PENDIDIKAN KARAKTER: IMPLEMENTASI DAN KENDALANYA DI SEKOLAH MASTER

Chandra Perwira Negara

Abstract


Abstrak: Sejak didirikan pada tahun 2000, sekolah Master telah banyak merekrut siswa dari kalangan anak jalanan. Anak jalanan diberi akses pendidikan gratis melalui pendidikan karakter di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa implementasi dan kendala pendidikan karakter di sekolah Master. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Disimpulkan bahwa implementasi Pendidikan karakter dapat diintegrasikan melalui mata pelajaran seperti agama dan kewarganegaraan, diintegrasikan melalui kegiatan ekstrakulikuler, menciptakan lingkungan sosial yang baik dan menekankan peran pihak sekolah sebagai suri teladan. Sementara itu kendala implementasi pendidikan karakter yaitu (1) Faktor internal yang berupa sarana dan prasarana kurang memadai, kurangnya buku pelajaran, anak jalanan yang sulit beradaptasi, kurangnya pengawasan terhadap anak jalanan di luar sekolah dan minimnya pengetahuan guru tentang anak jalanan. (2) Faktor eksternal yang berupa bantuan donatur dan bantuan pemerintah yang kurang memadai.

Abstract:  Since its establishment in 2000, Master's school has recruited many students from among street children. They are given access to free education through character education in schools. This study aims to analyze the implementation and constraints of character education in Master's schools. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data collection techniques include participatory observation, in-depth interviews and documentation studies. It was concluded that the implementation of character education could be integrated through subjects such as religion and citizenship, integrated through extracurricular activities, creating a good social environment and emphasizing the role of the school as role models. Meanwhile, that the obstacles to implementing character education are (1) Internal factors in the form of inadequate facilities and infrastructure, lack of textbooks, street children who are difficult to adapt, lack of supervision of street children outside school and lack of teacher knowledge about the street children. (2) External factors in the form of donor assistance and inadequate government assistance.


Keywords


Pendidikan karakter; Sekolah Master

Full Text:

PDF

References


Bajari, A. (2009). Konstruksi Makna dan Perilaku Komunikasi Pada Anak Jalanan di Cirebon. Studi Banding Pada Anak Pengamen Kota dan Pengemis di Lingkungan Makam Sunan Gunung Djati, Cirebon. Bandung: Humaniora.

Benninga, J.S, et al. (2003). The Relationship of Character Education Implementation and Academic Achievement in Elementary Schools. Journal of Research in Character Education: Age Publishing. Vol. 1, No. 1.

Berkowitz, M.W & Bier, M.C. (2004). Research Based Character Education. ANNALS: Sage Publications. Doi:10.1177/0002716203260082.

Cheng, F. (2010). How is street life? An examination of the subjective wellbeing of street children in China. Journal of International Social Work: Sage Publications. Doi: 10.1177/0020872809359863.

Creswell, J.W. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. USA: Sage Publications.

Herdiansyah, H. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif: Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Huber, M.M & Mafi, S.L. (2013). Education par excellence: Developing Personal

Competencies and Character through Philanthropy Based Education. Journal of Accounting Education: Elsevier. Doi: 10.1016/j.jaccedu.2013.07.001.

Iyer, R.B. (2011). Do Teacher Efficacy, Teacher Understanding, and Professional Development Influence the Implementation of a Character Education Program? (Dissertation). Capella University, United State.

Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Lembaga Manajemen Komunikasi. (2004). Program Ilmu Komunikasi: Studi Longitudinal Penanganan Kesejahteraan Sosial Anak Jalanan Melalui Rumah Singgah. Jakarta: Laporan Penelitian Program Pascasarjana Universitas Padjajaran.

Lickona, T. (Terjm). (2012). Education for Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter – Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat dan Bertanggungjawab. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Majid, A. & Andayani, D. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Megawangi, R. (2004). Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Mudyahardjo, R. (2012). Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa, E. (2014). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nalkur, P.G. (2009). Achievement Orientations and Strategies: A Cultural Comparison of Tanzanian Street Children, Former Street Children, and School-Going Children. Journal of Cross-Cultural: Sage Publications Psychology. Doi: 10.1177/0022022109346954.

Ningsih, Tutuk. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press.

Pane, M.M, & Patriana, R. (2016). The Significance of Environmental Contents in Character Education for Quality of Life. Procedia- Social and Behavioral Sciences: Elsevier. Doi:10.1016/j.sbspro.2016.05.153.

Pardede, Y.O.K. (2008). Konsep Diri Anak Jalanan Usia Remaja. Jurnal Psikologi Vol. 1 No. 2, Juni, 2008 Hal 146-151.

Rokhman, F., et all (2014). Character Education for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years). Procedia- Social and Behavioral Sciences: Elsevier. Doi:10.1016/j.sbspro.2014.05.197.

Syarbini, A. (2012). Buku Pintar Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Karakter Anak di Sekolah, Madrasah, dan Rumah. Jakarta: As@-Prima Pustaka.

Tim Penyusun. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i1.7979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Chandra Perwira Negara, Chandra Perwira Negara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: