ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB BAGI MAHASISWA

Miftahussa'adiah Miftahussa'adiah

Abstract


Abstrak: Aplikasi media pembelajaran berbasis web merupakan suatu media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran menggunakan software berbasis web yang didalamnya memuat tentang pembelajaran yaitu judul, tujuan, materi, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi media pembelajaran berbasis web dan kendala yang di alami mahasiswa dalam menggunakan aplikasi media pembelajaran berbasis web. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang dengan objek penelitian mahasiswa semester 4 yang mengambil matakuliah aplikasi media pembelajaran berbasis web. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket atau kuesioner. Alat pengumpul data yaitu lembar kuesioner dan analisis data menggunakan teknik analisis deskrisptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi media pembelajaran berbasis web sudah digunakan oleh mahasiswa pendidikan biologi UIN Raden Fatah Palembang, dimana media pembelajaran ini berdampak pada pembelajaran mahasiswa yang lebih efektif, efisien, menimbulkan sikap demokratis, serta dapat memotivasi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran. Adapun kendala yang dihadapi mahasiswa dalam penggunaannya adalah jaringan internet yang tidak stabil

Abstract:  Web-based learning application is a media that is used in learning activities using web-based software which contains about learning, namely titles, objectives, materials, and evaluations. This research aims to determine the use of web-based learning media applications and the obstacles experienced by students in using web-based learning media applications. This research was conducted at the Biology Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Raden Fatah Palembang with the object of research being 4th semester students who took web-based learning media application courses. The research method used is descriptive with a quantitative approach. Data were collected using a questionnaire. Data collection tools are questionnaire sheets and data analysis using quantitative descriptive analysis techniques. The results showed that the application of web-based learning media had been used by biology education students at UIN Raden Fatah Palembang, where this learning media had an impact on student learning that was more effective, efficient, created a democratic attitude, and could motivate students in learning activities. The obstacle faced by students in using it is an unstable internet network.


Keywords


Aplikasi; Media pembelajaran; Web e-learning

Full Text:

PDF

References


Adawi, R. (2008). Pembelajaran Berbasis E-Learning. Bahas.

Ardiansyah, A. (2021). Pengaruh Adaptasi Pembelajaran Secara Online terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(2), 164. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i2.1091

Budiningsih, C. A., Haryanto, H., & Rahmadona, S. (2019). The Development of Blended Learning Theories of Learning Course for Educational Technology Student in FIP UNY. KnE Social Sciences, 2019, 170–182. https://doi.org/10.18502/kss.v3i17.4637

Chinsya, R. N. D. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51–64.

Fauzi, F., & Maksum, H. (2020). the Development of Web Based Learning Media Network and Computer Bassic At Smk Negeri 1 Lembah Melintang. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 129. https://doi.org/10.22373/cj.v4i2.7797

G, Z. N. S. A. (2021). Perbedaan Pendidikan pada Zaman Dulu dengan Pendidikan di Era Sekarang. Media Center. https://iainutuban.ac.id/2021/11/13/perbedaan-pendidikan-pada-zaman-dulu-dengan-pendidikan-di-era-sekarang/

Hasan, S., & Ambarita, A. (2017). Penggunaan Model E-Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Microprocessor. Indonesian Journal on Information System, 2(April), 35–47.

Hj. Laili Ismini. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) Berbantuan Moda Kombinasi Pada Materi Interaksi Sosial Di Kelas Vii D Smpn 1 Labuhan Haji Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 10(1), 119–129. https://doi.org/10.53952/jir.v10i1.393

Husnul, N. R. I. H. (2021). Strategi Dosen Dalam Manajemen E-Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi Nisak. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 34–48.

Jeffrey, L., Milne, J., Suddaby, G., & Higgins, A. (2014). Blended Learning: How Teachers Balance the Blend of Online and Classroom Components. Journal of Information Technology Education: Research, 13, 121–140. https://doi.org/10.28945/1968

Nenden, A., Putri, A., Komunikasi, P. I., Indonesia, U., Komunikasi, P. I., & Indonesia, U. (2021). Efektivitas komunikasi dalam pembelajaraan online. 3(1).

Primahardani, I., Futra, D., & Putra, R. A. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ips Fkip Universitas Riau. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(1), 26. https://doi.org/10.31258/jta.v4i1.26-42

Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA. IJSSE : Indonesian Journal of Social Science Education, 1(1), 49–54. http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/49-54

Rajkoomar, M; Raju, J. (2016). A Framework Using Blended Learning for Innovative Teaching and Learning. 2(4), 1–9.

Rumahorbo, N. (2020). Media E-Learning Berbasis WEB Sebagai Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Inovatif Revolusi Industri 4 . 0. Seminar Nasional PBSI-III 2020, 51–54.

Saputra, H. D., Nasrun, N., & Wakhinuddin, W. (2018). Development of Web-Based Learning Media in Vocational Secondary School. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 3(1), 37. https://doi.org/10.30870/volt.v3i1.2975

Selfi, G., & Akmal. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis E-learning Masa Covid- 19 pada Mahasiswa Tahun Masuk 2020 PPKn UNP. Journal of Civic Education, 4(3), 212–218.

Setiawardhani, R. T. (2013). Pembelajaran Elektronik (E-Learning) dan Internet dalam Rangka Mengoptimalkan Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(2), 82–96.

Siyoto, S. dan S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Susanti, Dewi Vera; Andari, Tri; dan Harenza, A. F. (2020). Web-Based Learning Media Assisted By Powtoon in Basic Mathematics Course Vera. 11(1), 11–20.

Zainuddin, Z. (2015). Exploring the Potential of Blended Learning and Learning Management Systems (LMSs) for Higher Education in Aceh. Englisia Journal, 2(2), 70. https://doi.org/10.22373/ej.v2i2.287

Zainuddin, Z., & Keumala, C. M. (2018). Blended Learning Method Within Indonesian Higher Education Institutions. 6(2), 69–77.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i1.8024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Miftahussa'adiah Miftahussa'adiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: