PENGARUH MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bermaksud mengetahui pengaruh minat baca terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa di SMAN 1 Jereweh Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Jereweh sejumlah 110 siswa, sehingga sampel penelitian menjadi 86 siswa mengikuti tabel Krejcie dan Morgan dengan taraf kesalahannya 5%. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang digunakan untuk mendapatkan nilai minat baca dan raport untuk mendapatkan nilai kognitif maupun psikomotorik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dianalisis menggunakan bantuan program SPSS 26. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis data, dapat diperoleh hasil bahwa minat baca memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia yang lebih rendah daripada probabilitas 0.05.
Abstract: This study aims to determine the effect of reading interest on students' Indonesian learning outcomes at SMAN 1 Jereweh, West Sumbawa Regency, West Nusa Tenggara. This study aims to determine the significant influence between reading interest on students' cognitive and psychomotor learning outcomes in Indonesian subjects. The population in this study were 110 students of class XI SMAN 1 Jereweh, so the research sample was 86 students following the Krejcie and Morgan table with an error rate of 5%. This research is a quantitative descriptive with data collection methods using a questionnaire that is used to get the value of reading interest and report cards to get cognitive and psychomotor values. The analytical technique used in this study is Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) analyzed using the SPSS 26 program. Furthermore, based on the results of data analysis, it can be seen that reading interest has a positive and significant influence on Indonesian language learning outcomes which is lower than the probability of reading. 0.05.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Hurlock, E. B. (1992). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Krejcie, R. V., & Morgan, D. W. (1970). Determining Sample Size for Research Activities. Educational and Psychological Measurement. Educational and Psychological Measurement, 30, 607–610. https://doi.org/10.1177/001316447003000308
Maharani, O. D., Laksono, K., & Sukartiningsih, W. (2017). Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar:Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 320–328. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p320-328
Marlina, L., & Solehun. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 66–74. https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/download/952/582
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Organisation for Economic Co-operation and Development. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Ristanti, O., Suri, A., Choirrudin, C., & Dinanti, L. K. (2020). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Telaah Terhadao UU No. 20 Tahun 2003. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 152. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i2.2826
Sari, M. Z., Gunawan, A., Fitriyani, Y., & Hilaliyah, N. (2020). Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 197. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i2.42137
Sudjana, N. (2011). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sutrisno, & Wulandari, D. (2018). Multivariate Analysis of Variance ( MANOVA ) untuk Memperkaya Hasil Penelitian Pendidikan A . Pendahuluan Pendidikan merupakan sebuah proses belajar yang tidak cukup sekedar mengejar masalah kecerdasan saja . Berbagai potensi peserta didik lainnya juga ha. Aksioma, 9(1), 37–53. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2472
Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 02(02), 141–152. https://doi.org/10.36764/jc.v2i2.157
Widiyanti, W., & Fitriani, D. (2017). Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok. Cakrawala, XVII(2), 132–138. https://doi.org/10.31294/jc.v17i2.2483
DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.9122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Heru Sudriansyah, Burhanuddin Burhanuddin, Saharudin Saharudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
..
EDITORIAL OFFICE: