informativeness, Information Format, Timeliness, Easy of Use, and Reliability. The results of this study indicate that students are satisfied with the use of the online final semester exam application with a percentage of 62.64%. This value is obtained from the average value of the combination of the 5 categories used, so that the online final semester exam can replace the paper base test system at the Dwi Farma Academy of Pharmacy

Keywords


Ujian online, google form, Paper base test, aplikasi

Full Text:

PDF

References


Alyona, C. (2020). Pengembangan Prototype Sistem Ujian Berbasis Computer Based Te St (Cbt) Pada Program Studi Teknik Informatika Politeknik Negeri Ambon. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Hu Maniora, 02(04), 51–57. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/342/239

Apriyani, D. A., & Sunarti. (2017). Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Asmuji, A., & Faridah, F. (2020). Indeks Kepuasan Pasien terhadap Pelaksanaan Discharge Planning oleh Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit. The Indonesian Journal of Health Science. https://doi.org/10.32528/ijhs.v12i1.4853

Chairul, R. (2020). Perancangan Sistem Informasi Tryout Ujian Nasional Berbasis Web. ALGORITMA: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP).

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Hidayat, T., Muttaqin, M., & Djamaludin, D. (2020). Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Online Berbasis Website di Yayasan Pendidikan Arya Jaya Sentika. Komputika : Jurnal Sistem Komputer. https://doi.org/10.34010/komputika.v9i1.2750

Irawan, A., & Komara, E. F. (2017). Pengukuran Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pemerintahan Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.33603/jibm.v1i2.690

Istiningtyas, L. (2018). Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Program Studi Psikologi Islam Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang. Psikis: Jurnal Psikologi Islami. https://doi.org/10.19109/psikis.v3i2.1757

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443

Munti, N. Y. S., & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2).

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan.

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. In Adalah (Vol. 4, Issue 1, pp. 49–56). http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15394/7199

Safrizal, S. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Depot Air Minum Isi Ulang Tirta Tamiang di Kecamatan Tenggulun. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(2). https://doi.org/10.33059/jmk.v6i2.686

Saptono, M. P., & Widjasena, H. (2019). Perancangan dan Implementasi Aplikasi Ujian Sekolah Berbasis Komputer atau Computer Based Test (CBT) di SMK Negeri 1 Kabupaten Sorong. Electro Luceat, 5(2). https://doi.org/10.32531/jelekn.v5i2.148

Widhiarso, W., Farisi, A., & Dafid, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Soal Ujian Online dengan Memanfaatkan Google Form untuk Guru-Guru SMP Negeri 42 Palembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v1i1.1344

WS, T. Y., Fortunilla, A., & ... (2020). Pengaruh Pembelajaran E-Learning/Online Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Tingkat Ii Universitas Nusantara …. In Seminar Nasional ….

Yati. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce Shopee Indonesia di Universitas Muhammadiyah Palembang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(3).

Yudha, G. S., & Laluma, R. H. (2019). Sistem Keamanan Jaringan Dalam Ujian Online SMA/SMK Menggunakan Metode Algoritma Advanced Encryption Standard (AES). Infotronik : Jurnal Teknologi Informasi Dan Elektronika, 4(2). https://doi.org/10.32897/infotronik.2019.4.2.261




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i1.7936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mhd. Riza Marjoni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: