KEMAMPUAN MENGKONSTRUKSIKAN TEKS NEGOSIASI DENGAN MEMPERHATIKAN ISI STRUKTUR DAN KEBAHASAAN PADA SISWA KELAS X

Suryani Suryani, Titin Untari, Nurmiwati Nurmiwati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memperhatikan isi struktur dan kebahasaan pada siswa kelas X. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian adalah siswa sebanyak 33 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode observasi, metode tugas, dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan rumus penilaian acuan patokan (PAP). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan mengkonstrusikan teks negosiasi dengan memperhatikan isi struktur dan kebahasaan pada siswa tergolong normal, hal ini dikarenakan antara lain kurang persiapan siswa dan guru dalam mengikuti proses belajar mengajar yang digunakan, siswa yang kurang aktif dalam menerima pelajaran. Kemampuan mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memperhatikan isi struktur dan kebahasaan oleh siswa yakni (1) Kemampuan induvidual yang terdiri dari (a) kategori tinggi sebanyak 14 siswa atau 42%, (b) kategori sedang sebanyak 19 siswa atau 58%, (c) kategori rendah sebanyak 0 siswa atau 0%; dan (2) IPK sebesar 65,72 pada kategori Normal.

 

Abstract: This study aims to describe the ability to construct negotiating texts by paying attention to the structure and language content of class X students. The type of research used is descriptive quantitative research with 33 research subjects as the subject. The method of data collection in this study is the observation method, task method, and documentation method. Data analysis techniques use the benchmark reference assessment formula (PAP). Based on the results of the study, it was found that the ability to construct negotiating text by paying attention to the contents of the structure and language in students is normal, this is because, among others, students and teachers lack preparation in the teaching and learning process used, students who are less active in receiving lessons. The ability to construct negotiating texts by paying attention to the contents of the structure and language by students namely (1) Individual abilities consisting of (a) high categories as many as 14 students or 42%, (b) moderate categories as many as 19 students or 58%, (c) low categories 0 students or 0%; and (2) GPA of 65.72 in the Normal category.

Keywords


Kemampuan Mengkonstruksikan, Teks Negosiasi, Isi Struktur, Kebahasaan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Penerbit Rinerka CiptaDarma.

Badan Penelitian dan Kebudayaan. (2013). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Badan Penelitian dan Pengembangan. (2013). Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar SMA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Eri, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Pengalaman Melalui Metode Group Investigation pada Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Semarang: Universitas Sebelas Maret.

Lewicki, Roy J., Bruce B., dan David M. S. (2012). Negosiasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Mardalis. (2008). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Moleong, L. J. (2004). Metode Penelitian, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nurhayati. (2006). Pembelajaran Menulis. Jurnal Ilmiah. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Peeling, N. (2009). Negosiasi Juara: diterjemahkan oleh Dicky Setyana. Jakarta: Esensi.

Pinangsia, S. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas X Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 1 Purworejo. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Riyanto. (2001). Metodologi Penelitian Pendididkan. Surabaya: Usaha Nasional.

Sutrisno dan Kusmawan R. (2007). Modul Melakukan Negosiasi Bisnis dan Manajemen. Suka Bumi: Yudhis tira.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v9i2.827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: