KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DI SMAN 7 TANGERANG

TRY APRIANI ATIEKA, Irma Budiana

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini mengetahui kemandirian belajar siswa pada pembelajaran daring dengan menggunakan google classroom sebagai dampak dari COVID-19. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan penyebaran angket kemandirian siswa. Penelitian ini menggunakan angket kemandirian belajar siswa yang hasilnya diperoleh bahwa siswa memiliki kemandirian belajar yang tinggi, cukup dan rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 7 Tangerang yang belajar secara daring selama 1 semester akibat adanya pandemi covid-19. Jumlah sampel sebanyak 272 siswa yang belajar dengan keseluruhan dijadikan sebagai sampel. Indikator kemandirian siswa yaitu percaya diri, disiplin, inisiatif dan tanggungjawab. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 95% siswa memiliki rasa percaya diri yang cukup, 44% siswa memiliki disiplin yang baik, 79% siswa memiliki tanggung jawab yang baik, serta 30% siswa memiliki inisiatif yang baik.

Abstract:  The purpose of this research are to find out how teachers can develop independent characters during courageous learning by google classroom as a result of COVID-19. The type of research is quantitative with the distribution of student independence questionnaires. This study describes learning independence according to several samples that have high and low learning independence. The population in this study were all students of SMAN 7 Tangerang who studied bravely for 1 semester due to the covid-19 pandemic. The number of students as many as 272 students with a total used as a sample. This study aims to see the independence of studied students by measuring the independence of students' independence, namely independent, disciplined, independent, and independent. Based on the research, it is known that 95% of students tend to have sufficient self-confidence, 44% of students have good discipline, 79% of students have good responsibility, and 30% of students have good initiative.

Keywords


Kemandirian belajar siswa; Pembelajaran daring; Covid-19; Google Classroom

Full Text:

PDF

References


Alkrienciehie, A. S. I. (2017). Pendidikan karakter : pendidikan berbasis agama & budaya bangsa (2nd ed.). Pustaka Setia.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Daring. January 2015, 132.

Gatot Priowirjanto. (2013). Simulasi Digital untuk usulan Kurikulum 2013 C2 dasar kompetensi kejuruan. 4(1), 1–23.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Jado, M. A. (2015). The Effect of using Learning Journals on Developing Self- Regulated Learning and Reflective Thinking among Pre-Service Teachers in Jordan. Journal of Education and Practice, 6(5), 89–104. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1083603.pdf

Kemdikbud. (2020). Kuesioner Siswa Belajar dari Rumah. Journal Pendidikan, Jakarta: Kemdikbud. 11 hal.

Kamil, B., Monica, M. A., & Maghrobi, A. B. (2018). Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik SMP dengan Menggunakan Teknik Assertive Training. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 5(1), 23. https://doi.org/10.24042/kons.v5i1.2663

Kusnadi. (2019). Menjadi Penulis Era 4.0. Edu Publisher.

Latuconsina, H. (2017). Kreativitas Pendobrak Belenggu: Mengantarkan Diri Menjadi Insan Kreatif dan Inovatif.

Lin, Y. W., Tseng, C. L., Chiang, P. J. (2017). The effect of blended learning in mathematics course. Urasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 7(3), 741–770. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00641a

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Panadero, E. (2017). A review of self-regulated learning: Six models and four directions for research. In Frontiers in Psychology (Vol. 8, Issue APR). Frontiers Media S.A. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.00422

Pavlovic:Vugdelija:Kojic. (2015). The use of Social Networks for E-Learning Improvement. Hellenic Journal of Music Education, and Culture, 6(3), 13–17.

Puspaningtyas, U. (2020). The Effectiveness of Blended Learning Using A Learning System in Network (SPADA) in Understanding of Mathematical Concept. 8(1), 47–60. https://core.ac.uk/download/pdf/327234460.pd

Rosidatun. (2018). Model Implementasi Pendidikan Karakter. Caremedia Communication.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesional Guru). Raja Grafindo Persada.

Sadewa, A. H. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Eviews Terhadap Sikap Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistik. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 4(1), 321–328.

Sagala, S. (2017). Human Capital Membangun Modal Sumber Daya Manusia Berkarakter Unggul Melalui Pendidikan Berkualitas. Kencana.

Sanjayanti, A., Sulistiono, & Budiretnani, D. A. (2015). Tingkat Kemandirian Belajar Siswa SMAN 1 Kediri Kelas XI MIA-5 pada Model PBL Materi Sistem Reproduksi Manusia. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 12, 361–363. https://media.neliti.com/media/publications/174780-ID-none.pdf

Sugandi, A. (2013). Teori Pembelajaran. In Teori Pembelajaran. PT Unnes Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Satrianawati. (2014). Tindakan Preventif Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Generasi Z. Seminar Nasional Theme “Peran Orang Tua Dalam Perlindungan Anak Untuk Membentuk Karakter Generasi Z,” September, 17–27.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i1.8028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 TRY APRIANI ATIEKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: